Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:107 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:416 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
KASPIN Dorong Peningkatan Kualitas Kelua…

PEMERINTAH KABUPATEN TANAH BUMBU KASPIN Dorong Peningkatan Kualitas Keluarga Tanah Bumbu Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera Berangkat dari visi dan misi untuk memberikan pelayanan langsung dan gratis kepada publik khususnya...

Administrator 29 Jul 2013 Hits:1178 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintahan

Bupati Tanah Bumbu Mengalokasikan Rp 2.836.926.000,00 Untuk Pembangunan Kantor Koramil Kusan Hilir di Pagatan

Rabu, 16 April 2014 04:29 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Sejak di pilih oleh rakyat Tanah Bumbu pada tahun 2011 silam, Mardani H. Maming selaku Bupati Tanah Bumbu terus berkomitmen membangun segala insfratuktur daerah sesuai kebutuhan masyarakat bumi bersujud.

Salah satunya dalam rangka penataan taman Kota Pagatan, dan perluasan area Objek Wisata Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU), melakukan pembangunan gedung baru Koramil TNI Angkatan Darat di Kecamatan Kusan Hilir.

Saat ini Kantor Koramil berada di kawasan Wisata Pantai Pagatan, yang secara tata letak kota tidak kondusif jika berada di area wisata, oleh karena itu, demi kenyamann pihak koramil TNI Angkatan Darat dalam menjalankan tugasnya dan demi kenyamanan masyarakat Pagatan serta para pengunjung dalam melepas lelah di Pantai Pagatan. Terhitung sejak tanggal 10 Desember 2013 hingga 300 (tiga ratus hari kalender). Pihak Koramil TNI Angkatan Darat yang berkantor di area Wisata Pantai Pagatan akan menempati gedung kantor yang baru.

Pembangunan gedung Kantor Koramil Angkatan Darat di pagatan oleh Kepemimpinan Mardani H. Maming, Bupati Tanah Bumbu selaku Pemerintah Daerah mengalokasikan dana sebesar Rp. 2.836.926.000 ( Dua Miliyar Delapan Ratus Tiga Puluh Enam Juta Sembilan Ratus Dua Puluh Enan Ribu Rupiah). Dengan nomor kontrak 641/424.1/KONTRAK/PGK/DPU/2013 adapun kontraktor  yang bertanggung jawab terhadap pembangunan tersebut adalah  PT. IRINA PERKASA. (Ardi/Fajri)

 

Dishubkominfo Sosialisasikan perizinan dan Jaringan Internet

Rabu, 16 April 2014 04:24 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Tanah Bumbu yang ke-11 dan pesta adat "MAPPANRETASI" tahun 2014, pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu kembali mengadakan pameran pembangunan antar SKPD, Instansi Terkait dan Entitas Bisnis yang ada di lingkungan Kabupaten Tanah Bumbu.

Selengkapnya...
 

Tanbu Kembali Meraih Penghargaan LAKIP

Kamis, 03 April 2014 07:51 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

- Nilai evaluasi naik

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) kembali menerima penghargaan Laporan Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan dan RB RI).

Sebelumnya pada tahun 2013 yang lalu, Pemkab Tanbu juga berhasil meraih penghargaan yang sama untuk penilaian LAKIP tahun 2012. Dan penghargaan keduakalinya ini merupakan penilaian LAKIP yang dilakukan Kemenpan dan RB tahun 2013 lalu.

“Dengan penghargaan LAKIP dua tahun berturut-turut, sudah barang tentu hal ini merupakan prestasi yang harus kita syukuri bersama. Dan saya harap, dengan prestasi itu mampu menjadikan kita semua dari jajaran Pemkab Tanah Bumbu untuk lebih bekerja keras dan professional dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai pelayan publik”, pesan Bupati Tanbu Mardani H. Maming.

Ditambahkan Mardani, dengan penghargaan yang berhasil tertorehkan tersebut, kedepan ia mengharapkan akan ada progres kemajuan yang terus menanjak.

Di mana hal itu dapat dilihat tren yang sudah ada, yakni pada penilaian LAKIP tahun 2012 Tanbu berhasil mendapatkan predikat CC dengan nilai 50,02 dan pada penilaian tahun 2013 naik predikat dengan penilaian CC dengan nilai 50, 27, atau naik 0,25 persen.

