Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:1003 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1194 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:1034 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu

Zikir Akbar Sambut Tahun Baru 2010

Selasa, 12 Januari 2010 11:05 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
foto_2.jpgBATULICIN - Momentum malam pergantian tahun 2009-2010 diperingati Pemkab Tanbu dengan menggelar acara zikir akbar di Masjid Darul Azhar Nurussalam, Kamis (31/12), malam kemarin. Moment pergantian tahun itu dihadiri oleh sekitar 8000 jemaah. Kebanyakan jemaah yang hadir adalah ibu-ibu yang berasal dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalsel.
Selengkapnya...
 

Penyertaan Modal Berdampak Pada Pelayanan

Jumat, 25 Oktober 2013 06:30 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Difriadi Darjat mengatakan penyertaan modal yang besar kepada  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bersujud tentunya akan berdampak terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Menurut Wabup, dampak positif dari penyertaan modal ke PDAM Bersujud diharapkan dapat mengoptimalisasi pelayanan lebih kepada masyarakat terkait kebutuhan air bersih di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Terimakasih kepada DPRD Tanbu yang sudah mengapresiasi usulan Raperda Penyertaan Modal Daerah  PDAM Bersujud sehingga menjadi Perda. Diharapkan Perda tersebut dapat memberikan hal positif terhadap pembangunan daerah dan optimalisasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. untuk itu kita harus terus mendorong agar Perusda ini dapat optimal,” Kata Wabup H. Difriadi Darjat, Selasa (22/10) di DPRD Tanbu, Sepunggur, Batulicin saat Rapat Paripurna Pendapat Akhir DPRD Tanbu terhadap 9 (Sembilan) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

Lebih jauh Wabup mengatakan kedepannya diharapkan PDAM Bersujud dapat menjadi perusahaan daerah yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi tambahan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tanah Bumbu.

Disisi lain Wabup mengatakan kota Batulicin setiap tahunnya mengalami peningkatan pertumbuhan yang pesat. Dimana  pembangunan terus meningkat disegala sektor, salah satunya pada sektor perekonomian.

Dengan meningkatnya pertumbuhan perekonomian tersebut tentunya juga kebutuhan air bersih juga meningkat. Inilah yang perlu menjadi pemikiran kita semua.

Kemudian Wabup juga meminta kepada semua lapisan masyarakat dapat menjaga dan memelihara aliran sungai yang merupakan salah satu unsur terlayaninya kebutuhan air bagi masyarakat di Bumi Bersujud.

“Mari kita pelihara sungai untuk kepentingan kita semua,” kata Wabup.

Diakhir sambutannya Wabup mengatakan, masukan dan koreksi yang disampaikan oleh fraksi-fraksi di DPRD  akan menjadi penyempurna Perda baik secara normatif, formal, maupun substansi sehingga memenuhi standar uu no 12 tahun 2011 tentang penyusunan peraturan perundang-undangan. (relhum)

 

Wabup Buka Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Kependudukan dan Capil

Selasa, 08 Oktober 2013 02:12 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak PDF

BATULICIN – Pencatatan kependudukan sangat penting dilakukan dalam rangka tertib administrasi kependudukan dan menghasilkan data kependudukan yang valid. Sehingga arah kebijakan pembangunan dapat tepat sasaran.

Demikian dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu), H. Difriadi Darjat saat membuka Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Kependudukan dan Catatan Sipil tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) tanbu di Mahligai Bersujud, Kapet, Kamis (3/10) pagi tadi.

Menurut Wabup, dengan data yang valid tersebut tentunya akan memudahkan jalannya pemerintahan serta dapat menjadi acuan bagi instansi-instansi pemerintah di kabupaten tanah bumbu dalam merumuskan arah pembangunan nantinya. Baik itu masalah pendidikan, kesehatan, maupun kesejahteraan sosial masyarakat.

