Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:635 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1063 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:932 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Rusdi Senang Dengan Adanya Bantuan Hukum Bagi PNS

Rabu, 18 September 2013 01:29 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

BATULICIN – Rusdi salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) mengakui senang dengan digelarnya  Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) tentang Bantuan Hukum Bagi Anggota Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) oleh Sekretariat Dewan KORPRI Tanbu.

Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Tanbu H. Difriadi Darjat, Selasa (17/9) di Gedung Sekretariat PKK Tanah Bumbu Batulicin tersebut, menurut Rusdi tentunya dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang adanya bantuan hukum bagi PNS di Tanbu.

“Memang pembentukan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) KORPRI di Tanbu baru dibentuk tahun 2013. Jadi keberadaan LKHB tersebut perlu sosialisasi agar dapat diketahui oleh seluruh PNS,”  kata Rusdi.

Sementara itu, Pengurus LKBH KORPRI Tanbu, Saiful SH mengatakan keberadaan LKBH KORPRI bukan hanya untuk kalangan PNS saja, namun  juga melindungi tenaga honorer di kalangan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Adapun bantuan hukum yang diberikan oleh LKBH KORPRI kepada PNS maupun tenaga honorer tersebut arahnya kepada bersifat perdata. Sedangkan untuk pidana sifatnya hanya pendampingan saja.

“Sejak dibentuk LKBH KORPRI bulan Februari 2013 yang lalu. Ada 2 kasus yang masuk ke LKBH,” sebut Saiful SH seraya amengatakan kasus-kasus yang ditangani seperti perceraian, permasalahan keluarga, KDRT, hingga permasalahan lainnya seperti hak-hak PNS yang terabaikan.

Sekretaris Dewan KORPRI Tanbu, Sadriansyah mengatakan sosialisasi ini dimaksudkan agar keberadaan LKBH KORPRI dalam memberikan bantuan hokum kepada PNS dapat diketahui oleh seluruh PNS di Tanbu.

“Adanya sosialisasi ini agar para pimpinan SKPD dapat mengetahui dan menyampaikannya kepada SKPD masing-masing. Sehingga seluruh PNS tahu akan adanya bantuan hokum yang diberikan oleh pemerintah,” ujar Sadriansyah seraya mengatakan peserta yang mengikuti sosialisasi sebanyak 150 orang yang terdiri dari pejabat Esselon II, III, dan IV dilingkungan Pemkab Tanbu.

Wabup H. Difriadi Darjat mengatakan PNS sangat riskan terhadap permasalahan hukum. Melalui kegiatan sosialisasi ini, tentunya sangat baik untuk menambah pengetahuan dan wawasan dari PNS agar tidak bermasalah dengan hukum dikemudian hari.

Selaku narasumber pada sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang bantuan hukum  bagi PNS dan disiplin PNS yaitu plt Karo Hukum dan Organisasi Setjen Dewan Pengurus Korpri Nasional Drs. Taufiqurachman, MAP dan Sekretaris Dewan Korpri Propinsi Kalsel Haris Karno (Relhum)

 

 

 

 

 

 

Pelantikan Pejabat Esselon II Pemkab Tanbu

Kamis, 05 September 2013 08:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melantik pejabat esselon II dan III jajaran Pemkab Tanbu, Senin (2/9) di Batulicin.

Adapun pejabat esselon II yang dilantik sebanyak 7 orang sedangkan esselon III sebanyak 18 orang.

Bupati Tanbu Mardani H Maming usai melantik mengatakan pelantikan pejabat struktural ini merupakan hal yang wajar dilakukan dipemerintahan.

Mutasi jabatan merupakan salah satu langkah penyegaran dalam sebuah organisasi dan juga untuk peningkatan pengalaman kerja PNS.

Rotasi dan promosi jabatan tersebut diharapkan pula dapat menunjang percepatan capaian program-program pemerintah daerah yang akhirnya bermuara pada kepentingan bersama, yaitu meningkatnya kualitas kinerja pemkab tanbu dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Mereka yang dilantik yaitu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Tanbu H.M. Thaha menjabat Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanbu, Sekretaris Inspektorat Tanbu Basuni menjabat Inspektur Tanbu, Inspektur Tanbu H. Riduan menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah Tanbu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanbu Sartono menjabat Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tanbu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tanbu M. Idjra’i menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Tanbu, Kepala Dinas Kesehatan Tanbu Ambo Sakka menjabat Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Tanbu, dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Tanbu Andi Hasdar menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanbu. (relhum)

 

 

Tingkatkan Kinerja BPBD, Pemkab Tanbu Tambah Armada Damkar

Rabu, 04 September 2013 07:53 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

BATULICIN – Sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) khususnya dalam menangani bencana kebakaran, tahun 2013 ini Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menambah armada mobil pemadam kebakaran (Damkar) baru.

Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan (Kabag Umkap) Setda Tanbu, Rooswandi Salem mengatakan penambahan armada damkar tersebut berdasarkan usulan program yang disampaikan BPBD pada tahun anggaran sebelumnya.

Dari usulan itu sambung Andi sapaan akrab Rooswandi Salem, pemkab melalui Bagian Umkap Setda kemudian menjalankan proses pengadaan tiga unit damkar baru  dengan kapasitas tangki air sebanyak 6000 liter dan 4000 liter sesuai usulan.

“Untuk dana pembelian mobil pemadam kebakaran tersebut diambil dari APBD tahun 2013,” ujar Andi.

Dikatakannya lagi, pihaknya sudah melakukan serah terima barang armada damkar tersebut kepada BPBD Tanbu sebanyak dua unit dengan kapasitas 4000 liter, sedangkan satu unit lagi dengan kapasitas 6000 liter masih dalam tahap pelelangan.

Sementara itu, Bupati Tanbu Mardani H. Maming mengatakan dengan adanya tambahan tiga unit mobil damkar tersebut diharapkan akan mampu mengoptimalkan kinerja jajaran personil BPK (Barisan Pemadam Kebakaran) dari BPBD Tanbu di masa mendatang.

"Harapan kita semua, dengan penambahan armada itu akan berdampak pada semakin profesionalnya kinerja personil, dan tentu saja mampu mengoptimalkan kinerja jajaran BPBD dalam upaya menanggulangi musibah kebakaran di Tanbu, sebagai wujud pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat", kata Mardani.

Untuk penempatan dua unit mobil damkar tersebut, Kepala BPBD Tanbu Anwar Salujang melalui Kabid  Pencegahan dan Kesiapsiagaan Abdul Rahim mengatakan pihaknya akan menempatkan satu unit mobil damkar di Kecamatan Simpang Empat. Sedangkan dua unit lagi masih dilakukan pengkajian dan analisa di wilayah mana ditempatkan, dengan mempertimbangkan indikator kepadatan penduduk dan potensi terjadinya bencana.

Hingga saat ini, jumlah armada damkar yang dimiliki oleh BPBD Tanbu dengan tambahan dua unit yang baru berjumlah 10 unit yang ditempatkan di Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Batulicin, Kecamatan Kusan Hilir, dan Kecamatan Satui, dengan didukung jumlah personil sebanyak  66 orang.

Selain penambahan armada, dalam rangka mengantisipasi kondisi dan sebagai bagian dari kesiapsiagaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana di daerah Pemkab Tanbu melalui BPBD Tanbu juga menggelar serangkaian program pelatihan kepada petugas penanggulangan bencana.

Dengan pelatihan tersebut dimaksudkan juga untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi petugas penaggulangan bencana agar saat terjadi peristiwa bencana mereka sudah siap dan terlatih menghadapi hal-hal tersebut serta memiliki sikap tanggap, cepat, dan akurat dalam penanganan bencana.

“Tiap tahun petugas pemadam kebakaran mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kinerja, profesionalisme dan wawasan mereka sebagai personil damkar daerah,” ujar Abdul Rahim. (Relhum)

 

Hatta Rajasa : Bersyukur, Rajin Belajar, dan Berdoa

Selasa, 27 April 2010 13:06 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
menko_perekonomian_mendapat_buku_istana_anak_yatim_yang_diberikan_oleh_anak_yatim_piatu_di_istana_anak_yatim.jpgBATULICIN - Menteri Bidang Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa bersama rombongan tiba dibandara Bersujud sekitar jam 10.00 wita. Kedatangan menteri disambut oleh Bupati Tanah Bumbu, Kapolres Tanbu, Wabup, Sekda, serta Pejabat Pemkab Tanbu, tokoh agama, masyarakat, dan tokoh pemuda, Minggu (25/4) pagi. Setibanya turun dari pesawat, Menteri Hatta Rajasa disambut dengan payung hadrah dan rebbana dari pelajar Darul Azhar.
Selengkapnya...
 

RIBUAN UMAT HINDU TANBU DAN KOTABARU RAYAKAN HARI MELASTI

Selasa, 06 April 2010 06:17 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
melasti.jpgBATULICIN - Diperkirakan tak kurang dari 7 ribu umat Hindu Dharma memenuhi pantai Desa Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban Tanah Bumbu, Sabtu (13/3).Keberadaan umat Hindu dari berbagai pelosok wilayah Tanah Bumbu itu guna merayakan Hari Melasthi. Menurut I Ktut Suwidhan atau Mangku Gde, Ketua Paruman Bhinanika Kabupaten Tanah Bumbu, Hari Melasthi merupakan perayaan menyambut Tahun Baru Saka 1933.
Selengkapnya...
 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|