Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:3108 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:2400 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:1617 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Jadwal Hiburan Mappretasi Tahun 2014

Sabtu, 05 April 2014 10:54 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

 

Berikut urain kegiatan  yang akan memeriahkan acara adat Mappanretasi :

 

NO
TANGGAL

URAIAN KEGIATAN
JADWAL
1.

12 April 2014

- Pembukaan Pameran

- Pesta Kembang Api

- Artis Dangdut Ibukota Nabila Gomes

Malam Hari
2.
13 April 2014
Artis Dangdut Intan Sariyem
Malam Hari
3.
14 April 2014
Artis Dangdut New Trio Macan
Malam Hari
4.
15 April 2014

- Pentas Seni Musik Akustik dan Musik Kalisasi Puisi

- Singing of SKPD

Malam Hari
5.
16 April 2014

- Papat Band asal Malang

- Grand Final Duta Wisata Tanah Bumbu

Malam Hari
6.
17 April 2014 Ustadz Ibukota - Arifin Ilham
Malam Hari
7.
18 April 2014 Artis Ibukota Bela Sofie / Ozie Saputra
Malam Hari
8.
19 April 2014 Wali Band
Malam Hari
9.
20 April 2014 Parade Budaya Daerah
Malam Hari
10.
21 April 2014 Artis Dangdut Duo Virgin
Malam Hari
11.
22 April 2014 Parade Band Tanah Bumbu
Malam Hari
12.
23 April 2014 Artis Danngdut V-trio
Malam Hari
13.
24 April 2014 Ustadz Ibukota ( Ustadz Syech Assegaf Solo )
Malam Hari
14.
25 April 2014 Musik Makacapi
Malam Hari
15.
26 April 2014

- Penutupan Kotak Band

- Pesta Kembang Api

Malam Hari
16.
27 April 2014

- Acara Ritual Adat Mappanretasi

- Parade Kemilau Budaya Bersujud

Pagi Hari
 

Tanah Bumbu Meraih Predikat Opini WTP Dari BPK RI

Rabu, 18 Juni 2014 07:33 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (tanbu), meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas laporan keuangan tahun 2013.

Predikat tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi dalam hal pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah. Penghargaan WTP yang diberikan oleh BPK tersebut merupakan yang pertama kalinya diraih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tersebut ialah hasil pemeriksaan akuntan, terhadap manajemen laporan keuangan dalam suatu periode akuntansi, yang disusun berdasarkan Standart Akuntansi yang diaudit.

Pemerinah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, berharap untuk ke depannya dalam rangka untuk mempertahan predikat opini WTP yang diberikan oleh BPk RI dan untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan Daerah, khususnya pengelolaan dan pertanggung jawaban APBD Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun berikutnya akan lebih baik, karena bukan tidak mungkin pada tahun berikutnya pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak BPK RI akan semakin ketat.

 

BUPATI HIMBAU PEDAGANG JAGA KEBERSIHAN JAJANAN

Rabu, 03 Agustus 2011 12:04 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
dsc00233.jpgBatulicin – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H Maming menghimbau kepada para pedagang yang menjajakan dagangannya agar tetap menjaga kualitas dan kebersihan jajanan yang dijual belikan di pasar wadai Ramadhan.
“Jika kualitas dan kebersihan dapat terjaga, tidak menutup kemungkinan pasar wadai Ramadhan akan menjadi tempat wisata kuliner bagi masyarakat di Tanbu, khususnya di Kecamatan Simpang Empat ini,”ujar Mardani, saat membuka secara resmi pasar wadai Ramadhan di Kelurahan Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat, kemarin.
Selengkapnya...
 

PKK Tanbu Latih Ibu Hamil Melahirkan Secara Aman

Rabu, 19 Januari 2011 08:15 Humas Berita - PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF

BATULICIN – TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan PT Arutmin Tambang Batulicin melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Kelas Ibu Hamil Kesehatan untuk meningkatkan umur harapan hidup, menurunkan angka kematian bayi dan menurunkan angka kematian ibu, Selasa (18/1) di Sekretariat PKK Kab. Tanah Bumbu, Kapet, Simpang Empat.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kab. Tanah Bumbu Hj. Erwinda dengan didampingi Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming.