Terkait peningkatan kemampuan aparatur kependudukan dan catatan sipil, menurut wabup, kegiatan tersebut sangat penting untuk dilaksanakan sehingga petugas pencatatan administrasi kependudukan tersebut memiliki kompetensi dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Data kependudukan yang akurat sangat penting untuk kita miliki. Maka  diperlukan petugas yang handal dan profesional,” ujar Wabup.

Kepala Disdukcapil Tanbu, Andi Hasdar mengatakan substansi kependudukan dan pencatatan sipil menurut undang-undang no 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan mencakup pencatatan ; kelahiran, lahir mati, perkawinan, perceraian, kematian, pengangkatan anak dan pengakuan anak, serta pindah datang penduduk lainnya.

Semua pencatatan peristiwa penting dilakukan dalam rangka tertib administrasi kependudukan sehingga menghasilkan data kependudukan yang akurat.

Untuk mendapatkan administrasi yang akurat tersebut, ujar Andi Hasdar maka diperlukanlah petugas registrasi desa /kelurahan  di lingkungan pemerintah kabupaten tanah bumbu yang handal dan profesional. Maka, Disdukcapil Tanbu menyelenggarakan sosialisasi peningkatan kapasitas aparatur kependudukan dan catatan sipil.

Adapun tujuan dari sosialisasi tersebut agar semua petugas pencatat registrasi didesa / kelurahan memahami dan mengerti betapa pentingnya  administrasi kependudukan. Sehingga dapat menyajikan data kependudukan dan catatan sipil yang valid dan tidak ada satu peristiwa penting kependudukan dan catatan sipil yang tidak tercatat.

Sementara itu, Kepala Bidang Catatan Sipil, Halidi mengatakan pelaksanaan sosialisasi peningkatan kapasitas aparatur kependudukan dan catatan sipil akan dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali pelaksanaan.

Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 3 – 4 Oktober 2013 dengan peserta terdiri dari aparat desa/kelurahan dan petugas kecamatan dari Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Batulicin, Kecamatan Karang Bintang dan Kecamatan Mantewe.

Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 9 - 10 Oktober 2013 dengan peserta dari Kecamatan Kusan Hilir, Kecamatan Kusan Hulu, dan Kecamatan Kuranji.

Tahap ketiga dilaksanakan pada tanggal 23 - 24 Oktober 2013 dengan peserta dari Kecamatan Satui, Kecamatan Sungai Loban, dan Kecamatan Angsana.

Adapun narasumber yaitu tim teaching yang membidangi kependudukan dan catatan sipil yang dibantu para pejabat struktural Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Tanah Bumbu. (relhum)

 

 

 

Festival Syair Maulid Al-Habsyi

Rabu, 23 Desember 2009 15:10 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
foto_2.jpgBATULICIN - Angkatan Muda Remaja Masjid Baiturrahim Simpang Empat bekerjasama dengan PT Arutmin Indonesia (AI) Tambang Batulicin menggelar Festival Syair Maulid Al-Habsyi di halaman Masjid Baiturrahim Simpang Empat. Event tahunan dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1431 H itu dibuka secara resmi oleh Camat Simpang Empat Drs Kursani. Menurut Ketua Panitia Ihwanul Huseini, festival syair maulid habsyi itu merupakan agenda tahunan Angkatan Muda Remaja Masjid Baiturrahim Simpang Empat bekerjasama dengan PT AI Tambang Batulicin.
Selengkapnya...
 

PEMKAB SUMBANG 51 EKOR SAPI KURBAN

Sabtu, 28 November 2009 22:14 Humas Berita - Keagamaan
Cetak PDF
sapi-bali2.jpgBatulicin - Pemkab Tanah Bumbu tahun ini sumbang 51 ekor sapi untuk keperluan Hari Raya Kurban. Bantuan diserahkan Kamis (25/11) bertempat di halaman kantor Bupati di kawasan Gunung Tinggi Desa Pondok Butun.
Selengkapnya...
 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|