Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:1885 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1536 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:1283 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Inkai Tanbu Harumkan Kalsel Ditingkat Nasional

Kamis, 01 Maret 2012 11:46 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF

Batulicin – Ikatan Karate Indonesia (Inkai) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) meraih juara 3 ditingkat Nasional pada Kejuaraan Nasional Open SBY Cup dan Skoci 989 yang dilaksanakan di Jakarta 17 – 19 Pebruari 2012 beberapa waktu yang lalu.
Hasil yang membanggakan dan mengharumkan nama Propinsi Kalimantan Selatan ditingkat Nasional tersebut disambut dengan gembira oleh bupati Tanbu Mardani H Maming, saat menerima kedatangan puluhan Atlet Karate Inkai  untuk bersilaturahmi dengan orang nomor satu di Bumi Bersujud di Kediaman Bupati, Selasa (28/2/2012) di Batulicin.

Selengkapnya...
 

Pemkab Siap Fasilitasi Pertemuan Lanjutan Antara Warga dan PT KAM

Jumat, 07 Maret 2014 02:03 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

-Terkait Sengketa Lahan Antara Warga dan PT KAM

BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) siap memfasilitasi pertemuan lanjutan antara warga dan PT KAM menyusul tidak ditemukannya kesepakatan pada pertemuan, Rabu (8/1) lalu.


Pertemuan yang dilangsungkan di ruang rapat bupati itu sendiri berlangsung seperti yang sudah dijanjikan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H Maming, pemerintah daerah akan membantu memfasilitasi pertemuan antara warga dengan manajemen PT KAM (Kodeco Agrojaya Mandiri), untuk mengupayakan penyelesaian masalah sengketa lahan yang melibatkan kedua belah pihak.

Janji itupun dipenuhi Mardani seperti tenggat waktu yang sudah disampaikannya kepada warga pendemo pada Kamis (19/12) tahun 2013 yang lalu, dimana pemerintah daerah akan mempertemukan kedua belah pihak pada tanggal 8 Januari 2014.


“Seperti yang sudah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu bahwa kami dari pemerintah daerah akan mengundang warga pada hari ini tanggal 8 Januari 2014. Dan seperti sudah kami sampaikan pada waktu itu, agar pertemuan yang kita laksanakan bisa melahirkan solusi atau pemecahan masalah yang baik kami meminta agar warga membawa bukti-bukti otentik yang dimungkinkan bisa menjadi referensi  legalitas," papar Mardani dihadapan warga serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) yang turut hadir pada pertemuan.


Sayangnya sambung bupati, pada pertemuan itu masih ada warga yang tak membawa data dukung kepemilikan lahan yang dipersengketakan, sehingga tidak ada kesepakatan yang bisa dijadikan landasan bagi pihaknya untuk menetapkan langkah selanjutnya. Padahal paparnya, dengan data dukung legalitas itulah pemerintah daerah dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanbu bisa memverifikasi validitas legalitas lahan yang dimiliki masing-masing warga.


“Untuk itu kami minta pertemuan ulang, dan kita jadwalkan pada tanggal 15 Januari mendatang," ujar Mardani seraya menegaskan, agar pada pertemuan nantinya tak ada lagi warga yang tidak membawa data dukung kepemilikan lahan baik berupa segel maupun sertifikat.


Dari pemantauan jalannya pertemuan, meski tak memiliki legalitas kepemilikan berupa segel maupun sertifikat, beberapa warga dari 11 desa yang tersebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Batulicin, Kecamatan Kusan Hulu dan Kecamatan Kusan Hilir bersikukuh kalau lahan yang mereka klaim merupakan lahan milik mereka. Pendapat itu didasarkan pada fakta bahwa selama ini mereka telah menggarap lahan itu sebagai lahan pertanian yang mereka garap bertahun-tahun lamanya, dengan bukti fisik berupa tanaman buah, karet dan sejumlah tanaman garapan lainnya.


Sebagai fasilitator kata Mardani lagi, pemerintah daerah sudah barang tentu mengharapkan penyelesaian masalah sengketa lahan yang melibatkan warga dengan PT KAM dapat segera terselesaikan. Oleh karenanya kembali ditegaskan Mardani, Pemkab Tanbu siap memfasilitasi kembali pertemuan antara kedua belah pihak dengan catatan kedua belah pihak harus taat aturan dan bertindak dengan mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.  Untuk itu pemerintah daerah mengharapkan langkah penyelesaian masalah ini tidak ada intervensi dari pihak manapun.


