Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:53 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:776 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:698 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintahan

Gubernur Kalsel, H Rudy Ariffin Safari Ramadhan ke Kabupaten Tanah Bumbu

Rabu, 23 Juli 2014 09:23 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Dalam rangkaian Safari Ramadhan 1435 H yang dilaksanakan oleh Gubernur Kalimantan Selatan dan bertepatan dengan safari Ramadhan yang dijalankan oleh Pemerintah  Kabupaten Tanah Bumbu, Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Ariffin menyempatkan waktu untuk berbuka puasa bersama masyarakat serta  jajaran PNS dan pejabat Tanbu  di Masjid  Sirajul Mu’minin Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu, Jum’at (18/7) lalu.

Kehadiran Gubernur Kalsel didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan M. Arsady, rombongan kepala SKPD Kalsel serta didampingi Komisi III DPR RI H. Aditya Mufti Ariffin.

Dalam sambutan singkatnya H.Rudi Ariffin mengatakan, safari Ramadahan ke Tanah Bumbu  merupakan niatan positif dalam rangka guna mempererat tali silaturahmi  antara Gubernur Kalimantan Selatan dengan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

“Safari Ramadhan ke Tanah Bumbu merupakan kunjungan yang ke 9 dan  bertepatan juga dengan tahun yang ke 9  selama menjabat menjadi Gubernur kalimantan Selatan.”katanya.

Tentunya dengan sisa waktu jabatan yang tinggal setahun lagi, pihak Propinsi Kalimantan Selatan akan mewujudkan sisa program yang belum terwujud, salah satunya adalah  perbaikan jalan dari Tanah Bumbu menuju Banjarmasin. Guna menunjang kenyaman masyarakat sebagai pengguna jalan maka ditiap-tiap  titik kerusakan akan segera diperbaiki terutama jalan yang berada di poros Provinsi Kalimantan Selatan termasuk juga poros wilayah yang menghubungkan Tanah Bumbu dengan Banjarmasin.

Untuk pelaksanaannya pada tahun ini akan diupayakan Pemerintah Provinsi  untuk merealisasikan perbaikan jalan tersebut ”kami berharap,jika jalan tersebut sudah terealiasasi  mari  kita pelihara  bersama jalan itu,dengan cara  memperhatikan ambang batas standar angkutan, agar potensi kerusakannya tidak terlalu cepat.”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga Rudy Ariffin  mengajak kepada semua lapisan masyarakat agar selalu menjaga situasi yang kondusif di Kalimantan Selatan terutama pasca pemilihan presiden yang baru saja berjalan.

Saat ini kita tetap menunggu pengumuman atas hasil rekapitulasi akhir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jika sudah ada ketetapan dari KPU, bukan berarti semua sudah selesai, kemungkinan masih ada sebuah gugatan dari pihak yang tidak puas atas penetapan rekapitulasi dari KPU.

Dengan ketidakpuasan itu, biarkan lembaga saluran sengketa hukum pemilu seperti  Mahkamah Konstitusi yang menangani persoalan tersebut.”tugas kita hanyalah menjaga Kalimantan Selatan agar tetap kondusif, siapapun yang menang tidak hanya sebuah ketetapan konstitusi namun secara hakiki sudah merupakan ketetapan allah SWT untuk menetapkan siapa yang layak menjadi pemimpin di negara yang kita cintai ini.”kata Rudy.

Senada dengan Gubernur Kalsel, Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming juga menghimbau kepada masyarakat jangan sampai terprovokasi oleh pihak yang tak bertanggung jawab, menjelang pengumunan resmi KPU Pusat mengenai hasil pilpres mendatang.

Apapun yang menjadi keputusan KPU pada tanggal 22 Juli ini harus kita hormati bersama, yang terpenting semangat berdemokrasi tetap terjaga dalam ranah persaudaraan ”diharapkan dengan pasca Pilpres ini jangan sampai ternodai oleh munculnya sebuah perbedaan dukungan yang berujung pada perpecahan antar sesama” kata Mardani.

