Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:2710 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:2027 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:1508 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Mardani : FORRDUS Sebagai Media Sosialisasi Program Pembangunan Daerah

Kamis, 03 April 2014 06:38 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) membentuk Forum Koordinasi RT, RW, dan Kepala Dusun (FORRDUS).

Forum itu dibentuk sebagai upaya pemerintah daerah dalam memaksimal sosalisasi program-program pembangunan daerah sehingga lebih bisa dipahami masyarakat, baik terkait esensi program maupun target dan sasaran program yang hendak dicapai.

"FORRDUS tak lain merupakan media kita untuk mensosialisasi program pembangunan daerah. Melalui media FORRDUS diharapkan sosialisasi dari program-program pembangunan daerah menjadi lebih mudah dilakukan dan dipahami masyarakat secara luas sehingga proses implementasi program bisa berjalan maksimal", sebut Bupati Tanbu Mardani H. Maming dalam sambutannya pada acara Pengukuhan Pengurus FORRDUS Kecamatan Karang Bintang yang digelar di Balai Desa Manunggal, Rabu (5/3) lalu.

Jika pun kemudian ada hambatan, dengan forum ini sambung Mardani, pihak-pihak terkait mulai di tingkat kabupaten hingga di tingkat desa dapat membahasnya dan mengevaluasinya, untuk selanjutnya dicari solusi pemecahan masalah atau hambatan yang ada.

Diungkapkan Mardani pula, sejauh ini tidak sedikit program pembangunan daerah yang kurang dipahami oleh masyarakat khususnya yang ada di perdesaan karena terputusnya rentang kendali informasi dari sosialisasi program yang disampaikan SKPD sebagai leading sektor program.

Karenanya, dengan forum tersebut diharapkan sosialisasi program pembangunan daerah yang direalisasikan SKPD-SKPD dapat tepat sasaran dan dipahami secara utuh oleh masyarakat.

Sebagai analogi papar Mardani, meski sudah disosialisasikan sejak lama dan telah pula disosialisasikan melalui beragam kegiatan pemerintah daerah, hingga tersosialisasikan melalui media cetak dan elektronik, program Kartu Sehat dan Pintar (KASPIN) sebagai ikon program pelayanan publik gratis di Tanbu, namun masih banyak warga masyarakat yang tidak memahami esensi program secara utuh.

"Termasuk juga pembahasan rancangan program pembangunan yang akan kita rumuskan melalui Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tahun 2014 ini, baik ditingkat desa, kecamatan maupun tingkat kabupaten khususnya terkait dengan program satu desa satu milyar yang akan kita realisasikan pada tahun 2015 mendatang, ini harus diketahui oleh masyarakat Tanah Bumbu secara luas, sehingga pada tatanan implementasinya nanti tidak mengalami hambatan," ujar Mardani sembaari menambahkan, kepengurusan FORRDUS akan dilengkapi dengan kartu keangggotaan, di mana pada kartu keanggotaan tersebut bertuliskan program "Satu Desa Rp1 Milyar".

Dengan dibentuknya FORRDUS pemerintah daerah juga akan menaikan honor Ketua RT dari Rp.125 ribu menjadi Rp.325 ribu per bulan. Hal yang sama juga akan diberlakukan untuk Ketua RW dan Kepala Dusun. Pengurus FORRDUS juga mendapatkan layanan kesehatan gratis kelas tiga di RSUD dr. Andi Abdurrahman Noor.

Untuk diketahui, selain di Kecamatan Karang Bintang, sebelumnya Mardani juga mengukuhkan pengurus FORRDUS di Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Batulicin.

Pengukuhan akan dilanjutkan kesejumlah kecamatan lain seperti Kecamatan Mantewe, Kusan Hulu, Sungai Loban, Kuranji, Angsana, Kusan Hilir dan Kecamatan Satui secara bertahap. (relhum).

 

Bidang Kominfo Canangkan Pembangunan Website di 149 Desa

Senin, 19 May 2014 14:25 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu, melalui Bidang Komunikasi dan Informatika merancang pembangunan internet perdesaan.