Ketua Panitia, Narni Anwar S mengatakan adapun tujuan kegiatan ini adalah peserta diharapkan mampu menjelaskan pengertian buku KIA, menjelaskan manfaat buku KIA, menjelaskan pengunaan buku KIA, menjelaskan tentang kelas ibu hamil, dan mampu melaksanakan kelas ibu hamil.

Sedangkan peserta terdiri dari dari dua macam, yaitu sosialisasi kelas ibu hamil sebanyak 40 orang terdiri dari TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, serta Bidan Koordinator Puskesmas. Sedangkan pelatihan ibu hamil peserta sebanyak 25 orang terdiri dari Kader, Bidan Desa, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa. Adapun narasumber pada pelatihan tersebut yaitu dari Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan

“mereka yang mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan bisa memberikan penjelasan dan mengetahui apa saja persiapan untuk melahirkan secara aman yang nantinya akan disosialisasikan dan praktekkan kepada masyarakat melalui kelas ibu hamil” ujarnya narni.

Manfaat dari dilaksanakannya kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini agar peserta nantinya bisa mengetahui bagaimana hamil dan melahirkan secara aman.

Untuk kelas ibu hamil sendiri, ujar Narni Anwar S, mereka yang mengkuti kelas tersebut nantinya akan diberi pembelajaran berupa mengenal alat-alat reproduksi, mengenal tanda-tanda kehamilan normal, mengenal tanda-tanda kehamilan beresiko, persiapan apa saja yang dilakukan saat hamil dan melahirkan, serta mempersiapkan melahirkan secara aman dan nyaman.

Peserta untuk kelas ibu hamil nanti bisa dimulai dari usia 3 bulan dan akan dilaksanakan setiap minggu. Selain kelas ibu hamil juga akan ada kelas ibu balita, yaitu kelanjutan dari pembelajaran pelatihan ibu hamil.

Dengan kelas ibu hamil ini kita berharap dapat mensuskseskan program pemerintah dan menyelamatkan ibu dan bayi. Karena sekitar 20 persen adalah kehamilan dengan resiko tinggi melahirkan, dan 7 persen komplikasi dan harus ditangani dirumah sakit berupa operasi cesar.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini begitu penting dalam rangka peningkatan pembangunan dibidang kesehatan. Bupati pun juga meminta agar peserta betul-betul menyimak pembelajaran yang diberikan.

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah daerah mempunyai program kesehatan yaitu gratis cesar bagi masyarakat tidak mampu.

Namun, program tersebut masih terkendala dengan belum adanya dokter special untuk program tersebut.

Saat ini, kata Bupati, Pemerintah Daerah melakukan kerjasama dengan rumah sakit paradise di Tanbu untuk program tersebut.

“Saya tidak ingin lagi ada ibu-ibu yang meninggal akibat melahirkan karena tidak mampu membayar operasi cesar” ujar Bupati. (rel*)

 

Mengabdi sebagai bidan desa sekaligus pengajar di Desa Danau Indah

Kamis, 03 April 2014 07:11 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

Fransisca Dapat Kendaraan Roda Dua Dari Mardani
- Mengabdi sebagai bidan desa sekaligus pengajar di Desa Danau Indah

BATULICIN – Raut wajah Fransisca Wulandari, Amd, Keb (27) bidan desa yang bertugas di Desa Danau Indah Kecamatan Batulicin nampak berseri-seri. Bagaimana tidak, harapannya untuk memiliki kendaraan roda dua terwujud sudah.

Senin (17/3) ia sengaja diundang oleh Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H. Maming untuk berhadir pada apel Senin di halaman Kantor Bupati untuk menerima bantuan satu unit kendaraan roda dua.

Menurut Mardani, ia memberikan satu unit kendaraan roda dua kepada Fransisca karena yang bersangkutan mempunyai dedikasi dan pengabdian yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakat Desa Danau Indah.