Dibagian lain Bupati Tanbu Mardani H Maming kembali memaparkan, secara kronologis penerbitan HGU PT KAM berawal dari penerbitan Izin Lokasi PT Banjarmasin Agro Mandiri  (PT BAM) melalui SK Kepala BPN Kotabaru dengan nomor izin : 80/PL-460/1996/KP-KTB tanggal 16 Pebruari 1996 tentang Pemberina Izin Lokasi Untuk Perkebunan Kelapa Hibrida dan Kelapa Sawit seluas 18.300 Ha, yang berloasi di Desa Kusambi dan Desa Pondok Butun Kecacamatan Batulicin, Desa Sepunggur Kecamatan Kusan Hilir, Desa Serdangan dan Desa Bakarangan Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Dati II Kotabaru.


Pada tahun 2008, Gubernur Kalsel melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Kalsel (BKPMD Kalsel) menandatangani dan menerbitkan Izin perubahan pengelolaan lokasi dari PT BAM ke PT KAM dengan nomor izin : 2069/B.I/A-8/2008 pertanggal 16 Oktober 2008. Dengan terbitkannya  ijin tersebut selanjutnya terbit SK Bupati Tanbu Nomor 118 Tahun 2009 tanggal 21 Maret 2009 tentang Izin Lokasi untuk PT KAM. Sebagai tindaklanjut proses pengelolaan lahan tersebut oleh PT KAM, pada tahun 2012 BPN RI menerbitkan Izin HGU PT KAM dengan nomor izin : 10/HGU/BPN-RI/2012 tanggal 11 April 2012 dengan rancangan program penanaman komuditas kelapa sawit seluas 9.116,04 Ha. Luasan lahan itu sendiri diperoleh PT KAM dengan cara pembebasan lahan masyarakat dengan memberikan ganti rugi kepada 64 Kepala Keluarga (KK), dan sisanya diperoleh melalui proses pelepasan kawasan hutan. (humas)

 

BUPATI HIBUR PENGGEMAR VESPA DI BATULICIN

Rabu, 22 Juni 2011 14:52 Humas Berita - Seputar Tanbu
Cetak PDF
vepa.jpgBatulicin,19/6  - Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming bersama sang istri Hj Erwinda Mardani duet bersama diatas panggung untuk menghibur para anngota penggemar Motor Vespa di lapangan Kapet Batulicin, Kecamatan Simpang Empat, Sabtu (18/6).
Kehadiran para pecinta motor vespa yang berasal seluruh Indonesia ke Batulicin adalah untuk memper erat hubungan silaturahmi diantara Scooter Mania (para penggemar Vespa) yang dikemas melalui acara peringatan Jambore Vespa Tanah Air yang ke-3 / 2011.
"Mari scooter mania, kita bernyanyi sambil berjoget. Somoga pertemua ini dapat semakin memper erat persatuan dan kesatuan para pecinta vespa di tanah air," kata Mardani H Maming saat berduet dengan isterinya diatas panggung tersebut.
Ditengah pidatonya, bupatipun mengucapkan rasa terimakasih atas terselanggaranya Jambore Vespa Tanah Air ke-3 yang berlangsung di Kabupaten Tanah Bumbu.
Selain menjadi ajang untuk memper erat hubungan rasa persaudaraan diantara scooter mania, pelaksanaan Jambore Vepa juga dimaksudkan untuk menjaga dan melestarikan keberadaan motor vespa dari kepunahan.
"Semoga momentum ini dapat memacu semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Meskipun kita berasal dari pelosok nusantara berbeda, namun tetap satu bangsa dan Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan kita. Merdeka..........! ," teriak bupati dengan nada lantang.
Pada kesempatan lain, seksi bendahara panitia Jambore Vespa di Batulicin, Budi Hernadi mengatakan, Jambore Vespa merupakan kegiatan rutin yang berlangsung setiap tahun di Indonesia.
Pelaksanaanya di Batulicin adalah yang ke tiga kali dari kegiatan yang sebelumnya sudah berlangsung di Bogor Jawa Barat dan Nganjuk Jawa Timur.
Kegiatan jambore akan di isi berbagai contes atau perlombaan yang berkaitan dengan seluk-beluk motor vespa seperti contes Classic, Gembel, Modifikasi, dan jenis contes sport.
Masing-masing scooter mania diharapkan mengikuti pertandingan motor tersebut guna memperebutkan hadiah piala yang disiapkan oleh panitia. 
Persiapan dana yang kami miliki semua berasal dari donatur. Bisa dari perusahaan atau pihak perbangka," kata Budi Hernadi saat ditemui koran ini.hehehhe...............
Turut menghadiri sekaligus memerihakan Jambore Vespa tersebut adalah pembina Vespa Tanah Air (VETA), H Maman.S, dan Koordinator Wilayah VETA Kalimantan Selatan, Zainal Arifin.
Jambore di ikuti oleh sekitar 700 scoter mania dari seluruh Indonesia yang sudah beebrapa hari menginap di lapangan Kapet batulici, dengan mendirikan tenda. ***rel**
 