Sementara Kabag Organisasi Setda M. Yusri, selain Tanbu, dari 13 kabupaten/kota yang ada di Kalsel ada tujuh kabupaten yang mendapat penghargaan LAKIP 2013 dengan predikat CC.  Untuk Tanbu sendiri, dalam penilaian LAKIP tahun 2013 yang dilakukan oleh Kemenpan dan RB berhasil mendongkrak poin indikator penilaian 0,25 persen dari hasil indicator penilaian tahun sebelumnya.

Sistem penilaian LAKIP pada dasarnya dilakukan atas 27 sasaran strategis yang harus dicapai pemerintah daerah berdasarkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), sambung Yusri.

Dari hasil pengukuran27 sasaran strategis  itulah pada akhirnya diperoleh capaian kinerja rata-rata sehingga Pemkab Tanbu layak dinyatakan masuk kategori berhasil.

Atau dengan kata lain, perbandingan antara target program yang hendak dicapai dan realisasi indikator sasaran kinerja Pemkab Tanbu menunjukkan korelasi dan sinergisitas yang baik, oleh sebab itulah dari penilaian yang dilakukan oleh Kemenpan dan Reformasi Birokrasi, Pemkab Tanbu dinyatakan berhasil.

“Peningkatan  persentase indikator penilaian tersebut setidaknya menjadi tanda meningkatnya progres pengelolaan laporan akuntabilitas kinerja jajaran Pemkab Tanah Bumbu.

Atau dengan kata lain, progress capaian realisasi program dari tahun ke tahun mengalami peningkatan kualitas .

Karenanya ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan bersama sehingga pada masa-masa yang akan datang akan lebih meningkat lagi”, kata Yusri.

Oleh karenanya, ia berharap masing-masing SKPD yang ada harus mampu mendorong peningkatan kualitas kinerja birokrasi di jajaran masing-masing, dengan indikator semakin membaiknya kualitas pelayanan publik.

Dengan demikian, nantinya progres capaian kinerja masing-masing SKPD  menjadi out put kolektif dari peningakatan kualitas akuntabilitas kinerja pemerintah daerah.

Dari progres pengelolaan akuntabilitas kinerja jajaran pemerintah daerah yang terimplementasi melalui pengelolaan sistem brokrasi yang akuntabel sambungnya, menunjukan adanya keselarasan antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan proyeksi Rencana Strategis (Renstra) Daerah  yang dilaksanakan oleh seluruh instansi Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemkab  Tanbu. (relhum)

 

LENSA KEGIATAN PEMERINTAH KABUPATEN TANAH BUMBU

Kamis, 03 April 2014 07:26 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mardani : Sekda Harus Menjadi Pionir Peningkatan Kualitas Kinerja Jajaran Pemkab

Selasa, 01 April 2014 23:55 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H Maming meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu yang baru dilantik agar dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai orang nomor satu pelaksana administrasi pemerintahan daerah mampu menjadi pionir peningkatan kualitas kinerja jajaran Pemkab Tanbu.

Bahkan Bupati juga meminta Sekda agar memberikan teguran kepada dirinya jika kebijakan yang digulirkannya salah atau dianggap bertentangan dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

"Saya berharap sebagai kuasa pengguna anggaran Pak Sekda kedepanya bisa lebih proaktif dan lebih banyak lagi berkomunikasi dengan saya, khususnya terkait dengan pelaksanaan tata pemerintahan yang kita jalankan, sehingga performa kita semakin baik lagi", kata Mardani dalam sambutannya pada acara pelantikan Drs. Said Akhmad, MM sebagai Sekda Tanbu menggantikaan Sekda yang lama Gusti Hidayat yang purna tugas, Kamis (13/2) di Mahligai Bersujud, Kapet, Batulicin, Kamis(13/2).

Dibagian lain Mardani juga menyampaikan, pasca dilantik, Sekda juga harus mampu menjadi pembina bagi pimpinan SKPD, sehingga SKPD sebagai ujung tombak pelayanan publik mampu meningkatan kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu untuk diketahui, Said dilantik Mardani sebagai Sekda Tanbu berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 821.22/06-01-BKD/2014 tentang Pengangkatan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. 

