Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:1888 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1540 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:1284 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Tanbu Kembali Meraih Penghargaan LAKIP

Kamis, 03 April 2014 07:51 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

- Nilai evaluasi naik

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) kembali menerima penghargaan Laporan Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan dan RB RI).

Sebelumnya pada tahun 2013 yang lalu, Pemkab Tanbu juga berhasil meraih penghargaan yang sama untuk penilaian LAKIP tahun 2012. Dan penghargaan keduakalinya ini merupakan penilaian LAKIP yang dilakukan Kemenpan dan RB tahun 2013 lalu.

“Dengan penghargaan LAKIP dua tahun berturut-turut, sudah barang tentu hal ini merupakan prestasi yang harus kita syukuri bersama. Dan saya harap, dengan prestasi itu mampu menjadikan kita semua dari jajaran Pemkab Tanah Bumbu untuk lebih bekerja keras dan professional dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai pelayan publik”, pesan Bupati Tanbu Mardani H. Maming.

Ditambahkan Mardani, dengan penghargaan yang berhasil tertorehkan tersebut, kedepan ia mengharapkan akan ada progres kemajuan yang terus menanjak.

Di mana hal itu dapat dilihat tren yang sudah ada, yakni pada penilaian LAKIP tahun 2012 Tanbu berhasil mendapatkan predikat CC dengan nilai 50,02 dan pada penilaian tahun 2013 naik predikat dengan penilaian CC dengan nilai 50, 27, atau naik 0,25 persen.

Sementara Kabag Organisasi Setda M. Yusri, selain Tanbu, dari 13 kabupaten/kota yang ada di Kalsel ada tujuh kabupaten yang mendapat penghargaan LAKIP 2013 dengan predikat CC.  Untuk Tanbu sendiri, dalam penilaian LAKIP tahun 2013 yang dilakukan oleh Kemenpan dan RB berhasil mendongkrak poin indikator penilaian 0,25 persen dari hasil indicator penilaian tahun sebelumnya.

Sistem penilaian LAKIP pada dasarnya dilakukan atas 27 sasaran strategis yang harus dicapai pemerintah daerah berdasarkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), sambung Yusri.

Dari hasil pengukuran27 sasaran strategis  itulah pada akhirnya diperoleh capaian kinerja rata-rata sehingga Pemkab Tanbu layak dinyatakan masuk kategori berhasil.

Atau dengan kata lain, perbandingan antara target program yang hendak dicapai dan realisasi indikator sasaran kinerja Pemkab Tanbu menunjukkan korelasi dan sinergisitas yang baik, oleh sebab itulah dari penilaian yang dilakukan oleh Kemenpan dan Reformasi Birokrasi, Pemkab Tanbu dinyatakan berhasil.

“Peningkatan  persentase indikator penilaian tersebut setidaknya menjadi tanda meningkatnya progres pengelolaan laporan akuntabilitas kinerja jajaran Pemkab Tanah Bumbu.

Atau dengan kata lain, progress capaian realisasi program dari tahun ke tahun mengalami peningkatan kualitas .

Karenanya ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan bersama sehingga pada masa-masa yang akan datang akan lebih meningkat lagi”, kata Yusri.

Oleh karenanya, ia berharap masing-masing SKPD yang ada harus mampu mendorong peningkatan kualitas kinerja birokrasi di jajaran masing-masing, dengan indikator semakin membaiknya kualitas pelayanan publik.

Dengan demikian, nantinya progres capaian kinerja masing-masing SKPD  menjadi out put kolektif dari peningakatan kualitas akuntabilitas kinerja pemerintah daerah.

Dari progres pengelolaan akuntabilitas kinerja jajaran pemerintah daerah yang terimplementasi melalui pengelolaan sistem brokrasi yang akuntabel sambungnya, menunjukan adanya keselarasan antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan proyeksi Rencana Strategis (Renstra) Daerah  yang dilaksanakan oleh seluruh instansi Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemkab  Tanbu. (relhum)

 

Wabup Buka Lomba Pekan Muharram

Selasa, 30 November 2010 11:55 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF

10_peletakan_batu_pertama_pembangunan_smp_islam_terpadu.jpgBATULICIN -  Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Difriadi Darjat membuka membuka pekan muharram tahun 2010 yang dilaksanakan oleh pondok pesantren asmaul husna, minggu (28/11) di Jalan Sempurna Desa Barokah Kecamatan Simpang Empat.Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 28 Nopember – 3 Desember 2010 tersebut dalam rangka menyambut tahun baru islam dan menyemarakkan bulan muharram.

Selengkapnya...
 

Meriahkan HUT Tanbu Ke 10, Pemkab Gelar Festival Lagu Nostalgia

Jumat, 19 April 2013 03:06 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

BATULICIN - Meriahkan HUT Tanbu Ke 10, Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar festival lagu nostalgia khusus bagi jajaran pegawai Pemkab Tanbu.

Sebanyak 192 peserta yang merupakan pegawai Pemkab Tanbu dari eselon II hingga staf unjuk kebolehan dalam lomba tarik suara menyanyikan lagu-lagu nostalgia yang hit di era tahun 70an hingga tahun 80an.

Dihadapan tiga juri, selama tiga hari dari tanggal 16 April hingga 18 April 2013 peserta bergantian membawakan lagu pilihannya yang sudah disediakan panitia.