Satu minggu setelah dilantik menjadi Kabid Kominukasi dan Informatika pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu, Riza Akhyari S.Kom langsung menunjukkan eksistensi kerjanya  dalam mengembangkan Teknologi Informatika  di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sesuai Tupoksi, Riza tidak hanya bertanggung jawab terhadap sistem internet di Tanah Bumbu, namun Radio Swara Bersujud juga di bawah kendalinya.

Terkait pengembangan internet desa di tanah bumbu, Riza Akhyari S.kom merencanakan akan membuat website bagi pemerintah desa, yaitu sebanyak 149 website desa Se-Kabupaten Tanah Bumbu. Perihal tersebut disampaikan oleh Riza pada saat memimpin rapat di Kantor Induk Dishubkominfo Tanah Bumbu, Jalan Raya Batulicin, Kecamatan Batulicin.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Pembinaan dan Penerapan informatika berserta staf, Kepala Seksi Pelayanan informatika berserta staf, Serta Seluruh Staf Seksi Pengembangan dan Pengendalian Informatika.

Selain itu, rapat kominfo juga dihardiri oleh Tim IT Tanah Bumbu dan Tim Sekretariat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kab. Tanah Bumbu ( PPID ). Tim Sekretariat PPID telah melakukan simulasi Aplikasi Data Base Seluruh SKPD Se-Tanah Bumbu, dalam rangka implementasi Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Tidak hanya itu, Tim Sekretariat  PPID terus bekerja maksimal dalam merancang sistem pelayanan informasi satu atap yang berbasis multimedia.

Riza Akhyari S.Kom optimis bahwa seluruh Tim nya mampu menyelesaikan target yang telah dicanangkan. (ardi/fajri)

 

ARIFIN ILHAM AJAK MASYARAKAT SUNGAI DANAU BERZIKIR

Rabu, 09 Februari 2011 13:01 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
arifin_ilham.jpgBatulicin – Wakil Bupati Tanah Bumbu Drs.H Difriadi Darjat bersama ratusan masyarakat dan  tokoh agama dari Kecamatan Satui Sungai Danau mengikuti zikir dan ceramah agama yang dipimpin ustad Arifin Ilham, Senin (07/02) siang. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan iman dan takwa sekaligus mendoakan Kabupaten Tanah Bumbu menjadi kabupaten yang sejahtera.
Selengkapnya...
 

PKK Tanbu Latih Ibu Hamil Melahirkan Secara Aman

Rabu, 19 Januari 2011 08:15 Humas Berita - PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF

BATULICIN – TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan PT Arutmin Tambang Batulicin melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Kelas Ibu Hamil Kesehatan untuk meningkatkan umur harapan hidup, menurunkan angka kematian bayi dan menurunkan angka kematian ibu, Selasa (18/1) di Sekretariat PKK Kab. Tanah Bumbu, Kapet, Simpang Empat.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kab. Tanah Bumbu Hj. Erwinda dengan didampingi Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming.

Ketua Panitia, Narni Anwar S mengatakan adapun tujuan kegiatan ini adalah peserta diharapkan mampu menjelaskan pengertian buku KIA, menjelaskan manfaat buku KIA, menjelaskan pengunaan buku KIA, menjelaskan tentang kelas ibu hamil, dan mampu melaksanakan kelas ibu hamil.

Sedangkan peserta terdiri dari dari dua macam, yaitu sosialisasi kelas ibu hamil sebanyak 40 orang terdiri dari TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, serta Bidan Koordinator Puskesmas. Sedangkan pelatihan ibu hamil peserta sebanyak 25 orang terdiri dari Kader, Bidan Desa, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa. Adapun narasumber pada pelatihan tersebut yaitu dari Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan

“mereka yang mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan bisa memberikan penjelasan dan mengetahui apa saja persiapan untuk melahirkan secara aman yang nantinya akan disosialisasikan dan praktekkan kepada masyarakat melalui kelas ibu hamil” ujarnya narni.

Manfaat dari dilaksanakannya kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini agar peserta nantinya bisa mengetahui bagaimana hamil dan melahirkan secara aman.

Untuk kelas ibu hamil sendiri, ujar Narni Anwar S, mereka yang mengkuti kelas tersebut nantinya akan diberi pembelajaran berupa mengenal alat-alat reproduksi, mengenal tanda-tanda kehamilan normal, mengenal tanda-tanda kehamilan beresiko, persiapan apa saja yang dilakukan saat hamil dan melahirkan, serta mempersiapkan melahirkan secara aman dan nyaman.