Selain melantik sekda pada kesempatan itu Mardani juga melantik dua pejabat Eselon II.  Dua pejabat Eselon II yang dilantik itu yakni Ir H. Rahmad dari jabatan lama Kepala Badan Penyuluh Pertanian Perkebunan Perikanan dan Kehutanan Tanbu (BP4K Tanbu) menduduki jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati Tanbu Bidang Ekonomi dan Pembangunan, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tanbu H. Riduan yang pasca pelantikan itu menduduki jabatan barunya sebagai Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda.

Di tempat yang sama pula, Ketua DWP Prop Kalsel  Ny. Agustina Arsyadi melantik Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tanbu, Ny. Yulianti Zariani Said Akhmad.  (Relhum)

 

Pemkab Tanbu Raih Penghargaan LAKIP Dari Menpan RB

Selasa, 01 April 2014 23:47 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) berhasil meraih penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan dan RB RI) sebagai salah satu daerah di Indonesia dibidang sistem Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2012.

Penghargaan itu sendiri diberikan langsung  oleh Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar  setelah sebelumnya dilakukan penilaian implementasi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah untuk tahun 2012 yang dirilis pada tahun 2013 yang lalu.

"Ada 4 kabupaten/kota di Provinsi Kalsel yang mendapatkan predikat berhasil dalam pengelolaan  LAKIP terbaik dari pihak Menpan, salah satunya adalah Kabupaten Tanah Bumbu," sebut  Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten  Tanbu, M. Yusri, S.Sos kemarin, seraya menambahkan, dalam penilaian Kemenpan dan Reformasi Birokrasi  Tanbu berhasil memperoleh predikat CC.

Predikat CC itu sendiri merupakan penghargaan yang pertama kalinya mampu diraih Pemkab Tanbu setelah pada penilaian sebelumnya hanya mampu mendapatkan predikat nilai C.

“Kemenpan dan Reformasi Birokrasi sendiri melakukan penilaian akuntabilitas kinerja pemerintah daerah setiap tahunnya. Dan pada perkembangannya, dari laporan LAKIP Pemkab Tanbu setiap tahunnya mengalami perbaikan dan peningkatan progres positif, hingga akhirnya predikat kita naik dari C menjadi CC”, ungkap Yusri,

Sistem dan metode pengukuran kinerja pemerintah daerah beber Yusri lagi, pada dasarnya dilakukan atas 27 sasaran strategis yang harus dicapai pemerintah berdasarkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Dari hasil pengukuran itulah pada akhirnya diperolehlah capaian kinerja rata-rata Pemkab Tanbu sebesar 84,82 % sehingga dinyatakan masuk kategori berhasil.

Atau dengan kata lain, perbandingan antara target program yang hendak dicapai dan realisasi indikator sasaran kinerja Pemkab Tanbu oleh Kemenpan dan Reformasi Birokrasi dinyatakan berhasil.

Dengan keberhasilan yang sudah diraih Pemkab Tanbu tersebut Bupati Mardani H Maming menyambut baik dengan raihan prestasi itu hingga kemudian berhasil mendapatkan penghargaan dari Menpan dan Reformasi Birokrasi. Menurutnya ini menjadi indikator penting bahwa kinerja pemerintah daerah dibawah kepemimpinannya dari tahun ketahun mengalami perbaikan kualitas.

''Ini pertama kalinya akuntabilitas kinerja kita mendapat penilaian terbaik dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Prestasi ini tentunya harus kita jadikan sebagai dorongan motivasi dan spirit untuk lebih meningkatkan kita sebagai pelayan publik,” kata Bupati Mardani H Maming.

Karenanya Mardani berharap, dengan prestasi tersebut kedepan jajaran pemerintah daerah harus  mampu mempertahankan prestasi itu dan terus berupaya meningkatkan kinerja sehingga prestasi yang mampu diraih tersebut juga memberikan dampak bagi peningkatan kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud.

Penilaian LAKIP yang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kemenpan dan Reformasi Birokrasi  jelas Mardani, hakekatnya merupakan mekanisme penilaian wajar dari pemerintah pusat terhadap kinerja pemerintah daerah.

Pasalnya, tanpa adanya penilaian itu pemerintah daerah harus senantiasa meningkatkan kinerjanya, karena itu sudah menjadi tanggungjawab jajaran pemerintah daerah sebagai pelayan publik. (relhum).

