Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:775 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1124 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:977 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

TINGKATKAN SEMANGAT MEMBANGUN DAERAH MELALUI HARI RAYA GALUNGAN

Sabtu, 09 Juli 2011 13:52 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF

galungan_01.jpgBATULICIN – Warga Hindu Bali yang berada di Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu merayakan Hari Raya Galungan, Rabu (6/7).

Perayaan Hari Raya Galungan tersebut tampak khidmat dan meriah karena selain dihadiri oleh warga desa Wanasari, juga dihadiri oleh warga Hindu Bali dari Desa lainnya yang berada di Kecamatan Sungai Loban.

Adapun tema pada peringatan Hari Raya Galungan tersebut yaitu “Mari Kita Tingkatkan Srada dan Bhakti Kepada Tuhan Dan Mempererat Semangat Gotong Royong Untuk Mensukseskan Pembangunan Desa”.

Selengkapnya...
 

Mardani : FORRDUS Sebagai Media Sosialisasi Program Pembangunan Daerah

Kamis, 03 April 2014 06:38 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) membentuk Forum Koordinasi RT, RW, dan Kepala Dusun (FORRDUS).

Forum itu dibentuk sebagai upaya pemerintah daerah dalam memaksimal sosalisasi program-program pembangunan daerah sehingga lebih bisa dipahami masyarakat, baik terkait esensi program maupun target dan sasaran program yang hendak dicapai.

"FORRDUS tak lain merupakan media kita untuk mensosialisasi program pembangunan daerah. Melalui media FORRDUS diharapkan sosialisasi dari program-program pembangunan daerah menjadi lebih mudah dilakukan dan dipahami masyarakat secara luas sehingga proses implementasi program bisa berjalan maksimal", sebut Bupati Tanbu Mardani H. Maming dalam sambutannya pada acara Pengukuhan Pengurus FORRDUS Kecamatan Karang Bintang yang digelar di Balai Desa Manunggal, Rabu (5/3) lalu.

Jika pun kemudian ada hambatan, dengan forum ini sambung Mardani, pihak-pihak terkait mulai di tingkat kabupaten hingga di tingkat desa dapat membahasnya dan mengevaluasinya, untuk selanjutnya dicari solusi pemecahan masalah atau hambatan yang ada.

Diungkapkan Mardani pula, sejauh ini tidak sedikit program pembangunan daerah yang kurang dipahami oleh masyarakat khususnya yang ada di perdesaan karena terputusnya rentang kendali informasi dari sosialisasi program yang disampaikan SKPD sebagai leading sektor program.

Karenanya, dengan forum tersebut diharapkan sosialisasi program pembangunan daerah yang direalisasikan SKPD-SKPD dapat tepat sasaran dan dipahami secara utuh oleh masyarakat.

Sebagai analogi papar Mardani, meski sudah disosialisasikan sejak lama dan telah pula disosialisasikan melalui beragam kegiatan pemerintah daerah, hingga tersosialisasikan melalui media cetak dan elektronik, program Kartu Sehat dan Pintar (KASPIN) sebagai ikon program pelayanan publik gratis di Tanbu, namun masih banyak warga masyarakat yang tidak memahami esensi program secara utuh.

"Termasuk juga pembahasan rancangan program pembangunan yang akan kita rumuskan melalui Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tahun 2014 ini, baik ditingkat desa, kecamatan maupun tingkat kabupaten khususnya terkait dengan program satu desa satu milyar yang akan kita realisasikan pada tahun 2015 mendatang, ini harus diketahui oleh masyarakat Tanah Bumbu secara luas, sehingga pada tatanan implementasinya nanti tidak mengalami hambatan," ujar Mardani sembaari menambahkan, kepengurusan FORRDUS akan dilengkapi dengan kartu keangggotaan, di mana pada kartu keanggotaan tersebut bertuliskan program "Satu Desa Rp1 Milyar".

Dengan dibentuknya FORRDUS pemerintah daerah juga akan menaikan honor Ketua RT dari Rp.125 ribu menjadi Rp.325 ribu per bulan. Hal yang sama juga akan diberlakukan untuk Ketua RW dan Kepala Dusun. Pengurus FORRDUS juga mendapatkan layanan kesehatan gratis kelas tiga di RSUD dr. Andi Abdurrahman Noor.

Untuk diketahui, selain di Kecamatan Karang Bintang, sebelumnya Mardani juga mengukuhkan pengurus FORRDUS di Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Batulicin.

Pengukuhan akan dilanjutkan kesejumlah kecamatan lain seperti Kecamatan Mantewe, Kusan Hulu, Sungai Loban, Kuranji, Angsana, Kusan Hilir dan Kecamatan Satui secara bertahap. (relhum).