Safari Ramadan yang dikunjungi H. Rudy Ariffin  ini juga di tandai dengan penyerahan bantuan gubernur  Kalimantan Selatan ke Pemerintah kabupaten Tanah Bumbu  untuk  bidang Kesehatan yang diterima langsung oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming dari Gubernur Kalimantan Selatan senilai Rp.611.100.000.

Terdiri dari bantuan transpor Kader Posyandu yang berjumlah 925 kader posyandu mendapat bantuan Rp.277.500.000 sedangkan pencegahan dan penanggulangan anemia remaja putri mendapat bantuan sebesar Rp.333.600.000.

Selain itu, pemberian dana hibah juga diberikan Pemerintah Daerah melalui LPTQ Kabupaten Tanah Bumbu untuk biaya pendidikan Bea Siswa ke Haderal maut senilai Rp.50.000 yang langsung diberikan Bupati Tanah Bumbu kepada Muhammad Irfan.

 

Pasar Murah Ramadhan Merupakan Tindakan Antisipasi Dari Melonjaknya Harga Kebutuhan Pokok

Senin, 21 Juli 2014 00:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Tanah Bumbu menggelar pasar murah Ramadhan di Desa Segumbang Kecamatan Batulicin. Acara tersebut diresmikan oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melalui Sekda Tanah Bumbu Drs. Said Akhmad MM.

Dalam kesempatan ini, Sekda Tanah Bumbu Drs.Said Akhmad MM menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan Pasar Murah Ramadhan 1435 H ini, adalah salah satu langkah kongkrit  Pemerintah Daerah, melalui Dinas terkait dalam upaya menumbuh-kembangkan rasa kebersamaan, membina hubungan silaturahmi, dan kepekaan sosial kepada masyarakat yang kehidupannya jauh dari kemapanan.

Yang mana kegiatan ini, juga merupakan bentuk implementasi keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, serta kepedulian Pemerintah Daerah kepada masyarakatnya yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan dan menyongsong Idul Fitri 1435 Hijriah.

Pasar Murah Ramadhan 1435 H ini, juga merupakan tindakan antisipasi dari melonjaknya harga barang kebutuhan sehari-hari di pasaran. Dikarenakan pada saat datangnya bulan Suci Ramadhan dan menyongsong Idul Fitri harga kebutuhan pokok dipasaran rentan melonjak.

Sehingga guna mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Daerah mengambil langkah strategis dengan melakukan pengawasan intensif terhadap kemungkinan-kemungkinan kenaikan harga barang, terutama harga sembako  baik pada saat ramadhan maupun menjelang lebaran nanti.

Selanjutnya, melalui momentum Pasar Murah Ramadhan ini pula, Sekda menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu untuk bersama-sama, terus menjaga ke’khusyuan Bulan Suci Ramadhan dengan lebih mempertajam amal ibadah, memper-erat persatuan dan kesatuan ummat, meningkatkan kepedulian sosial kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu, serta berlomba-lomba meraih kebajikan, sebagai implementasi dari keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Sekda berharap kepada seluruh masyarakat Tanah Bumbu, tak terkecuali yang hadir pada acara tersebut, semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, masyarakat Tanah Bumbu khususnya yang kurang mampu agar kiranya dapat terbantu dan merasa tertolong serta membuka kesempatan mereka dalam memenuhi kebutuhan sembako dengan harga yang relatif lebih murah.

 

Mardani H Maming : Menjaga Tali Silaturrahim Untuk Meningkatkan Rasa Sosialisasi Bersama

Sabtu, 19 Juli 2014 00:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Dalam acara pelaksanaan kegiatan safari Ramadhan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabuapaten Tanah Bumbu, Sholat Taraweh bersama merupakan salah satu kegiatan Pemerintah Daerah setelah acara buka puasa bersama. Sebelumnya acara buka puasa bersama dilaksankan di Masjid Baiturrahman Desa Sari Mulya, yang kemudian dilanjutkan dengan acara Sholat taraweh bersama yang dilaksanakan di Masjid Nurul Ittihad Desa Sepakat Kecamatan Mantewe.

Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming dalam sambutannya menjelaskan tentang pentingnya menjaga tali silaturrahim dan untuk meningkatkan rasa sosialisasi bersama. Sehingga melalui kebersamaan dan semangat kegotong-royongan yang terus di bangun, agar semakin mantap menjadi motivasi sekaligus dorongan yang kuat dalam meraih keberhasilan pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Desa tersebut agar tetap menjaga kondisi daerah yang sudah aman, bersatu padu membangun daerah di tengah kondisi pluralisme dengan tidak lupa pula menjadikan Ramadhan tahun ini, sebagai media untuk lebih mendekatkan diri dan memperteguh keyakinan serta keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Serta ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tertingginya kepada para ulama, tokoh agama, pemuda, dan seluruh warga masyarakat di Desa tersebut, atas apresiasi dan kerjasamanya selama ini, untuk senantiasa mendukung berbagai realisasi progam kerja Pemerintah Daerah dengan semangat kegotong-royongan, guna mewujudkan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Pengalihan Pengelolaan PBB-P2 Ke Pemkab Tanbu Berdampak Signifikan

Minggu, 06 Juli 2014 03:16 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Sejak dilaksanakannya pengalihan  Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB -P2)  dari Kantor Pelayanan  Pajak (KPP) Pratama Batulicin  ke Pemkab Tanbu melalui Dispenda Tanbu membawa dampak yang signifikan.

Ini dibuktikan,  jumlah penerimaan PBB-P2 yang tercatat sampai dengan tanggal 13 Juni Tahun 2014 berjumlah Rp.1.132.265.825,-,berarti untuk tahun 2014 penerimaan pajak yang sudah di peroleh Pemerintah Daerah mengalami kenaikan  sebesar 272 %.

Dibandingkan dengan Bulan Juni Tahun 2013 saat masih di kelola oleh KPP Pratama, Penerimaan hanya sebesar  Rp.415.749.361,- Dengan pengalihan PBB-P2 ini penerimaan dari sektor pajak semakin meningkat setelah dikelola oleh Pemerintah Daerah melalui Dispenda Tanbu.” kedepannya Dispenda Tanbu akan mentargetkan penerimaan sebesar 3,5 Milyar pada tahun 2014.

Demikian seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Tanah Bumbu, Drs.  H. Avian Noor, saat ditemui diruang kerjanya pada senin kemaren.
Di jelaskannya, sebagaimana yang diamanatkan undang-undang Nomor 28 Tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu telah melaksanakan pengalihan PBB-P2 terhitung mulai tanggal 1 Januari 2014. Sedangkan efektipnya seluruh pelayanan Pengelolaan  PBB-P2 dilaksanakan pada bulan Maret.

Pengalihan ini beralasan.” Pemerintah Daerah lebih mengetahui  karakteristik wilayah serta wilayah objek wajib pajak, disamping itu pemerintah daerah lebih mengetahui  kultur masyarakat setempat  dan kedekatan kultur juga  menunjang  efektipitas  pelaksanaan kerja dalam penggalian penerimaan Pajak tersebut.”ujarnya

Ia menuturkan, dengan pengalihan PBB-P2 ini, daerah bisa lebih optimal dalam menggali potensi Pajak, dan diharapkan pengalihan ini dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat selaku objek pajak.

Selain itu, meningkatnya penerimaan PBB-P2 setelah pengalihan, secara tidak langsung akan berdampak pada kemajuan pembangunan”justru itu, dengan  kewajiban aktif membayar pajak tepat pada waktunya berarti masyarakat turut serta mendukung kelangsungan pembangunan di Tanah Bumbu”.tandasnya.

Sementara itu, sejak dilaksanakannya Louncing Pengelolaan PBB-P2 Online antara Pemkab Tanbu dengan Kantor Kas  BRI Gunung Tinggi  beberapa pekan lalu.

Pembayaran PBB-P2 juga dapat dilakukan  di Kantor Pelayanan BRI seperti Kantor Cabang, KCP, BRI Unit, Teras BRI dan ATM BRI seluruh indonesia. Ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Bank Rakyat Indonesia sebagai wadah pelayanan penerimaan pembayaran PBB-P2 secara Online.

