Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:1278 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1295 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:1112 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Meriahkan HUT Tanbu Ke 10, Pemkab Gelar Festival Lagu Nostalgia

Jumat, 19 April 2013 03:06 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

BATULICIN - Meriahkan HUT Tanbu Ke 10, Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar festival lagu nostalgia khusus bagi jajaran pegawai Pemkab Tanbu.

Sebanyak 192 peserta yang merupakan pegawai Pemkab Tanbu dari eselon II hingga staf unjuk kebolehan dalam lomba tarik suara menyanyikan lagu-lagu nostalgia yang hit di era tahun 70an hingga tahun 80an.

Dihadapan tiga juri, selama tiga hari dari tanggal 16 April hingga 18 April 2013 peserta bergantian membawakan lagu pilihannya yang sudah disediakan panitia.

Ketua Panitia Penyelenggara Bakhriansyah, mengatakan, dilaksanakannya festival lagu nostalgia antar pegawai Pemkab Tanbu itu tak lain dalam rangka memeriahkan HUT Tanbu ke 10, sekaligus juga sebagai media silaturahmi dan untuk memupuk rasa kebersamaan antar jajaran pegawai Pemkab Tanbu.

"Untuk itu kami dari panitia berharap even yang sama dapat digelar pada tahun-tahun mendatang", kata Bakhriansyah kemarin.

Ini karena pada pelaksanaan perdana pada tahun ini ternyata respon pegawai sangat besar yang diketahui dari banyaknya peserta yang mengikuti even festival tersebut.

Dengan besarnya antusiasisme jajaran pegawai Pemkab Tanbu itu maka sangat memungkinkan festival lagu nostalgia bagi jajaran pegawai Pemkab Tanbu itu dijadikan agenda tahunan pada peringatan HUT Tanbu.

"Jumlah peserta sebanyak 192 orang yang terdiri dari para pejabat eselon II, III, IV dan para staf. Dan untuk hadiah sendiri kami dari panitia sudah menyiapkan tropi dan piagam serta hadiah hiburan", pungkas Bakhriansyah.

Sementara Sekretaris Daerah Tanbu Gusti Hidayat dalam sambutannya usai pengumuman pemenang yang dibacakan salah satu juri festival pada Jum'at (19/4) mengatakan, dengan suksesnya pelaksanaan festival lagu nostalgia yang digelar dalam rangka HUT Tanbu ke 10 tersebut, maka pemerintah daerah akan menjadikan even itu menjadi even tahunan yang digelar pada HUT Tanbu dimasa mendatang.

"Ternyata respon dari jajaran pemkab sangat luar biasa, banyak bakat-bakat terpendam dari pegawai Pemkab Tanbu. Untuk itu even yang sama kita upayakan dapat dilangsungkan pada tahun-tahun mendatang", ujar Gusti Hidayat. (rel/humas setda)

 

Pemkab Tanbu Raih Penghargaan LAKIP Dari Menpan RB

Selasa, 01 April 2014 23:47 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) berhasil meraih penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan dan RB RI) sebagai salah satu daerah di Indonesia dibidang sistem Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2012.

Penghargaan itu sendiri diberikan langsung  oleh Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar  setelah sebelumnya dilakukan penilaian implementasi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah untuk tahun 2012 yang dirilis pada tahun 2013 yang lalu.

"Ada 4 kabupaten/kota di Provinsi Kalsel yang mendapatkan predikat berhasil dalam pengelolaan  LAKIP terbaik dari pihak Menpan, salah satunya adalah Kabupaten Tanah Bumbu," sebut  Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten  Tanbu, M. Yusri, S.Sos kemarin, seraya menambahkan, dalam penilaian Kemenpan dan Reformasi Birokrasi  Tanbu berhasil memperoleh predikat CC.

Predikat CC itu sendiri merupakan penghargaan yang pertama kalinya mampu diraih Pemkab Tanbu setelah pada penilaian sebelumnya hanya mampu mendapatkan predikat nilai C.

“Kemenpan dan Reformasi Birokrasi sendiri melakukan penilaian akuntabilitas kinerja pemerintah daerah setiap tahunnya. Dan pada perkembangannya, dari laporan LAKIP Pemkab Tanbu setiap tahunnya mengalami perbaikan dan peningkatan progres positif, hingga akhirnya predikat kita naik dari C menjadi CC”, ungkap Yusri,

Sistem dan metode pengukuran kinerja pemerintah daerah beber Yusri lagi, pada dasarnya dilakukan atas 27 sasaran strategis yang harus dicapai pemerintah berdasarkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Dari hasil pengukuran itulah pada akhirnya diperolehlah capaian kinerja rata-rata Pemkab Tanbu sebesar 84,82 % sehingga dinyatakan masuk kategori berhasil.

