Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:390 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:933 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:821 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Kesejahteraan Kades Harus Sinergis Dengan Peningkatan Pelayanan Masyarakat

Senin, 04 Maret 2013 01:38 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

Batulicin - Peningkatan kesejahteraan Kepala Desa (Kades) yang terus didorong pemerintah daerah harus bersinergi dengan peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

 Jika tidak, maka upaya peningkatan kesejahteraan Kades yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan harapan akan berdampak pada peningkatan kualitas dan kuantitas fungsi-fungsi pelayanan publik menjadi sulit dicapai. 

"Sebenarnya esensi pokoknya begitu, bahwa peningkatan kesejahteraan Kades yang kita dorong itu harus mampu bersinergi dengan langkah peningkatan kesejahteraan dan peningkatan fungsi-fungsi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kades dan jajarannya", kata Bupati Tanbu Mardani H. Maming usai menyerahankan bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) secara simbolis kepada sejumlah Kepala Desa se- Tanbu di Gedung Mahligai Bersujud, Kapet Batulicin, Selasa (25/2) pekan lalu.

 Kades dan jajarannya sebagai  pelayanan publik di tingkat desa bukan satu-satunya pihak yang harus diperhatikan kesejahteraannya oleh pemerintah daerah. Masih ada pihak lain, dan ini juga menjadi tanggungjawab pemerintah daerah untuk diperbaiki kualitas kesejahteraannya melalui fungsi dan peran jajaran pemerintahan desa. 

"Dan esensi pokok dari program itu adalah bagaimana dengan peningkatan kesejahtetaan jajaran pemerintahan desa itu akan berdampak nyata terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas fungsi-fungsi pelayanan publik yang dilakukan oleh jajaran pemerintahan desa", kata Mardani.

 Yang pada gilirannya imbuh bupati, dengan  sinergisitas yang ada itu akan berkorelasi pada peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat. 

Untuk itulah papar Mardani, Kades dan jajarannya harus terus bekerja keras dan memaksimalkan peran dan fungsinya sebagai pelayanan publik.

"Namun begitu, kesejahteraan yang kita maksudkan bukan berarti kesejahteraan yang identik dengan gaya hidup yang bermewah-mewah, akan tetapi lebih bersifat realistis, dengan begitu Kades akan mampu memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan keluarganya", sebut bupati. Melalui bantuan ADD, Kades diharapkan mampu semaksimal mungkin memanfaatkanya untuk menunjang program kerja pemerintahannya sekaligus memproyeksikannya sebagai dana stimulan pembangunan masyarakat di wilayahnya masing-masing. 
Ditempat yang sama, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Tanbu, Jhon Fernandus mengatakan, penyaluran ADD tahun 2013 ini jumlahnya tidak disamakan untuk masing-masing desa sebagaimana tahun sebelumnya.
 
Penyaluran ADD untuk masing-masing desa diatur oleh pemerintah daerah menjadi lebih porposional. 

Di mana besaran alokasi dana yang diterima masing-masing desa didasarkan pada estimati data  jumlah penduduk, luas wilayah, dan jarak tempuh masing-masing desa dengan pusat Kabupaten.
 Berdasarkan kategori tersebut, diharapkan proses pelaksanaan fungsi-fungsi pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintahan desa bisa berjalan maksimal.  

Pasalnya dengan ketentuan yang terimplementasi pada tahun-tahun sebelumnya, wilayah desa yang ada dipusat kabupaten atau kecamatan relatif bisa memaksimalkan pelayanan, namun desa-desa yang jauh dari pusat kabupaten atau kecamatan menjadi sebaliknya.

 "Dengan kata lain, dengan ketentuan yang ada saat ini, jumlah dana ADD yang diterima masing-masing desa menjadi bervariasi. Dan dengan ketentuan baru itu pemerintah daerah berharap semua desa mampu berdinamika secara beriringan", kata Jhon seraya menambahkan, besaran dana ADD yang disalurkan untuk desa-desa dalam wilayah Tanbu bervariasi, dari angka terkecil sebesar Rp.140 juta dan maksimal sekitar Rp. 400 juta. (rel/hum).

 

Tanbu Bakal Miliki RTH Kota

Senin, 04 Maret 2013 01:27 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

Batulicin - Tidak lama lagi, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) bakal memiliki fasilitas Ruang Terbuka Hijau (RTH) di pusat kota kabupaten.

Selengkapnya...
 

Tanbu Gratiskan Pelayanan KB

Selasa, 19 Februari 2013 16:06 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) pada tahun 2013 menggratiskan biaya pelayanan KB (Keluarga Berencana) bagi warga Bumi Bersujud.

Selengkapnya...
 

Jaga Terumbu Karang, Pemkab Berdayakan Kelompok Pelestari

Rabu, 27 Februari 2013 03:06 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

Batulicin - Banyak cara yang ditempuh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) dalam mengupayakan pelestarian ekosistem terumbu karang sebagai aset biota laut daerah.



Selengkapnya...
 

Peringatan Hari Pahlawan 7 Pebruari Pagatan Lebih Semarak Dengan Parade Pakaian Adat dan Pejuang

Senin, 11 Februari 2013 15:08 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

Batulicin - Peringatan Hari Pahlawan 7 Pebruari Pagatan yang diperingati setiap tanggal 7 Pebruari Pagatan pada tahun ini sedikit berbeda dan lebih semarak jika dibandingkan dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya.

Selengkapnya...
 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|