Kerjasama ini juga  bertujuan agar  lebih memudahkan masyarakat dalam  membayar PBB-P2 di seluruh unit kerja BRI  yang terdekat, khususnya kantor unit pelayanan BRI gunung Tinggi yang baru-baru tadi telah diresmikan oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu.

“sebagai wujud keperdulian  Pemda dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang wajib pajak, maka disediakan lah teras BRI di wilayah gunung Tinggi agar memudahkan masyarakat dalam membayar PBB –P2 secara online.”paparnya.

 

Pemkab Tanah Bumbu Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Senin, 23 Juni 2014 13:10 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Pemkab Tanah Bumbu memperingati hari lingkungan sedunia yang ditetapkan menurut kalender Kementrian Lingkungan Hidup RI yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 juni.

Tahun ini dengan tema “satukan langkah lindungi ekosistem dari perubahan iklim” peringatan tersebut dilaksanakan didepan kantor Bupati Tanah Bumbu, pada hari senin (23/6/14).

Acara yang di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu, H. Difriadi Darjat tersebut diikuti oleh seluruh SKPD yang ada di Tanah Bumbu, Badan Lingkungan Hidup Tanah Bumbu, beberapa instansi/perusahaan, dewan guru dan para pelajar dari SD-SMA sederajat.

Sebelum membacakan sambutan dari Menteri Negara, Wakil Bupati menyampaikan bahwa menjaga lingkungan hidup dimulai dari sekolah, karena sejak dini anak-anak inilah yang nantinya akan menjaga kelanjutan lingkungan hidup. ”Sejak dini haruslah ditanamkan pada mereka bahwa menjaga lingkungan hidup itu penting,karena jika lingkungan rusak maka kita akan terganggu”, ujarnya.

Ia menambahkan peran masyarakat juga sangat penting dalam turut serta menjaga lingkungan sekitarnya, karena manusia dengan alam lingkungan mempunyai hubungan simbiosis mutualisme yang tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain.

“Perusahaan-perusahaan di tanah bumbu wajib ikut serta dalam menjaga lingkungan hidup, jangan hanya  mengambil keuntungan semata dari alam tanpa memperhatikan kelangsungan ekosistem sekitar”. pungkasnya.

Dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia tersebut, yang juga sekaligus penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba sekolah se-Kabupaten Tanah Bumbu Adiwiyata yang diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Kabupaten Tanah Bumbu.

Berikut nama-nama sekolah yang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata :
1. Di tingkat SD, juara 1 diraih oleh SDN 8 Kampung Baru Kec.Simpang Empat, juara 2 SDN 1 Batu Meranti kec. Sungai loban, dan juara 3 adalah SDN 2 Giri Mulya kec. Kuranji.
2. Di tingkat SMP, juara 1 diraih oleh SMP N 1 Kusan Hilir, juara 2 SMP N 1 Angsana, dan juara 3 adalah SMP N 2 Satui.
3. Pada tingkat SMA, juara 1 diraih oleh SMA N 1 Satui, juara 2 SMA N 1 Kusan Hulu, dan juara 3 di raih oleh SMK N 1 Sungai Loban.

Selain memberikan penghargaan kepada sekolah-sekolah, Pemkab Tanbu juga memberikan penghargaan kepada beberapa perusahaan-perusahaan yang menjaga lingkungan, serta kepada kelompok pemerhati lingkungan.

Harapan Pemkab Tanbu dengan adanya penghargaan tersebut bagi mereka yang mendapatkan bisa lebih meningkatkan peran dalam menjaga lingkungan dan untuk yang lain agar bisa termotivasi dan mencontoh mereka. (taufik)

 

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Sepakati MoU Tanah Bumbu Digital Society Dengan PT Telkom

Kamis, 19 Juni 2014 03:23 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

PT Telkom kembali menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang bertempat di Ruang Kerja Sekertaris Daerah Kabupten Tanah Bumbu. PT Telkom yang diwakili oleh M Amanuddin selaku General Manager Witel Kalsel dan Kalteng (Banjarmasin) Divisi Telkom Timur bersama Sekertaris Daerah kabupaten Tanah Bumbu, Drs Said Akhmad MM, melakukan penandatanganan MoU tentang penyediaan layanan Tanah Bumbu Digital Society. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan pada hari Rabu 18 Juni 2014.

