Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:642 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1066 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:935 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Raih Penghargaan LAKIP Dari Menpan RB

Selasa, 01 April 2014 23:47 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) berhasil meraih penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan dan RB RI) sebagai salah satu daerah di Indonesia dibidang sistem Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2012.

Penghargaan itu sendiri diberikan langsung  oleh Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar  setelah sebelumnya dilakukan penilaian implementasi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah untuk tahun 2012 yang dirilis pada tahun 2013 yang lalu.

"Ada 4 kabupaten/kota di Provinsi Kalsel yang mendapatkan predikat berhasil dalam pengelolaan  LAKIP terbaik dari pihak Menpan, salah satunya adalah Kabupaten Tanah Bumbu," sebut  Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten  Tanbu, M. Yusri, S.Sos kemarin, seraya menambahkan, dalam penilaian Kemenpan dan Reformasi Birokrasi  Tanbu berhasil memperoleh predikat CC.

Predikat CC itu sendiri merupakan penghargaan yang pertama kalinya mampu diraih Pemkab Tanbu setelah pada penilaian sebelumnya hanya mampu mendapatkan predikat nilai C.

“Kemenpan dan Reformasi Birokrasi sendiri melakukan penilaian akuntabilitas kinerja pemerintah daerah setiap tahunnya. Dan pada perkembangannya, dari laporan LAKIP Pemkab Tanbu setiap tahunnya mengalami perbaikan dan peningkatan progres positif, hingga akhirnya predikat kita naik dari C menjadi CC”, ungkap Yusri,

Sistem dan metode pengukuran kinerja pemerintah daerah beber Yusri lagi, pada dasarnya dilakukan atas 27 sasaran strategis yang harus dicapai pemerintah berdasarkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Dari hasil pengukuran itulah pada akhirnya diperolehlah capaian kinerja rata-rata Pemkab Tanbu sebesar 84,82 % sehingga dinyatakan masuk kategori berhasil.

Atau dengan kata lain, perbandingan antara target program yang hendak dicapai dan realisasi indikator sasaran kinerja Pemkab Tanbu oleh Kemenpan dan Reformasi Birokrasi dinyatakan berhasil.

Dengan keberhasilan yang sudah diraih Pemkab Tanbu tersebut Bupati Mardani H Maming menyambut baik dengan raihan prestasi itu hingga kemudian berhasil mendapatkan penghargaan dari Menpan dan Reformasi Birokrasi. Menurutnya ini menjadi indikator penting bahwa kinerja pemerintah daerah dibawah kepemimpinannya dari tahun ketahun mengalami perbaikan kualitas.

''Ini pertama kalinya akuntabilitas kinerja kita mendapat penilaian terbaik dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Prestasi ini tentunya harus kita jadikan sebagai dorongan motivasi dan spirit untuk lebih meningkatkan kita sebagai pelayan publik,” kata Bupati Mardani H Maming.

Karenanya Mardani berharap, dengan prestasi tersebut kedepan jajaran pemerintah daerah harus  mampu mempertahankan prestasi itu dan terus berupaya meningkatkan kinerja sehingga prestasi yang mampu diraih tersebut juga memberikan dampak bagi peningkatan kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud.

Penilaian LAKIP yang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kemenpan dan Reformasi Birokrasi  jelas Mardani, hakekatnya merupakan mekanisme penilaian wajar dari pemerintah pusat terhadap kinerja pemerintah daerah.

Pasalnya, tanpa adanya penilaian itu pemerintah daerah harus senantiasa meningkatkan kinerjanya, karena itu sudah menjadi tanggungjawab jajaran pemerintah daerah sebagai pelayan publik. (relhum).

 

Pemerintah Tidak Lagi Terbitkan Ijin Pertambangan

Sabtu, 10 Oktober 2009 15:35 Humas Berita - Lingkungan
Cetak PDF
tambang.jpgBATULICIN-Revisi Undang-Undang Pertambangan belum memberikan peluang penerbitan Ijin Usaha Pertambangan lagi. Hal tersebut diungkapkan Dinas Pertambangan dan Energi Tanah Bumbu beberapa waktu lalu. Menurut Kepala Dinasnya, H.M Amin, Kuasa Pertambangan (KP) dengan direvisinya Undang-Undang berubah menjadi Ijin Usaha Pertambangan (IUP).
Selengkapnya...
 