RIBUAN UMAT HINDU TANBU DAN KOTABARU RAYAKAN HARI MELASTI

Selasa, 06 April 2010 06:17 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
melasti.jpgBATULICIN - Diperkirakan tak kurang dari 7 ribu umat Hindu Dharma memenuhi pantai Desa Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban Tanah Bumbu, Sabtu (13/3).Keberadaan umat Hindu dari berbagai pelosok wilayah Tanah Bumbu itu guna merayakan Hari Melasthi. Menurut I Ktut Suwidhan atau Mangku Gde, Ketua Paruman Bhinanika Kabupaten Tanah Bumbu, Hari Melasthi merupakan perayaan menyambut Tahun Baru Saka 1933.
Selengkapnya...
 

Satpol PP Tanbu Ikuti Pelatihan Kesamaptaan

Jumat, 07 Maret 2014 01:30 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

BATULICIN - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengikuti pelatihan Kesamaptaan bersama jajaran TNI AD dari Satuan Kompi B - 623/BWU Batulicin.

Kepala Sat Pol PP Tanbu Syamsuri,SE mengatakan pelatihan Kesamaptaan jajarannya  bersama personil TNI AD itu dimaksudkan untuk lebih meningkatkan keterampilan, kinerja dan kedisiplinan personilnya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) mereka sebagai komponen penting daerah.

"Oleh sebab itu kami berharap dengan keikutertaan kami pada pelatihan tersebut profesionalisme dan disiplin kerja jajaran Pol PP Tanbu bisa lebih baik lagi," sebut Syamsuri disela-sela  acara pembukaan pelatihan Kesemaptaan di markas TNI Kompi B  623/BWU Batulicin, Jumat(29/11) pekan lalu.

Dipaparkannya, pelatihan Kesamaptaan jajarannya diikuti sebanyak 30 orang anggota. Dimana hasil pelatihan yang akan berlangsung selama satu pekan itu diharapkan bisa menunjang sistem kinerja jajaran Sat Pol PP Pemkab Tanbu, sekaligus persiapan untuk mendukung jalannya proses pemilihan umum (Pemilu) 2014 mendatang agar bisa berjalan tertib dan aman.

Kepada jajarannya Syamsuri berpesan agar bagi personil yang diikutsertakan tidak merasa terbebani. Pasalnya, kedepan tantangan yang dihadapi personil Sat Pol PP akan lebih berat lagi. Sehingga masing-masing personil harus terbekali tidak hanya dengan performa fisikal semata, namun harus membekali diri dengan kemampuan penunjang lain seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan humanistik serta kemampuan penting lainnya.

Syamsuri juga mengungkapkan, program pelatihan yang sama juga akan digelar pada tahun yang akan datang, dengan melibatkan jumlah anggota Pol PP yang lebih banyak lagi. Jika tak ada aral, untuk tahun depan, pihaknya akan mengikutsertakan personil Pol PP sebanyak dua angkatan dengan masing-masing angkatan beranggotakan sekitar 30 orang.

Terpisah, terkait dengan kegiatan pelatihan Kesamaptaan bagi personil Sat Pol PP Tanbu itu, Bupati Tanbu Mardani H. Maming berpesan kepada personil Pol PP yang mengikuti pelatihan agar menjalani kegiatan dengan sungguh-sungguh dan penuh dengan tanggungjawab. 

"Ini adalah kesempatan yang sangat berharga, untuk itu saya minta kepada anggota yang diikutsertakan agar menjalaninya dengan bersungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab agar usai mengikuti pelatihan akan menjadi personil Pol PP yang lebih profesional dan berdisiplin tinggi", cetus Mardani.

Komandan Kodim (Dandim)1022 Tanbu, Letkol Inf Bayu Permana pada saat membuka kegiatan pelatihan berharap agar melalui pelatihan tersebut bisa dijadikan jajaran Pol PP Tanbu sebagai wahana menimba ilmu sekaligus melatih kedisiplinan para peserta secara maksimal.

Sehingga dengan kualitas kinerja dan kedisiplinan Pol PP yang lebih baik nantinya lebih meningkatkan kewibawaan Pemkab Tanbu dimata masyarakat secara luas.

"Proses pelatihan ini harus dibina dan dikembangkan secara terus-menerus. Selain menambah silaturahmi, juga untuk mempererat hubungan pemerintah daerah dengan jajaran kami di Tanah Bumbu," katanya.

Untuk diketahui, pada acara pembukaan pelatihan Kesamaptaan bagi jajaran Pol PP juga dihadiri Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, Said Akhmad. Mewakili pemerintah daerah Said Ahmad berkesempatan menandatangani nota kesepakan bersama Dandim 1022 Tanah Bumbu. (Relhum)

 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|