Tanah Bumbu Digital Society merupakan sebuah program dalam rangka mewujudkan upaya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang terintegrasi dan berkelanjutan di era digital dan keterbukaan informasi publik, sehingga memberikan dampak praktis dan effisien bagi masyarakat maupun dalam pengelolaan administrasi pemerintahan.

Kesepakatan bersama ini dimaksudkan untuk mendukung implementasi Tanah Bumbu Digital Society guna meningkatkan jenis dan mutu pelayanan serta sumber daya dibidang Pemerintahan, Pendidikan, KUMKM, Kesehatan dan lain sebagainya, dengan tujuna dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

Bentuk kerja sama tersebut meliputi :
1. Perencanaa Tanah Bumbu Digital Society dan Implementasi
2. Membangun infrastruktur Jaringan Akses
3. Penyediaan Layanan Tripel play voice, Data dan Internet serta Video
4. Penyedian Layanan Aplikasi, Customer Premises Equipment dan pemeliharaannya
5. Penyedia Layanan Pendukung lanjutan
6. Pengembangan Tanah Bumbu Digital Society

Didampingi oleh Kabid Kominfo Dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika Kabupaten Tanah Bumbu, Sekertaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Drs Said Akhmad MM menyambut baik kerjasama tersebut. Menurutnya, layanan Tanah Bumbu Digital Society sangat dibutuhkan terutama di lingkungan kantor Pemkab Tanah Bumbu.

Ruang lingkup implementasi Tanah Bumbu Digital Society meliputi program-program smart infrastruktur, layanan  triple play, Indonesia wifi, smart Government, smart education, program indipreneur, home broadband/home digital, pelatihan broadband learning center dan layanan support lanjutan.



Terpisah, Kabid Kominfo Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Riza Akhyari S.Kom mengatakan, dengan adanya MoU Pemerintah Daerah dengan PT. Telkom, diharapkan program pengembangan e-Government di Tanah Bumbu bisa berjalan dengan maksimal dan dengan adanya penambahan sarana jaringan telekomunikasi yang dipasang di lingkungan kantor Pemkab Tanah Bumbu maka akan mempermudah dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

"Program yang diterapkan bersama PT Telkom ini adalah layanan internet dan intranet yang akan diterapkan di lingkungan perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Gunung Tinggi" jelasnya.

Riza Akhyari menambahkan, infrastruktur jaringan internet yang sudah ada di lingkungan perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu melalui program sebelumnya, akan dialihkan kejaringan internet Desa.

Kerjasama ini merupakan bentuk dukungan PT Telkom terhadap Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu untuk meningkatkan kemampuan kinerja sumber daya internal dalam mengembangkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dengan memanfaatkan kemajuan dan perkembangan di bidang TIK sebagai media akses dalam melayani masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Tanah Bumbu Meraih Predikat Opini WTP Dari BPK RI

Rabu, 18 Juni 2014 07:33 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (tanbu), meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas laporan keuangan tahun 2013.

Predikat tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi dalam hal pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah. Penghargaan WTP yang diberikan oleh BPK tersebut merupakan yang pertama kalinya diraih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tersebut ialah hasil pemeriksaan akuntan, terhadap manajemen laporan keuangan dalam suatu periode akuntansi, yang disusun berdasarkan Standart Akuntansi yang diaudit.

Pemerinah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, berharap untuk ke depannya dalam rangka untuk mempertahan predikat opini WTP yang diberikan oleh BPk RI dan untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan Daerah, khususnya pengelolaan dan pertanggung jawaban APBD Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun berikutnya akan lebih baik, karena bukan tidak mungkin pada tahun berikutnya pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak BPK RI akan semakin ketat.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|