Sebagai bidan desa, Fransisca yang lahir di Madiun Jatim, 15 Oktober 1987 telah mengabdikan waktu dan pikirannya kepada warga desa setempat dengan sepenuh hati. Dari keterangan warga, dalam memberikan pelayanan kepada warga Fransisca tak mengenal waktu. Baginya pengabdiannya adalah sepanjang waktu. Karenanya tak jarang, ia harus memberikan pelayanan kepada warga pada tengah malam dan dini hari.

Yang menarik perhatian Mardani hingga akhirnya Fransisca diberikan penghargaan hadiah kendaraan roda dua, selain mengabdikan diri sebagai bidan desa ia juga menjadi pengajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sekaligus menjadi pengajar keaksaraan fungsional dengan memberikan pengajaran baca tulis bagi sejumlah orang dewasa yang terdiri dari ibu rumah tangga, kepala keluarga dan remaja yang buta aksara.

”Karena dedikasi dan pengabdian beliau itulah yang kemudian menjadi alasan saya untuk memberikan penghargaan dengan memberikan kendaraan roda dua”, sebut Mardani dihadapan peserta apel.

Dengan potret pengabdian yang sudah dilakukan Fransisca, Mardani menghimbau kepada jajarannya untuk bisa mencontoh dan meneladani kiprah sosial yang sudah dijalani Fransisca di Desa Danau Indah. Dengan berbekal profesinya sebagai seorang bidan, Fransisca mampu memposisikan diri sebagai pembaharu dunia pendidikan di wilayah desa yang sebelumnya tingkat pendidikan warganya relatif masih rendah.

Diungkapkan Fransisca usai menerima hadiah satu unit kendaraan roda dua dari orang nomor satu di Bumi Bersujud, awal Januari 2013 ia mengawali kiprahnya sebagai bidan di Desa Danau Indah. Pada perjalannya, ia melihat masih ada anak usia sekolah yang tidak bersekolah. Bahkan dari penelusurannya, ia mendapati masih banyak warga yang ternyata buka aksara alias buta huruf.

Awalnya ia agak takut dan khawatir  untuk menawarkan diri sebagai pengajar bagi anak usia sekolah  yang tak bersekolah karena bisa saja tawarannya itu ditolak mentah-mentah warga setempat. Namun berkat dorongan dan dukungan Kepala Desa Danau Indah M.Said, ia membulatkan hati untuk menjadi pengajar diluar kesibukannya sebagai bidan desa.

“Niat itu muncul secara tiba-tiba ketika saya mendapati anak usia sekolah yang tak bersekolah. Dan niat serta keinginan untuk memberikan pengajaran membaca dan menulis itu semakin besar setelah adanya dukungan kepala desa dan jajarannya serta warga setempat. Di sana rata-rata warganya hanya lulusan sekolah dasar, itupun jika mereka memang sekolah, jika tidak mereka dipastikan buta huruf,” ungkap Fransisca yang merupakan alumnus D III Kebidanan Akbid Dharma Husada Kediri, Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur dan lulus tahun 2008 yang lalu.

Diungkapkannya, dari pengabdiannya sebagai pengajar, setidaknya saat ini telah terhimpun sebanyak 30 anak usia sekolah dasar, dan lansia sebanyak satu paket berjumlah 20 orang, yang kini sudah dinyatakan lulus, dan sudah mampu membaca dan menulis.

Dengan profesi gandanya itu, kata Fransisca, ia  harus bisa membagi waktu dengan cermat. Pada hari Senin hingga Kamis pukul 08.00 hingga 10.00 ia mengajar untuk PAUD, dan pada hari Jum’at dan Sabtu dari pukul 08.00 hingga pukul 10.00 ia mengajar bagi siswa keaksaraan fungsional.

“Intinya harus ikhlas dan bekerja dengan hati. Dan yang utama saya harus pandai-pandai mengatur waktu antara menjalankan tugas sebagai bidan dan waktu saya mengajar”, ujar Fransisca yang juga pernah pengabdi selama satu tahun sebagai bidan desa di Kecamatan Mantewe tanpa digaji. (Relhum)

 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|