Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:378 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:925 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:807 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Rusdi Senang Dengan Adanya Bantuan Hukum Bagi PNS

Rabu, 18 September 2013 01:29 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

BATULICIN – Rusdi salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) mengakui senang dengan digelarnya  Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) tentang Bantuan Hukum Bagi Anggota Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) oleh Sekretariat Dewan KORPRI Tanbu.

Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Tanbu H. Difriadi Darjat, Selasa (17/9) di Gedung Sekretariat PKK Tanah Bumbu Batulicin tersebut, menurut Rusdi tentunya dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang adanya bantuan hukum bagi PNS di Tanbu.

“Memang pembentukan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) KORPRI di Tanbu baru dibentuk tahun 2013. Jadi keberadaan LKHB tersebut perlu sosialisasi agar dapat diketahui oleh seluruh PNS,”  kata Rusdi.

Sementara itu, Pengurus LKBH KORPRI Tanbu, Saiful SH mengatakan keberadaan LKBH KORPRI bukan hanya untuk kalangan PNS saja, namun  juga melindungi tenaga honorer di kalangan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Adapun bantuan hukum yang diberikan oleh LKBH KORPRI kepada PNS maupun tenaga honorer tersebut arahnya kepada bersifat perdata. Sedangkan untuk pidana sifatnya hanya pendampingan saja.

“Sejak dibentuk LKBH KORPRI bulan Februari 2013 yang lalu. Ada 2 kasus yang masuk ke LKBH,” sebut Saiful SH seraya amengatakan kasus-kasus yang ditangani seperti perceraian, permasalahan keluarga, KDRT, hingga permasalahan lainnya seperti hak-hak PNS yang terabaikan.

Sekretaris Dewan KORPRI Tanbu, Sadriansyah mengatakan sosialisasi ini dimaksudkan agar keberadaan LKBH KORPRI dalam memberikan bantuan hokum kepada PNS dapat diketahui oleh seluruh PNS di Tanbu.

“Adanya sosialisasi ini agar para pimpinan SKPD dapat mengetahui dan menyampaikannya kepada SKPD masing-masing. Sehingga seluruh PNS tahu akan adanya bantuan hokum yang diberikan oleh pemerintah,” ujar Sadriansyah seraya mengatakan peserta yang mengikuti sosialisasi sebanyak 150 orang yang terdiri dari pejabat Esselon II, III, dan IV dilingkungan Pemkab Tanbu.

Wabup H. Difriadi Darjat mengatakan PNS sangat riskan terhadap permasalahan hukum. Melalui kegiatan sosialisasi ini, tentunya sangat baik untuk menambah pengetahuan dan wawasan dari PNS agar tidak bermasalah dengan hukum dikemudian hari.

Selaku narasumber pada sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang bantuan hukum  bagi PNS dan disiplin PNS yaitu plt Karo Hukum dan Organisasi Setjen Dewan Pengurus Korpri Nasional Drs. Taufiqurachman, MAP dan Sekretaris Dewan Korpri Propinsi Kalsel Haris Karno (Relhum)

 

 

 

 

 

 

Bupati Titip Doa

Jumat, 08 Oktober 2010 21:09 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
dsc_0194.jpgBATULICIN - Bupati Tanbu Mardani H Maming SH menitip pesan kepada calon haji (Calhaj) dari Kabupaten Tanbu agar senantiasa menjaga kesehatan, baik jasmani maupun rohani dengan sebaik-baiknya, selama berada di tanah suci mekkah dan kembali ke tanah air dengan selamat.Pesan tersebut disampaikan bupati saat menyampaikan sambutan sebelum menutup kegiatan manasik haji Kabupaten Tanbu Tahun 2010 yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanbu, kemarin.
Selengkapnya...
 

Pelantikan Pejabat Esselon II Pemkab Tanbu

Kamis, 05 September 2013 08:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melantik pejabat esselon II dan III jajaran Pemkab Tanbu, Senin (2/9) di Batulicin.

Adapun pejabat esselon II yang dilantik sebanyak 7 orang sedangkan esselon III sebanyak 18 orang.

Bupati Tanbu Mardani H Maming usai melantik mengatakan pelantikan pejabat struktural ini merupakan hal yang wajar dilakukan dipemerintahan.

Mutasi jabatan merupakan salah satu langkah penyegaran dalam sebuah organisasi dan juga untuk peningkatan pengalaman kerja PNS.

Rotasi dan promosi jabatan tersebut diharapkan pula dapat menunjang percepatan capaian program-program pemerintah daerah yang akhirnya bermuara pada kepentingan bersama, yaitu meningkatnya kualitas kinerja pemkab tanbu dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Mereka yang dilantik yaitu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Tanbu H.M. Thaha menjabat Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanbu, Sekretaris Inspektorat Tanbu Basuni menjabat Inspektur Tanbu, Inspektur Tanbu H. Riduan menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah Tanbu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanbu Sartono menjabat Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tanbu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tanbu M. Idjra’i menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Tanbu, Kepala Dinas Kesehatan Tanbu Ambo Sakka menjabat Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Tanbu, dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Tanbu Andi Hasdar menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanbu. (relhum)

 

 

