Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:3121 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:2401 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:1620 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Wabup Berbaur Dengan Warga Hadiri Haul Habib Ustman Bin Seggaf Al –Alydrus

Minggu, 22 April 2012 15:43 administrator Berita - Keagamaan
Cetak PDF

Batulicin – Ribuan jemaah memadati  makam Habib Ustman Bin Seggaf Al –Alydrus yang berada di Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat, beberapa waktu lalu. Banyaknya jemaah yang berdatangan dari berbagai penjuru Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu)  untuk menghadiri peringatan haul akbar ke 13 Al-arifbillah Al-Habib Ustman Bin Seggaf Al-Alydrus tersebut sampai meluber kejalan-jalan dan memadati halaman masjid serta rumah-rumah warga yang berdekatan dengan tempat diperingatinya haul.

Selengkapnya...
 

Pemkab Tanah Bumbu Sosialisasikan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Senin, 23 Juni 2014 12:56 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

Dalam rangka implementasi Peraturan Daerah Tanah Bumbu No 9 Tahun 2013 “Tentang Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Kurang Mampu”. maka untuk itu sebagai pelaksanan Sekda Tanbu (Tanah Bumbu) melalui pihak ke tiga nantinya memberikan bantuan hukum dan hak-hak yang menyangkut hukum bagi masyarakat yang takut dalam berperkara dan yang kurang mampu khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kasubbag bagian dukomentasi dan informasi  bagian hukum Sekda Tanah Bumbu Edi Purwanto, SH, (19/6/2014) menyampaikan bagi masyarakat yang sedang mengahadapi kasus hukum harap bisa terbuka dan menyampaikan masalahnya ke Bagian Hukum Sekda Tanbu.

“masyarakat harus transparan dan terbuka dalam menyampaikan setiap masalah mereka, dan mereka wajib menyampaikan segalanya tidak separu-separu agar kita dan tim akan lebih mudah menyusun rencana dalam perkara tersebut”.ujarnya.

Ia menambahkan mengenai bantuan hukum yang diberikan masyarakat yaitu bantuan hukum berupa hukum pidana dan hukum perdata, serta pihaknya akan mengakomodir setiap masalah yang menyangkut hukum masyarakat .”contohnya, bantuan yang bisa kita berikan seperti masalah perkara tanah, banyak masyarakat yang mengalami hal itu namun mereka tidak tahu kemana harus mengadu dan takut membayar pengacara, namun sekarang sudah ada wadahnya”.ujarnya.

Syarat  yang harus dilakukan oleh pemohon bantuan hukum cukup mudah seperti dalam BAB VII pasal 16 dalam Perda tersebut yaitu, pemohon bantuan hukum hanya perlu identitas diri, mengajukan permohonan serta uraian singkat masalah hukum, dokumen mengenai perkara, serta melampirkan surat miskin dari lurah atau desa, namun jika tidak mampu menulis surat permohonon maka bisa disampaikan secara lisan.

Rencananya sosialisasi akan dilakukan di 10 kecamatan di Tanah Bumbu Sampai saat ini Bag.Hukum Sekda terus  melakukan sosialisasi pemberian bantuan hukum tersebut, sudah 2 kecamatan, Mantewe dan Simpang Empat yang telah dilakukan sosialisasi. Setelah ini 23 sampai 26 juni pihaknya akan melakukan sosialisasi lagi.

Pihak Bag.Hukum Sekda berharap dengan gencarnya sosialisasi ini masyarakat paham bahwa mereka sudah mempunyai tempat untuk mereka mendapatkan bantuan hukum dalam menghadapi berbagai masalah hukum.

Edi mewakili Bag.Hukum Sekda Tanbu juga berharap masyarakat dapat menyampaikan segala masalah hukumnya, agar makin sedikit masyarakat yang tersangkut masalah hukum karena pemerintah daerah sudah menyediakan tempat bagi masyarakat untuk mendapat bantuan hukum dan sangat sayang sekali jika itu tidak dimanfaatkan.(taufik)

 

Berkebun Menghemat Pengeluaran Keluarga

Rabu, 23 Desember 2009 12:33 Humas Berita - Lingkungan
Cetak PDF
ibu_kebun.jpgBATULICIN - Ketua TP-PKK Tanbu Hj Wahyu Windarti Zairullah Azhar, mengatakan, "berkebun tidak perlu memerlukan halaman yang luas. Dengan halaman yang seadanya pun kita bisa berkebun. Asal ada niat dan kemauan,” demikian kata Hj Wahyu usai melakukan panen sayur dan buah-buahan di kebun TP-PKK Tanbu yang terletak di Jalan Transmigrasi KM 6 Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat, Selasa (15/12), kemarin.
Selengkapnya...
 