Atau dengan kata lain, perbandingan antara target program yang hendak dicapai dan realisasi indikator sasaran kinerja Pemkab Tanbu oleh Kemenpan dan Reformasi Birokrasi dinyatakan berhasil.

Dengan keberhasilan yang sudah diraih Pemkab Tanbu tersebut Bupati Mardani H Maming menyambut baik dengan raihan prestasi itu hingga kemudian berhasil mendapatkan penghargaan dari Menpan dan Reformasi Birokrasi. Menurutnya ini menjadi indikator penting bahwa kinerja pemerintah daerah dibawah kepemimpinannya dari tahun ketahun mengalami perbaikan kualitas.

''Ini pertama kalinya akuntabilitas kinerja kita mendapat penilaian terbaik dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Prestasi ini tentunya harus kita jadikan sebagai dorongan motivasi dan spirit untuk lebih meningkatkan kita sebagai pelayan publik,” kata Bupati Mardani H Maming.

Karenanya Mardani berharap, dengan prestasi tersebut kedepan jajaran pemerintah daerah harus  mampu mempertahankan prestasi itu dan terus berupaya meningkatkan kinerja sehingga prestasi yang mampu diraih tersebut juga memberikan dampak bagi peningkatan kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud.

Penilaian LAKIP yang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kemenpan dan Reformasi Birokrasi  jelas Mardani, hakekatnya merupakan mekanisme penilaian wajar dari pemerintah pusat terhadap kinerja pemerintah daerah.

Pasalnya, tanpa adanya penilaian itu pemerintah daerah harus senantiasa meningkatkan kinerjanya, karena itu sudah menjadi tanggungjawab jajaran pemerintah daerah sebagai pelayan publik. (relhum).

 

PKK Tanbu Latih Ibu Hamil Melahirkan Secara Aman

Rabu, 19 Januari 2011 08:15 Humas Berita - PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF

BATULICIN – TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan PT Arutmin Tambang Batulicin melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Kelas Ibu Hamil Kesehatan untuk meningkatkan umur harapan hidup, menurunkan angka kematian bayi dan menurunkan angka kematian ibu, Selasa (18/1) di Sekretariat PKK Kab. Tanah Bumbu, Kapet, Simpang Empat.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kab. Tanah Bumbu Hj. Erwinda dengan didampingi Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming.

Ketua Panitia, Narni Anwar S mengatakan adapun tujuan kegiatan ini adalah peserta diharapkan mampu menjelaskan pengertian buku KIA, menjelaskan manfaat buku KIA, menjelaskan pengunaan buku KIA, menjelaskan tentang kelas ibu hamil, dan mampu melaksanakan kelas ibu hamil.

Sedangkan peserta terdiri dari dari dua macam, yaitu sosialisasi kelas ibu hamil sebanyak 40 orang terdiri dari TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, serta Bidan Koordinator Puskesmas. Sedangkan pelatihan ibu hamil peserta sebanyak 25 orang terdiri dari Kader, Bidan Desa, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa. Adapun narasumber pada pelatihan tersebut yaitu dari Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan

“mereka yang mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan bisa memberikan penjelasan dan mengetahui apa saja persiapan untuk melahirkan secara aman yang nantinya akan disosialisasikan dan praktekkan kepada masyarakat melalui kelas ibu hamil” ujarnya narni.

Manfaat dari dilaksanakannya kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini agar peserta nantinya bisa mengetahui bagaimana hamil dan melahirkan secara aman.

Untuk kelas ibu hamil sendiri, ujar Narni Anwar S, mereka yang mengkuti kelas tersebut nantinya akan diberi pembelajaran berupa mengenal alat-alat reproduksi, mengenal tanda-tanda kehamilan normal, mengenal tanda-tanda kehamilan beresiko, persiapan apa saja yang dilakukan saat hamil dan melahirkan, serta mempersiapkan melahirkan secara aman dan nyaman.

Peserta untuk kelas ibu hamil nanti bisa dimulai dari usia 3 bulan dan akan dilaksanakan setiap minggu. Selain kelas ibu hamil juga akan ada kelas ibu balita, yaitu kelanjutan dari pembelajaran pelatihan ibu hamil.

Dengan kelas ibu hamil ini kita berharap dapat mensuskseskan program pemerintah dan menyelamatkan ibu dan bayi. Karena sekitar 20 persen adalah kehamilan dengan resiko tinggi melahirkan, dan 7 persen komplikasi dan harus ditangani dirumah sakit berupa operasi cesar.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini begitu penting dalam rangka peningkatan pembangunan dibidang kesehatan. Bupati pun juga meminta agar peserta betul-betul menyimak pembelajaran yang diberikan.