ANGGOTA DWP DIMINTA LEBIH AKTIF IKUTI KEGIATAN

Kamis, 15 September 2011 10:33 Humas Berita - PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF
sambuuut.jpgBatulicin, - Ketua Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP), Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan,  Hj Erwinda Mardani H Maming minta seluruh angotanya agar lebih aktif mengikuti kegiatan khusunya pertemuan rutin yang sudah diagendakan setiap bulanya.
Permintaan itu disampaikan Hj Erwinda dalam acara Halal Bihalal memperingati 1 Syawal Idul-Fitri 1432 Hijriyah bersama anggota DWP di Gedung sekretariat Dhekranasda Tanah Bumbu, Kecamatan Simpang Empat, Kamis (8/9).
"Pada kesempatan ini, saya minta seluruh anggota dan jajaran pengurus DWP agar kedepanya nanti bisa lebih aktif ikut dalam pertemuan rutin. Sebab, dengan pertemuan itulah saat yang tepat bagi kita untuk menyampaikan aspirasi atau ide-ide baru pelaksanaan program yang lebih baik," katanya.
Bertepatan bulan Syawal, jelas Erwinda, hendaknya jadi sebuah memontum bagi seluruh anggota DWP untuk lebih meningkatkan iman sebagai rangkaian komitmen ibadah setelah satu bulan penuh menjalankan puasa Ramadhan.
Dengan begitu bulan syawal dapat menjadi lebih bermakna yang mampu mendorong semangat kerja demi tercapainya keberhasilan bersama.
"Kami harap bulan syawal juga menjadi satu media untuk lebih meningkatkan semangat kerja kita. Sehingga program kerja dapat berjalan lebih baik demi tercapainya kerberhasilan bersama," katanya.(anto)
 

PKK Tanbu Latih Ibu Hamil Melahirkan Secara Aman

Rabu, 19 Januari 2011 08:15 Humas Berita - PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF

BATULICIN – TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan PT Arutmin Tambang Batulicin melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Kelas Ibu Hamil Kesehatan untuk meningkatkan umur harapan hidup, menurunkan angka kematian bayi dan menurunkan angka kematian ibu, Selasa (18/1) di Sekretariat PKK Kab. Tanah Bumbu, Kapet, Simpang Empat.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kab. Tanah Bumbu Hj. Erwinda dengan didampingi Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming.

Ketua Panitia, Narni Anwar S mengatakan adapun tujuan kegiatan ini adalah peserta diharapkan mampu menjelaskan pengertian buku KIA, menjelaskan manfaat buku KIA, menjelaskan pengunaan buku KIA, menjelaskan tentang kelas ibu hamil, dan mampu melaksanakan kelas ibu hamil.

Sedangkan peserta terdiri dari dari dua macam, yaitu sosialisasi kelas ibu hamil sebanyak 40 orang terdiri dari TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, serta Bidan Koordinator Puskesmas. Sedangkan pelatihan ibu hamil peserta sebanyak 25 orang terdiri dari Kader, Bidan Desa, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa. Adapun narasumber pada pelatihan tersebut yaitu dari Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan

“mereka yang mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan bisa memberikan penjelasan dan mengetahui apa saja persiapan untuk melahirkan secara aman yang nantinya akan disosialisasikan dan praktekkan kepada masyarakat melalui kelas ibu hamil” ujarnya narni.

Manfaat dari dilaksanakannya kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini agar peserta nantinya bisa mengetahui bagaimana hamil dan melahirkan secara aman.

Untuk kelas ibu hamil sendiri, ujar Narni Anwar S, mereka yang mengkuti kelas tersebut nantinya akan diberi pembelajaran berupa mengenal alat-alat reproduksi, mengenal tanda-tanda kehamilan normal, mengenal tanda-tanda kehamilan beresiko, persiapan apa saja yang dilakukan saat hamil dan melahirkan, serta mempersiapkan melahirkan secara aman dan nyaman.

Peserta untuk kelas ibu hamil nanti bisa dimulai dari usia 3 bulan dan akan dilaksanakan setiap minggu. Selain kelas ibu hamil juga akan ada kelas ibu balita, yaitu kelanjutan dari pembelajaran pelatihan ibu hamil.

Dengan kelas ibu hamil ini kita berharap dapat mensuskseskan program pemerintah dan menyelamatkan ibu dan bayi. Karena sekitar 20 persen adalah kehamilan dengan resiko tinggi melahirkan, dan 7 persen komplikasi dan harus ditangani dirumah sakit berupa operasi cesar.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini begitu penting dalam rangka peningkatan pembangunan dibidang kesehatan. Bupati pun juga meminta agar peserta betul-betul menyimak pembelajaran yang diberikan.

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah daerah mempunyai program kesehatan yaitu gratis cesar bagi masyarakat tidak mampu.

Namun, program tersebut masih terkendala dengan belum adanya dokter special untuk program tersebut.

Saat ini, kata Bupati, Pemerintah Daerah melakukan kerjasama dengan rumah sakit paradise di Tanbu untuk program tersebut.

“Saya tidak ingin lagi ada ibu-ibu yang meninggal akibat melahirkan karena tidak mampu membayar operasi cesar” ujar Bupati. (rel*)

 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|