DPRD Tanbu Sampaikan Pendapat Akhir Fraksi

Senin, 11 Agustus 2014 00:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar sidang paripurna  mengenai pendapat akhir fraksi-fraksi  terhadap laporan pertanggunng jawaban pelaksaanaan APBD serta rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tanah Bumbu 2013, Jum’at (8/8).

Sidang paripurna dihadiri oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu Difriadi Darjat,beserta seluruh jajaran nya hadir pula forum koordinasi pimpinan daerah serta instansi pertikal yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Fraksi Golkar yang diketuai Aman Makmur mengatakan, setelah dilakukan pembahasan baik melalui fraksi komisi maupun rapat gabungan pihaknya menyetujui dan menerima rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban APBD dengan beberapa catatan diantaranya, Fraksi Golkar meminta pemerintah daerah untuk segera menyampaikan laporan keuangan perusahaan daerah di Tanbu.

Pada kesempatan yang sama, Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan apresiasi yang tinggi karena Tanbu sudah berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian. Secara keseluruhan penyampaian nya, Fraksi PDIP menerima dan menyetujui rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban anggaran pendapatan belanja daerah(APBD) Untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah di Tanbu.

Dia menambahkan, agar pemda menambahkan petugas teknis di bidang pekerjaan umum agar proyek-proyek yang ada di Tanbu bisa di atasi secara merata. Ini untuk mengantisipasi banyaknya proyek agar mampu menyelesaikan segala pekerjaan dengan sebaik-baik nya.

Bupati  Tanah Bumbu dalam sambutan nya yang di bacakan oleh  Wakil Bupati Tanbu Difriadi Darjat atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan terimaksih yang setinggi-tinggi nya kepada anggota DPRD Tanbu terkhusus kepada pimpinan fraksi yang telah memberikan tanggapan dan masukan terhadap koreksi raperda laporan pertanggung jawaban pelaksanaan anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2013 baik yang setuju mau pun yang menyetujui dengan berbagai koreksi dan masukan demi kelangsungan kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud.

"Perlu kami sampaikan disini bahwa, terkait dengan rekomendasi terhadap Laporan Hasil Pertanggung jawaban (LHP), telah kami laksanakan dan sudah di audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalimantan Selatan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu kami tindaklanjuti, sehingga laporan pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2013 ini sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku", lanjutnya.

"Harapan kami, dengan disetujuinya raperda ini oleh fraksi-fraksi, tentu kami akan terus berupaya maksimal, melakukan perbaikan kedepan, baik dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah, maupun pada pelaksanaan dan laporan keuangan daerah dimasa-masa yang akan datang".

Wakil Bupati menambahkan, "Sementara itu terkait dengan pengelolaan keuangan daerah, pada saat sekarang dan yang akan datang, kami juga akan lebih mengutamakan optimalisai pada asas manfaat, sehingga hal ini kami harapkan mampu mendorong percepatan pembangunan daerah, sekaligus tentu saja memberikan dampak nyata bagi peningkatan kualitas dan kuantitas kesejahtraan masyarakat".

Dengan telah diterima nya rancangan keputusan dewan menjadi rapat keputusan dewan oleh fraksi-fraksi dengan ini Wakil Bupati Tanbu menanda tangani secara simbolis persetujuan dewan terhadap raperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2013.

 

446 Pelajar Kurang Mampu Dapat Bantuan

Senin, 02 April 2012 07:26 administrator Berita - PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF

Batulicin -  Sebanyak 446 pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mendapatkan bantuan peralatan sekolah dari Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) Tanbu, Senin (2/4) di SMP 1 Kusan Hilir, Pagatan.

Selengkapnya...
 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|