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah daerah mempunyai program kesehatan yaitu gratis cesar bagi masyarakat tidak mampu.

Namun, program tersebut masih terkendala dengan belum adanya dokter special untuk program tersebut.

Saat ini, kata Bupati, Pemerintah Daerah melakukan kerjasama dengan rumah sakit paradise di Tanbu untuk program tersebut.

“Saya tidak ingin lagi ada ibu-ibu yang meninggal akibat melahirkan karena tidak mampu membayar operasi cesar” ujar Bupati. (rel*)

 

Pesantren Bersujud Dilaksanakan Sebulan Sekali

Selasa, 30 November 2010 11:08 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
7_wakil_bupati_h._difriadi_darjat_saat_mengawali_kegiatan_pesantren_bersujud_di_masjid_agung_nurussalam_batulicin.jpgBATULICIN – Untuk meningkatkan iman dan taqwa serta pembinaan mental spiritual, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Honorer Pemkab. Tanah Bumbu melaksanakan kegiatan Pesantren Bersujud. Kegiatan keagamaan yang dipusatkan di Masjid Agung Nurussalam, Gunung Tinggi tersebut dilaksanakan satu bulan sekali, yaitu setiap hari Jumat pada minggu pertama
Selengkapnya...
 

Meriahkan HUT Tanbu Ke 10 BAT Gelar Even Lost In South Borneo

Kamis, 18 April 2013 03:20 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

BATULICIN - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang ke 10, Pemkab Tanbu  melalui beberapa club trail dibawah naungan club BAT (Bupati Adventure Trail) mengadakan even adventure trail bertajuk LOST IN SOUTH BORNEO - Lincai Bahabis.

Menurut Ketua BAT yang juga Bupati Tanbu Mardani H. Maming, even yang digelar selama dua hari mulai tanggal 20 April dan berahkir pada tanggal 21 April 2013 itu dilaksanakan juga dalam rangka untuk mempererat tali silaturahmi pecinta olah raga adventure trail se- Indonesia.

"Even ini sekaligus pula untuk memperkenalkan Tanah Bumbu dan berbagai potensi yang kita miliki", sebut Mardani.

Pada even itu papar bupati, pihaknya bekerjasama dengan EO Siluet Adventure Malang dan disponsori oleh KTM Motor Sport Indonesia dan didukung oleh PT. Jhonlin Baratama, PT. BBU, PT. BKW dan sejumlah pengusaha.

Dibagian lain Ketua Panitia Rooswandi Saleem menyebutkan, hingga Selasa (16/4) kemarin sebanyak 800 peserta sudah mendaftar. Dari target peserta sebanyak 1.500 peserta, diperkirakan pada hari H pelaksanaan even akan diikuti seribuan peserta.

Dari data yang ada ungkapnya, peserta yang hadir diantaranya berasal dari Medan, Bandung, Jakarta dan Jember. Bahkan rombongan dari Jember terdiri dari kepala daerah dan jajaran pejabat setempat. Selain itu peserta juga berasal dari provinsi tetangga yakni dari Kalteng, Kalbar, dan Kaltim.

Pada even itu papar Rooswandi lagi, panitia mendapatkan dukungan penuh dari Koni Tanbu serta IMI Kalsel, dan mengambil rute start di halaman Hotel Ebony.

Selanjutnya dari titik start peserta menuju etape pertama di lapangan Golf Kodeco, kemudian berlanjut ke etape dua di Desa Karang Bintang, Desa Manuntung, Desa Batu Bahalang, Desa Saring Sungai Binjai, dan finish di Desa Pulau Salak.

"Pada saat rehat di etape pertama para peserta akan dihibur Band Radja dan artis-artis dari luar daerah, dan akan ada pertunjukkan free style dari sponsor KTM Motor", terang Rooswandi.

Selanjutnya dilokasi finish imbuhnya, panitia juga akan menghadirkan hiburan bagi masyarakat dan peserta yang sudah mencapai finish.

Untuk diketahui pula, pada even adventure trail bertajuk LOST IN SOUTH BORNEO - Lincai Bahabis gelaran BAT tersebut panitia mematok biaya pendaftarah dengan ketentuan tahap 1 sampai dengan bulan Maret sebesar Rp. 500ribu, dan tahap ke 2 pendaftaran pada tanggal 1 April sampai dengan 20 April sebesar Rp.600ribu.

Untuk menyemarakkan acara, panitia juga menyediakan hadiah bagi para pemenang berupa 3 unit motor trail KTM terbaru dan doorprice  beberapa unit peralatan elektronik. (rel/humas setda)

 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|