 

RSUD Tanbu Berganti Nama Menjadi RSUD dr H Andi Abdurrahman Noor

Selasa, 01 April 2014 23:40 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

BATULICIN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanah Bumbu milik Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) resmi berganti menjadi RSUD dr H Andi Abdurrahman Noor.

Menurut Bupati Tanbu Mardani H Maming, pergantian nama rumah sakit daerah yang terletak di Jalan H Muhammad  Amin, Desa Sepunggur, Kecamatan Batulicin

tersebut adalah sebagai upaya pemerintah daerah untuk menghargai jasa-jasa dr H Andi Abdurrahman Noor selama mengabdi di bidang kesehatan .

“Penggantian nama rumah sakit milik Pemkab Tanah Bumbu dari RSUD dr H Andi Abdurrahman Noor tak lain sebagai bentuk penghargaan pemerintah daerah kepada dr H Andi Abdurrahman Noor sebagai dokter putra daerah Tanah Bumbu pertama. Dan yang lebih membanggakan lagi beliau adalah satu-satunya dokter spesialis bedah pertama di Indonesia,” kata Bupati, Mardani H Maming di sejumlah kesempatan saat menyampaikan sambutannya dalam acara safari Maulid Nabi Muhammad SAW ke 1435 H dibeberapa desa belum lama tadi.

Selama masa baktinya, papar bupati, dr H Andi Abdurrahman Noor kerap kali melakukan kerja sosial seperti memberi layanan kesehatan gratis kepada masyarakat miskin atau tidak mampu. Ia juga dikenal sebagai orang yang dermawan, bahkan jasa-jasanya juga diakui hingga di tingkat nasional.

Berdasarkan penuturan puterinya ungkap Mardani yakni, Hj Isma Riskia, dr H Andi Abdurrahman Noor yang lahir lahir di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir pada 2 November 1917 dan wafat pada 16 Juli 2005 merupakan lulusan dokter umum di Jakarta pada 1948  yang kemudian melanjutkan pendidikannya dibidang dokter Spesialis Asthma, Bronchitis, dan Paru-Paru di Nederland, Belanda dan lulus pada 1952. Selama menempuh pendidikan di Belanda, ia pun menyempatkan diri dengan membuka praktek di Nederland.

“Usai menempuh pendidikan dokter spesialis, tahun 1955 beliau kembali ke Jakarta. Dan selanjutnya beliau mengabdikan diri di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD)”, terang Mardani, seraya menambahkan, pada era itu pula dr H Andi Abdurrahman Noor sempat mendirikan Yayasan Rumah Sakit Asthma, Bronchitis, dan Paru-Paru di Jakarta.

Dipaparkan Mardani, sesuai penuturan Hj Isma Riskia, di era tahun 1979 hingga tahun 1984, sebagai bentuk pengabdiannya kepada daerah asalnya dr H Andi Abdurrahman Noor membuka praktik layanan kesehatan gratis dan layanan sosial di wilayah Batulicin. Namun kegiatan tersebut akhirnya terhenti pada 1984, karena belum mendapat ijin resmi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru, sebelum terbentuknya Kabupaten Tanbu.

“Secara pribadi saya berharap, dan tentu saja kita semua menginginkan, jajaran RSUD milik Pemkab Tanah Bumbu mampu meneladani semangat dan jiwa pengabdian dr H Andi Abdurrahman Noor. Sehingga dengan semangat itu mampu menjadi motivasi dan pemicu komitmen agar lebih profesional dan penuh pengabdian dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan publik di bidang kesehatan

Sementara itu terkait perubahan nama RSUD milik Pemkab Tanbu itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tanbu, M Yusri, mengungkapkan, pergantian nama RSUD yang sebelumnya sempat bernama RSUD Tanah Bumbu itu didasarkan pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor : 10 tahun 2013 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah, dr H Andi Abdurrahman Noor.

“Seperti harapan bapak bupati, kita semua berharap, agar dengan perubahan nama itu mampu memberikan dorongan motivasi dan spirit baru bagi jajaran RSUD dr H Andi Abdurrahman Noor sehingga mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, lebih profesional dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan publik di bidang kesehatan”, harap Yusri. (Relhum)

 

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|