Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:42 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:763 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:687 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Renovasi Rumah Warga

Senin, 27 Juli 2009 09:19 Humas Berita - Pendidikan
Cetak PDF
dsc_0103.jpg
BATULICIN - Pemkab Tanah Bumbu dalam waktu dekat akan melakukan aksi renovasi rumah warga tak mampu, hal ini menindaklanjuti hasil pendataan yang dilakukan oleh tim SKPD yang turun kelapangan beberapa waktu lalu” kata Bupati Tanbu H. Zairullah Azhar di mahligai iman, selasa (21/7) sore saat apel pulang dihadapan PNS/PTT Tanbu.
Selengkapnya...
 

Tanah Bumbu Bentuk Pengurus DPC AKLI

Kamis, 30 Juli 2009 07:48 Humas Berita - Lingkungan
Cetak PDF
dpc_akli_copy.jpgBatulicin- Bertempat di meeting hall hotel Grand Central Batulicin, Senin (27/7), diadakan musyawarah pembentukan kepengurusan AKLI Tanah Bumbu periode 2009-2013.Terpilih sebagai Ketua DPC AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia) Tanah Bumbu, adalah H. Kadiran. Sebelumnya H. Kadiran merupakan Ketua DPC AKLI Kotabaru.
Selengkapnya...
 

MTQ ke- 8 TINGKAT KECAMATAN SIMPANG EMPAT DIBUKA

Selasa, 18 Januari 2011 08:41 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
foto_2.jpgBatulicin – Diselenggarakannya Pekan MTQ tingkat Kecamatan Simpang Empat diharapkan umat muslim dapat tergugah hatinya untuk dapat menghayati dan menjalankan isi kandungan Al Qur’an dengan baik dan benar guna meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT .
Selengkapnya...
 

Polres Tanbu Amankan Natal Dan Tahun baru Hingga +4

Rabu, 30 Desember 2009 05:16 Humas Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF
polres_tanbu_bangun_pos_pengamanan_sejak_h-4_natal_dan_h-4_tahun_baru.jpgBATULICIN- sudah menjadi tanggung jawab rutin Satuan Kepolisian lalulintas Polres Tanah Bumbu tiap menjelang dan Tahun Baru di akhir Tahun. Nyaris serupa dengan kesibukannya disaat melakukan pengamanan menjelang Hari Raya besar keagamaan lainnya, yang selalu saja kerap menjadi momen bagi mereka yang berdomisili di Tanah Bumbu untuk merayakannya keluar daerah ketempat keluarga, sanak family mereka.
Menjelang Tahun Baru ini pun, Kepolisian Resort Tanah Bumbu juga mengerahkan seluruh jajaran personilnya untuk melakukan pengamanan di sejumlah fasilitas umum, baik itu di terminal, pelabuhan, Bandar udara, tempat hiburan, tempat wisata,hingga ke sejumlah jalan raya menujua lokasi tujuan perayaan akhir tahun 2009 kali ini. Bahkan tak sedikit mereka yang merayaknnya di luar Tanah Bumbu, sekaligus menggelarbersama di Kalimantan Tengah.
Kasatlantas Polres Tanah Bumbu, AKP Idit Aditya saat ditemui wartawan mengatakan pengamanan tersebut guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Tanah Bumbu untuk merayakan malam tahun baru, terutama di jalan-jalan raya yang selama ini di kategorikan sebagai jalur sibuk. Untuk itu, di titik-titik rawan tersebut pihaknya bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait mendirikan sejumlah pos pengamanan.
"Disitu semua instansi terlibat didalamnya baik itu Dinas Perhubungan, TNI/ Polri maupun Satpol PP yang diharapkan turut membantu pengaman tersebut. Pengamanan khusus dijalan raya ini kita lakukan sejak H-4 Natal hingga H+4 Tahun Baru" ucap Idit Aditya, Kasatlantas Polres Tanah Bumbu.