Peserta untuk kelas ibu hamil nanti bisa dimulai dari usia 3 bulan dan akan dilaksanakan setiap minggu. Selain kelas ibu hamil juga akan ada kelas ibu balita, yaitu kelanjutan dari pembelajaran pelatihan ibu hamil.

Dengan kelas ibu hamil ini kita berharap dapat mensuskseskan program pemerintah dan menyelamatkan ibu dan bayi. Karena sekitar 20 persen adalah kehamilan dengan resiko tinggi melahirkan, dan 7 persen komplikasi dan harus ditangani dirumah sakit berupa operasi cesar.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini begitu penting dalam rangka peningkatan pembangunan dibidang kesehatan. Bupati pun juga meminta agar peserta betul-betul menyimak pembelajaran yang diberikan.

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah daerah mempunyai program kesehatan yaitu gratis cesar bagi masyarakat tidak mampu.

Namun, program tersebut masih terkendala dengan belum adanya dokter special untuk program tersebut.

Saat ini, kata Bupati, Pemerintah Daerah melakukan kerjasama dengan rumah sakit paradise di Tanbu untuk program tersebut.

“Saya tidak ingin lagi ada ibu-ibu yang meninggal akibat melahirkan karena tidak mampu membayar operasi cesar” ujar Bupati. (rel*)

 

Swara Bersujud Siarkan Langsung Paripurna Dewan

Jumat, 26 Juli 2013 03:57 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

BATULICIN - Radio Siaran Pemerintah Kabupaten (RSPK) Swara Bersujud 89.8 Fm membuat terobosan baru.

Radio milik Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) yang dikelola Bagian Humas Setda itu sejak pekan lalu telah merealisasikan program siaran langsung rapat paripurna DRPD Tanbu.

Menurut Kepala Bagian Humas Setda Andi Aminudin melalui Kasubbag Dokumentasi Tato A. Setyawan, langkah yang ditempuh pihaknya itu dilaksanakan sebagai upaya untuk mengoptimalkan distribusi informasi kegiatan pemerintah daerah melalui media elektronik daerah.

Program siaran langsung rapat paripurna DPRD Tanbu itu sendiri sebut Tato, menyusul telah dioperasiolkannya stasiun riley yang dipasang oleh Bagian Humas Sekretariat DPRD Tanbu belum lama tadi.

"Alhamdulillan setelah melalui tahapan uji coba beberapa kali akhirnya program siaran langsung yang berisi rapat paripurna DPRD Tanah Bumbu itu berjalan dengan baik", ujar Tato kepada sejumlah wartawan kemarin.

Pada siaran perdana program baru itu, RSPK Swara Bersujud berhasil menyiarkan secara langsung kegiatan rapat paripurna DPRD Tanbu pada Jum'at (19/6) pekan lalu dengan agenda rapat Pemandangan Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Tanbu terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang LPJ Bupati Tanbu Tahun 2012.

Sejumlah anggota DPRD Tanbu mengatakan sangat mengapresiasi terobosan yang sudah dilakukan radio Swara Bersujud bekerjasama dengan Bagian Humas Sekretariat DPRD Tanbu.

Dengan disiarkannya kegiatan rapat paripurna DPRD Tanbu itu para legislator tersebut berharap akan memberikan kontribusi peningkatan SDM warga masyarakat Bumi Bersujud.

"Bahkan lebih dari itu, ini juga sekaligus sebagai upaya kita semua untuk mengedepankan azas transparansi informasi publik terkait dengan jalannya rapat paripurna yang kita langsungkan", sebut Bahsanuddin, Wakil Ketua Komisi III DPRD Tanbu.

Legislator dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga menambahkan, dengan terobosan yang dilakukan oleh Radio Swara Bersujud jajaran wakil rakyat Bumi Bersujud itu menghendaki akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan pihaknya kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi mereka sebagai wakil rakyat.

"Kedepan sesuai rancangan program yang ada, kami juga berharap porsi program khusus untuk menyiarkan kegiatan paripurna bisa lebih ditingkatkan lagi", harap Bahsanuddin. (Relhum)

 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|