Ketua Panitia Penyelenggara Bakhriansyah, mengatakan, dilaksanakannya festival lagu nostalgia antar pegawai Pemkab Tanbu itu tak lain dalam rangka memeriahkan HUT Tanbu ke 10, sekaligus juga sebagai media silaturahmi dan untuk memupuk rasa kebersamaan antar jajaran pegawai Pemkab Tanbu.

"Untuk itu kami dari panitia berharap even yang sama dapat digelar pada tahun-tahun mendatang", kata Bakhriansyah kemarin.

Ini karena pada pelaksanaan perdana pada tahun ini ternyata respon pegawai sangat besar yang diketahui dari banyaknya peserta yang mengikuti even festival tersebut.

Dengan besarnya antusiasisme jajaran pegawai Pemkab Tanbu itu maka sangat memungkinkan festival lagu nostalgia bagi jajaran pegawai Pemkab Tanbu itu dijadikan agenda tahunan pada peringatan HUT Tanbu.

"Jumlah peserta sebanyak 192 orang yang terdiri dari para pejabat eselon II, III, IV dan para staf. Dan untuk hadiah sendiri kami dari panitia sudah menyiapkan tropi dan piagam serta hadiah hiburan", pungkas Bakhriansyah.

Sementara Sekretaris Daerah Tanbu Gusti Hidayat dalam sambutannya usai pengumuman pemenang yang dibacakan salah satu juri festival pada Jum'at (19/4) mengatakan, dengan suksesnya pelaksanaan festival lagu nostalgia yang digelar dalam rangka HUT Tanbu ke 10 tersebut, maka pemerintah daerah akan menjadikan even itu menjadi even tahunan yang digelar pada HUT Tanbu dimasa mendatang.

"Ternyata respon dari jajaran pemkab sangat luar biasa, banyak bakat-bakat terpendam dari pegawai Pemkab Tanbu. Untuk itu even yang sama kita upayakan dapat dilangsungkan pada tahun-tahun mendatang", ujar Gusti Hidayat. (rel/humas setda)

 

PKK Tanbu Latih Ibu Hamil Melahirkan Secara Aman

Rabu, 19 Januari 2011 08:15 Humas Berita - PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF

BATULICIN – TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan PT Arutmin Tambang Batulicin melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Kelas Ibu Hamil Kesehatan untuk meningkatkan umur harapan hidup, menurunkan angka kematian bayi dan menurunkan angka kematian ibu, Selasa (18/1) di Sekretariat PKK Kab. Tanah Bumbu, Kapet, Simpang Empat.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kab. Tanah Bumbu Hj. Erwinda dengan didampingi Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming.

Ketua Panitia, Narni Anwar S mengatakan adapun tujuan kegiatan ini adalah peserta diharapkan mampu menjelaskan pengertian buku KIA, menjelaskan manfaat buku KIA, menjelaskan pengunaan buku KIA, menjelaskan tentang kelas ibu hamil, dan mampu melaksanakan kelas ibu hamil.

Sedangkan peserta terdiri dari dari dua macam, yaitu sosialisasi kelas ibu hamil sebanyak 40 orang terdiri dari TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, serta Bidan Koordinator Puskesmas. Sedangkan pelatihan ibu hamil peserta sebanyak 25 orang terdiri dari Kader, Bidan Desa, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa. Adapun narasumber pada pelatihan tersebut yaitu dari Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan

“mereka yang mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan bisa memberikan penjelasan dan mengetahui apa saja persiapan untuk melahirkan secara aman yang nantinya akan disosialisasikan dan praktekkan kepada masyarakat melalui kelas ibu hamil” ujarnya narni.

Manfaat dari dilaksanakannya kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini agar peserta nantinya bisa mengetahui bagaimana hamil dan melahirkan secara aman.

Untuk kelas ibu hamil sendiri, ujar Narni Anwar S, mereka yang mengkuti kelas tersebut nantinya akan diberi pembelajaran berupa mengenal alat-alat reproduksi, mengenal tanda-tanda kehamilan normal, mengenal tanda-tanda kehamilan beresiko, persiapan apa saja yang dilakukan saat hamil dan melahirkan, serta mempersiapkan melahirkan secara aman dan nyaman.

Peserta untuk kelas ibu hamil nanti bisa dimulai dari usia 3 bulan dan akan dilaksanakan setiap minggu. Selain kelas ibu hamil juga akan ada kelas ibu balita, yaitu kelanjutan dari pembelajaran pelatihan ibu hamil.

Dengan kelas ibu hamil ini kita berharap dapat mensuskseskan program pemerintah dan menyelamatkan ibu dan bayi. Karena sekitar 20 persen adalah kehamilan dengan resiko tinggi melahirkan, dan 7 persen komplikasi dan harus ditangani dirumah sakit berupa operasi cesar.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini begitu penting dalam rangka peningkatan pembangunan dibidang kesehatan. Bupati pun juga meminta agar peserta betul-betul menyimak pembelajaran yang diberikan.

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah daerah mempunyai program kesehatan yaitu gratis cesar bagi masyarakat tidak mampu.

Namun, program tersebut masih terkendala dengan belum adanya dokter special untuk program tersebut.

Saat ini, kata Bupati, Pemerintah Daerah melakukan kerjasama dengan rumah sakit paradise di Tanbu untuk program tersebut.

“Saya tidak ingin lagi ada ibu-ibu yang meninggal akibat melahirkan karena tidak mampu membayar operasi cesar” ujar Bupati. (rel*)

 

LENSA KEGIATAN PEMERINTAH KABUPATEN TANAH BUMBU

Kamis, 03 April 2014 07:26 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|