 

Pemerintah Tidak Lagi Terbitkan Ijin Pertambangan

Sabtu, 10 Oktober 2009 15:35 Humas Berita - Lingkungan
Cetak PDF
tambang.jpgBATULICIN-Revisi Undang-Undang Pertambangan belum memberikan peluang penerbitan Ijin Usaha Pertambangan lagi. Hal tersebut diungkapkan Dinas Pertambangan dan Energi Tanah Bumbu beberapa waktu lalu. Menurut Kepala Dinasnya, H.M Amin, Kuasa Pertambangan (KP) dengan direvisinya Undang-Undang berubah menjadi Ijin Usaha Pertambangan (IUP).
Selengkapnya...
 

Tanbu Kembali Meraih Penghargaan LAKIP

Kamis, 03 April 2014 07:51 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

- Nilai evaluasi naik

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) kembali menerima penghargaan Laporan Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan dan RB RI).

Sebelumnya pada tahun 2013 yang lalu, Pemkab Tanbu juga berhasil meraih penghargaan yang sama untuk penilaian LAKIP tahun 2012. Dan penghargaan keduakalinya ini merupakan penilaian LAKIP yang dilakukan Kemenpan dan RB tahun 2013 lalu.

“Dengan penghargaan LAKIP dua tahun berturut-turut, sudah barang tentu hal ini merupakan prestasi yang harus kita syukuri bersama. Dan saya harap, dengan prestasi itu mampu menjadikan kita semua dari jajaran Pemkab Tanah Bumbu untuk lebih bekerja keras dan professional dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai pelayan publik”, pesan Bupati Tanbu Mardani H. Maming.

Ditambahkan Mardani, dengan penghargaan yang berhasil tertorehkan tersebut, kedepan ia mengharapkan akan ada progres kemajuan yang terus menanjak.

Di mana hal itu dapat dilihat tren yang sudah ada, yakni pada penilaian LAKIP tahun 2012 Tanbu berhasil mendapatkan predikat CC dengan nilai 50,02 dan pada penilaian tahun 2013 naik predikat dengan penilaian CC dengan nilai 50, 27, atau naik 0,25 persen.

Sementara Kabag Organisasi Setda M. Yusri, selain Tanbu, dari 13 kabupaten/kota yang ada di Kalsel ada tujuh kabupaten yang mendapat penghargaan LAKIP 2013 dengan predikat CC.  Untuk Tanbu sendiri, dalam penilaian LAKIP tahun 2013 yang dilakukan oleh Kemenpan dan RB berhasil mendongkrak poin indikator penilaian 0,25 persen dari hasil indicator penilaian tahun sebelumnya.

Sistem penilaian LAKIP pada dasarnya dilakukan atas 27 sasaran strategis yang harus dicapai pemerintah daerah berdasarkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), sambung Yusri.

Dari hasil pengukuran27 sasaran strategis  itulah pada akhirnya diperoleh capaian kinerja rata-rata sehingga Pemkab Tanbu layak dinyatakan masuk kategori berhasil.

Atau dengan kata lain, perbandingan antara target program yang hendak dicapai dan realisasi indikator sasaran kinerja Pemkab Tanbu menunjukkan korelasi dan sinergisitas yang baik, oleh sebab itulah dari penilaian yang dilakukan oleh Kemenpan dan Reformasi Birokrasi, Pemkab Tanbu dinyatakan berhasil.

“Peningkatan  persentase indikator penilaian tersebut setidaknya menjadi tanda meningkatnya progres pengelolaan laporan akuntabilitas kinerja jajaran Pemkab Tanah Bumbu.

Atau dengan kata lain, progress capaian realisasi program dari tahun ke tahun mengalami peningkatan kualitas .

Karenanya ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan bersama sehingga pada masa-masa yang akan datang akan lebih meningkat lagi”, kata Yusri.

Oleh karenanya, ia berharap masing-masing SKPD yang ada harus mampu mendorong peningkatan kualitas kinerja birokrasi di jajaran masing-masing, dengan indikator semakin membaiknya kualitas pelayanan publik.

Dengan demikian, nantinya progres capaian kinerja masing-masing SKPD  menjadi out put kolektif dari peningakatan kualitas akuntabilitas kinerja pemerintah daerah.

Dari progres pengelolaan akuntabilitas kinerja jajaran pemerintah daerah yang terimplementasi melalui pengelolaan sistem brokrasi yang akuntabel sambungnya, menunjukan adanya keselarasan antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan proyeksi Rencana Strategis (Renstra) Daerah  yang dilaksanakan oleh seluruh instansi Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemkab  Tanbu. (relhum)

 

Isra Mi'raj Jadikan Penangkal Paham Radikal

Senin, 20 Juni 2011 13:07 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
wabup_menyampaikan_sambutan.jpgBATULICIN - Melalui peringatan Isra mi’raj Nabi besar Muhammad SAW bisa menjadi media penangkal atas serangan paham - paham radikal yang akhir-akhir ini sangat marak bermunculan, hal ini diungkapkan Wakil Bupati Tanah Bumbu Drs. Difriadi Darjat dalam sambutannya pada acara peringatan Isra mi'raj di Langgar Al-Wusqo Desa Batuah Pagatan (selasa malam,14/6).
Selengkapnya...
 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|