DWP Tanbu Peringati HUT Ke-12 Dan Hari Ibu Ke-83

Jumat, 23 Desember 2011 09:52 Humas Berita - PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF
pemberian_bunga_oleh_sekda_kepada_ketua_dwp_tanbu.jpgBATULICIN – Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke 12 di Kabupaten Tanah Bumbu dibarengi juga dengan peringatan Hari Ibu ke 83 tahun 2011 dengan menggelar beberapa kegiatan, Kamis (22/12/2011) di Mahligai Bersujud, Kapet, Batulicin.
Adapun kegiatan tersebut seperti penyerahan santunan kepada anak yatim piatu, lomba nasi tumpeng, penyerahan pemenang lomba mars DWP Tanah Bumbu, atraksi polisi cilik, lomba motif tenun pagatan, lelang kain tenun Pagatan serta silaturahmi dan ramah tamah dengan isteri pensiunan PNS dan Seminar tentang Pendidikan.
Peringatan HUT DWP ke 12 tahun 2011 mengambil tema “Pengembangan Aliansi Strategis DWP dengan Mitra Kerja Pemerintah dan Swasta Untuk Susksesnya Pembangunan Berkelanjutan”.  
Sedangkan tema pada peringatan Hari Ibu ke 83 yaitu “Peran Perempuan dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Menuju Kesejahteraan Bangsa”.
Ketua  DWP Tanah Bumbu Hj.Selviana Hidayat dalam sambutannya mengatakan Dharma Wanita Persatuan berkiprah mengambil bagian dalam upaya membangun bangsa melalui kaum perempuan atau Isteri PNS. Kinerja DWP telah dilakukan dengan baik dalam kerja nyata serta meningkatkan peran wawasan dan pengetahuan anggotanya.
Dalam menjalankan roda organisasi banyak hal yang telah dilaksanakan DWP sesuai dengan visi dan misi serta tujuan Organisasi dengan satu harapan DWP bisa berperan aktif dalam mempersatukan isteri-isteri PNS diseluruh Indonesia sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai kebutuhan nyata sebagai pendamping PNS yang berada ditingkat pusat dan daerah di seluruh Indonesia.
Didalam menjalankan perannya, Dharma Wanita Persatuan sebagai organisasi kemasyarakatan yang bernaung dibawah pemerintah diharapkan dapat berperan aktif untuk mensukseskan program kemasyarakatan bersama-sama dengan TP PKK yang merupakan mitra kerja pemerintah. Dimana kedua institusi ini dapat bekerjasama bergandeng tangan dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera.
Tema yang dipilih pada HUT DWP ke 12 yaitu  “Pengembangan Aliansi Strategis DWP dengan Mitra Kerja Pemerintah dan Swasta Untuk Susksesnya Pembangunan Berkelanjutan”.  tema tersebut sangatlah tepat untuk mencapai target kuantitatif tujuan pembangunan milinium dan menjadikan bangsa yang berkualitas.
Agar maksud tersebut dapat dicapai maka seluruh pemangku kepentingan dituntut untuk berpartisifasi aktif berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak secara harmonis. Hal ini dapat terlaksana apabila partisipasi aktif DWP telah disadari dan menjadikannya  suatu hal yang mutlak yang tidak dapat dielakkan atau ditunda.
DWP dapat menggerakkan dan memberikan inspirasi melalui gerakan-gerakan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam mencerdaskan bangsa dalam menuju kesejahteraan, ujar Hj. Selviana.
Sementara itu, terkait peringatan Hari Ibu ke 83, Penasehat DWP Tanbu Hj. Erwinda Mardani berpesan agar anak-anak dan remaja di Tanah Bumbu agar terus berbakti kepada orang tua, memberikan yang terbaik untuk orang tua khususnya dengan rajin belajar dan mendoakan yang terbaik untuk kedua orang tua. Karena disaat nanti mereka dewasa mereka juga akan mengalami dan merasakan betapa pentingnya arti perjuangan dari orang tua.
Selain itu, Hj. Erwinda juga berpesan kepada ibu-ibu di Tanah Bumbu untuk tidak melupakan tanggung jawabnya sebagai orang tua khususnya Ibu bagi anak-anaknya. Karena yang terpenting adalah keluarga dan anak-anak kita karena mereka merupakan harapan kita dimasa depan.
Puncak peringatan HUT DWP ke 12 dan Hari Ibu ke 83 dimeriahkan dengan pemberian karangan bunga oleh Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Drs. Gusti Hidayat kepada ketua DWP Tanbu Hj. Selviana Hidayat. (relhum)
 

Isra Mi'raj Jadikan Penangkal Paham Radikal

Senin, 20 Juni 2011 13:07 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
wabup_menyampaikan_sambutan.jpgBATULICIN - Melalui peringatan Isra mi’raj Nabi besar Muhammad SAW bisa menjadi media penangkal atas serangan paham - paham radikal yang akhir-akhir ini sangat marak bermunculan, hal ini diungkapkan Wakil Bupati Tanah Bumbu Drs. Difriadi Darjat dalam sambutannya pada acara peringatan Isra mi'raj di Langgar Al-Wusqo Desa Batuah Pagatan (selasa malam,14/6).
Selengkapnya...
 

Bupati Tanbu Juara II Lomba Masak Nasi Goreng

Minggu, 30 Desember 2012 17:16 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

Batulicin - Dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Ibu (PHI) yang ke-84 yang diselenggarakan di Kabupaten Tanah Bumbu Kamis (27/12) di Sekretariat PKK Kapet Batulicin, Bupati Tanbu Mardani H. Maming berhasil menjadi juara ke II Lomba Masak Nasi Goreng.

Selengkapnya...
 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|