Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:2280 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1757 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:1389 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

PASAR MURAH KUSAN HILIR DIPADATI PENGUNJUNG

Kamis, 11 Agustus 2011 08:02 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
mendampingi_istri_gubernur_meninjau_sunatan_masal.jpgBatulicin,10/8 (Humas Tanbu) - Keberadaan pasar murah yang berlangsung dilokasi TK Pembina Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan sejak pagi tampak ramai dipadati pengunjung.
     Pelaksanaan pasar murah dibuka secara langsung Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Hayatun Fardah Rudy Ariffin, yang sekaligus melakukan kunjungan Safari Ramadhan kedaerah tersebut, Rabu.
     "Safari ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan setiap tahun diseluruh Kalsel. Namun untuk Tanah Bumbu ini baru yang pertama kali," kata Hayatun Fardah, dilokasi pasar murah tersebut.
Selengkapnya...
 

Kelompok Tani Agrowisata Dapat Bantuan Bibit Sayuran

Senin, 02 April 2012 07:41 administrator Berita - PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF

Batulicin - Kelompok tani agrowisata pasir hijau pagatan kecamatan kusan hilir mendapatkan bantuan bibit sayur dari Ketua TP PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani, Senin (2/4) di Desa Kampung Baru, Pagatan.

Selengkapnya...
 

Gubernur Kalsel, H Rudy Ariffin Safari Ramadhan ke Kabupaten Tanah Bumbu

Rabu, 23 Juli 2014 09:23 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

Dalam rangkaian Safari Ramadhan 1435 H yang dilaksanakan oleh Gubernur Kalimantan Selatan dan bertepatan dengan safari Ramadhan yang dijalankan oleh Pemerintah  Kabupaten Tanah Bumbu, Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Ariffin menyempatkan waktu untuk berbuka puasa bersama masyarakat serta  jajaran PNS dan pejabat Tanbu  di Masjid  Sirajul Mu’minin Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu, Jum’at (18/7) lalu.

Kehadiran Gubernur Kalsel didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan M. Arsady, rombongan kepala SKPD Kalsel serta didampingi Komisi III DPR RI H. Aditya Mufti Ariffin.

Dalam sambutan singkatnya H.Rudi Ariffin mengatakan, safari Ramadahan ke Tanah Bumbu  merupakan niatan positif dalam rangka guna mempererat tali silaturahmi  antara Gubernur Kalimantan Selatan dengan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

“Safari Ramadhan ke Tanah Bumbu merupakan kunjungan yang ke 9 dan  bertepatan juga dengan tahun yang ke 9  selama menjabat menjadi Gubernur kalimantan Selatan.”katanya.

Tentunya dengan sisa waktu jabatan yang tinggal setahun lagi, pihak Propinsi Kalimantan Selatan akan mewujudkan sisa program yang belum terwujud, salah satunya adalah  perbaikan jalan dari Tanah Bumbu menuju Banjarmasin. Guna menunjang kenyaman masyarakat sebagai pengguna jalan maka ditiap-tiap  titik kerusakan akan segera diperbaiki terutama jalan yang berada di poros Provinsi Kalimantan Selatan termasuk juga poros wilayah yang menghubungkan Tanah Bumbu dengan Banjarmasin.

Untuk pelaksanaannya pada tahun ini akan diupayakan Pemerintah Provinsi  untuk merealisasikan perbaikan jalan tersebut ”kami berharap,jika jalan tersebut sudah terealiasasi  mari  kita pelihara  bersama jalan itu,dengan cara  memperhatikan ambang batas standar angkutan, agar potensi kerusakannya tidak terlalu cepat.”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga Rudy Ariffin  mengajak kepada semua lapisan masyarakat agar selalu menjaga situasi yang kondusif di Kalimantan Selatan terutama pasca pemilihan presiden yang baru saja berjalan.

Saat ini kita tetap menunggu pengumuman atas hasil rekapitulasi akhir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jika sudah ada ketetapan dari KPU, bukan berarti semua sudah selesai, kemungkinan masih ada sebuah gugatan dari pihak yang tidak puas atas penetapan rekapitulasi dari KPU.

Dengan ketidakpuasan itu, biarkan lembaga saluran sengketa hukum pemilu seperti  Mahkamah Konstitusi yang menangani persoalan tersebut.”tugas kita hanyalah menjaga Kalimantan Selatan agar tetap kondusif, siapapun yang menang tidak hanya sebuah ketetapan konstitusi namun secara hakiki sudah merupakan ketetapan allah SWT untuk menetapkan siapa yang layak menjadi pemimpin di negara yang kita cintai ini.”kata Rudy.

Senada dengan Gubernur Kalsel, Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming juga menghimbau kepada masyarakat jangan sampai terprovokasi oleh pihak yang tak bertanggung jawab, menjelang pengumunan resmi KPU Pusat mengenai hasil pilpres mendatang.

Apapun yang menjadi keputusan KPU pada tanggal 22 Juli ini harus kita hormati bersama, yang terpenting semangat berdemokrasi tetap terjaga dalam ranah persaudaraan ”diharapkan dengan pasca Pilpres ini jangan sampai ternodai oleh munculnya sebuah perbedaan dukungan yang berujung pada perpecahan antar sesama” kata Mardani.

Safari Ramadan yang dikunjungi H. Rudy Ariffin  ini juga di tandai dengan penyerahan bantuan gubernur  Kalimantan Selatan ke Pemerintah kabupaten Tanah Bumbu  untuk  bidang Kesehatan yang diterima langsung oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming dari Gubernur Kalimantan Selatan senilai Rp.611.100.000.