Diharapkannya, terlebih bagi masyarakat umum yang bakal mengisi tahun baru ke sejumlah tempat hiburan, tempat rekreasi lainnya, hendaknya benar-benar memperhatikan keselamatan di jalan raya dengan memperhatikan kondisi kendaraan dengan baik, mematuhi rambu-rambu lalulintas, melengkapi surat menyurat kendaraan dan izin mengemudi. Dan tidak membawa barang muatan yang melebihi daya mampu kendaraan.
 

Pesisir Pantai Ditanami Sayuran, Ketua TP PKK Kalsel Panen Sayur Sawi

Selasa, 04 Oktober 2011 11:21 Humas Berita - PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF
isteri_gubernur_saat_panen_sawi.jpgBATULICIN – Memanfaatkan lahan tidur disepanjang pesisir pantai pagatan agar bernilai ekonomis.  Warga Desa Kampung Baru Kecamatan Kusan Hilir berkebun disekitar Pesisir Pantai Pagatan.
Ketua TP PKK Propinsi Kalsel Hj. Hayatun Fardah saat mengunjungi perkebunan milik warga, Sabtu (1/10) mengatakan sangat salut dan bangga apa yang sudah dilakukan oleh warga Desa Kampung Baru di Pagatan yang sudah menyulap lahan tidur dipesisir pantai Pagatan menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis dan bisa menjadi sumber pendapatan bagi warga Desa.
“saya dengar dulunya lahan ini gersang, namun setelah ada warga yang ikut study banding memanfaatkan lahan pekarangan menjadi perkebunan dan kemudian diterapkan, maka pesisir pantai yang dulunya pasir gersang berubah menjadi lahan perkebunan yang hijau dan bernilai ekonomis,” ujar Hj. Hayatun Fardah disela-sela melakukan panen sayur sawi didampingi Ketua TP PKK Tanah Bumbu Hj. Erwinda Mardani.
Ketua TP PKK Prop Kalsel tersebut juga berharap agar lahan perkebunan seperti ini bisa menjadi contoh bagi warga desa lainnya di Tanah Bumbu yang berada di pesisir pantai dan warga desa lainnya di Kalsel untuk memanfaatkan lahan tidur dipekarangan rumah agar bernilai ekonomis dan bisa menambah pendapatan bagi keluarga.  
Sementara itu, Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah (BP3KPD) Kabupaten Tanah Bumbu H. Rahmat mengatakan kawasan perkebunan milik warga tersebut diberi nama Kawasan agro wisata perkebunan komunitas penangkaran dangkal pasir hijau oleh Ketua TP PKK Propinsi Kalsel.
Kenapa dinamakan pasir hijau, menurut H. Rahmat, karena dulu didaerah ini awalnya lahan tandus yang hanya bisa hidup yaitu tanaman liar saja.
Melihat kondisi lahan tandus diwilayah pesisir pantai tersebut dan para nelayan yang mengalami pendapatan yang menurun akibat cuaca yang ekstrim dan tak bersahabat. Kemudian para nelayan mencoba memanfaatkan lahan pekarangan untuk bercocok tanam seperti menanam terong dan cabe. Namun hasilnya kurang baik.
Karena hasil perkebunan yang kurang baik tersebut, maka Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah (BP3KPD) Kabupaten Tanah Bumbu pun menurunkan penyuluhnya untuk mempelajari tekhnik pengolahan tanah diwilayah pesisir pantai. Kemudian setelah itu, tanah diwilayah pesisir pun menjadi gembur dan bagus untuk ditanami jenis sayuran.
Kini, ujar H. Rahmat, pesisir pantai yang dulunya tandus tersebut berubah menjadi lahan perkebunan yang hijau dengan jenis sayuran yang ditanami oleh warga seperti sawi, bayam, kangkung dan bawang merah. Dan pendapatan warga pun menjadi meningkat dari sebelumnya.
Kedepannya, ujar H. Rahmat, juga akan dikembangkan jenis sayuran lainnya seperti terong, buncis, tomat, dan cabe. (rel)

 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|