Terdiri dari bantuan transpor Kader Posyandu yang berjumlah 925 kader posyandu mendapat bantuan Rp.277.500.000 sedangkan pencegahan dan penanggulangan anemia remaja putri mendapat bantuan sebesar Rp.333.600.000.

Selain itu, pemberian dana hibah juga diberikan Pemerintah Daerah melalui LPTQ Kabupaten Tanah Bumbu untuk biaya pendidikan Bea Siswa ke Haderal maut senilai Rp.50.000 yang langsung diberikan Bupati Tanah Bumbu kepada Muhammad Irfan.

 

Hanya Empat Hari Pendaftaran 149 Website Desa

Jumat, 23 May 2014 09:12 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan workshop internet sehat yang digelar oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan selatan, atas kerjasama dengan Dishubkominfo Kabupaten Tanah Bumbu beberapa waktu yang lalu. Maka, Bidang Kominfo Tanah Bumbu membuka pendaftatan domain Desa Se-Kabupaten Tanah Bumbu yang berlansung dari hari Rabu s.d sabtu tanggal 24 Mei 2014.

Hari ini merupakan hari ketiga pendaftaran domain desa, sedangkan hari terakhir adalah besok Sabtu 24 mei 2014. Pendaftaran sejak hari pertama s.d hari ketiga di Kantor Bupati Lantai 4 Ruang IT.

Adapun pendaftaran pada hari terakhir di Mahligai Bersujud Kapet Plajau. Persyaratan pendaftaran domain desa adalah : membawa fhoto copy KTP Kepala Desa atau Sekretaris Desa, kemudian mengisi formulir pendaftaran dan formulir tersebut di tanda tangani
oleh Kepala Desa atau Sekretaris desa, kemudian wajib di bubuhkan Stempel Desa.

Menurut Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika, Reza Akhyari, S.Kom  bahwa di kalimantan selatan mendapatkan jatah 1.000 domain desa, yang di bagi kepada seluruh kabupaten/kota sekalsel.

Adapun Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan sebanyak 149 Domain desa. Beberapa desa yang telah mendaftar di Kantor Bupati Lantai 4 Ruang IT pada hari pertama dan kedua adalah:
1. Desa Batuah
2. Desa Juku Eja
3. Desa Batarang
4. Desa Kampung Baru
5. Desa Sepunggur
6. Desa Betung
7. Desa Manurung
8. Desa Barugelang
9. Desa Rantau Panjang Hulu

Bagi kepala desa atau sekretaris desa yang belum mendaftarkan desanya agar segera ke kantor Bupati Tanah Bumbu Lantai 4 Ruang IT. Pendaftaran hanya boleh dilakukan oleh kepala desa atau sekretaris desa.

Kepala Bidang Kominfo Tanah Bumbu mengatakan, Dengan adanya website seluruh desa maka semua aktivitas pemeritahan desa baik dibidang ekonomi, pemberdayaan masyarakat, bakti sosial dan sejumlah kegiatan konstruktif lainnya di setiap desa Se-kabupaten Tanah Bumbu dapat dikontrol dan dimonitoring secara efektif dan efesien serta dapat diadopsi program-program yang konstruktif oleh pemerintah dasa lainnya, karena akan saling bersinergi.

Menurut Reza Akhyari, S.Kom, bahwa pendaftaran domain desa merupakan kesempatan terbaik bagi seluruh pemerintah desa se-Kabupaten Tanah Bumbu. Pasalnya, kegiatan tersebut di fasilitasi langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sehingga Pemda Tanah Bumbu
tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran alias gratis.

Kepala Bidang Kominfo yang baru ini kembali menegaskan bahwa setelah semua desa di Kabupaten Tanah bumbu terdaftar dan memiliki domain masing-masing, maka Aplikasi Web 149 desa akan dibuatkan oleh Relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Kabupaten
Tanah Bumbu.

Reza Akhyari, S.Kom mengungkapkan bahwa, Tim IT kabupaten Tanah Bumbu pada awal tahun 2014 telah mendistribusikan Modem dan Wireless Router kepada 49 Desa yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, adapun bagi desa yang belum mendapatkan peralatan internet akan mendapatkan pada tahap pendistribusian berikutnya yang dilakukan secara bertahap hingga terpenuhinya insftartuktur internet di 149 Desa Se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Pendaftaran domain desa  masih berlangsung hingga besok di Magligai bersujud Kapet Plaju oleh karena itu, bagi kepala desa atau sekretaris desa yang belum mendaftarkan desanya agar tidak melewatkan kesempatan terbaik ini. (Ardi/Fajri)

 

Berkebun Menghemat Pengeluaran Keluarga

Rabu, 23 Desember 2009 12:33 Humas Berita - Lingkungan
Cetak PDF
ibu_kebun.jpgBATULICIN - Ketua TP-PKK Tanbu Hj Wahyu Windarti Zairullah Azhar, mengatakan, "berkebun tidak perlu memerlukan halaman yang luas. Dengan halaman yang seadanya pun kita bisa berkebun. Asal ada niat dan kemauan,” demikian kata Hj Wahyu usai melakukan panen sayur dan buah-buahan di kebun TP-PKK Tanbu yang terletak di Jalan Transmigrasi KM 6 Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat, Selasa (15/12), kemarin.
Selengkapnya...
 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|