Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:568 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1037 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:915 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintahan

Pemkab Gelar Pisah Sambut Kajari di Kediamannya

Senin, 06 Oktober 2014 00:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Dalam rangka menggelar acara “Pisah Sambut Kajari” yang dilaksanakan pada hari kamis (2/10), bertempat dikediaman Bupati Tanah Bumbu, Jalan Manggis Desa Batulicin.

Pada kesempatan tersebut Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming dalam sambutannya  menyampaikan ucapan terima kasih kepada H Ponco yang sudah membimbing dan memberi masukan hukum ke Pemkab Tanah Bumbu.

"Terima kasih kepada H. Ponco Hartanto, SH atas kerjasamanya selama ini yang telah ikut menyumbangkan pemikirannya dalam bidang hukum di Kabupaten Tanah Bumbu”, ucap Bupati.

Menanggapi ucapan Bupati Tanah Bumbu, H Ponco mengatakan dirinya akan pindah tugas sebagai Asisten Kasi Datun di Kejaksaan Tinggi Banjarmasin Kalsel. "Saya pribadi sangat berterima kasih pada Bupati sekeluarga, yang selalu mengajak berbuat baik pada sesame”, ungkapnya.

Acara pisah Sambut yang digelar Bupati ini dihadiri oleh unsur FKPD, Polres, Dandim, Ketua PN, Kajari, Ketua DPRD, Kepala BPN dan pimpinan SKPD Tanbu serta undangan lainnya. Acara diakhiri dengan pemberian cindera mata oleh unsur FKPD kepada Kajari H. Ponco Hartanto SH selaku Kajari lama.

 

Pemkab Jamin Hewan Qurban

Jumat, 03 Oktober 2014 02:56 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Pemkab Tanbu menjamin ketersediaan hewan qurban untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Adha 1435 H tahun ini. Melalui keterangan yang di berikan oleh Kepala Bidang Produksi dan Pengembangan Ternak, Agus Susanto, Abdul Karim selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan, “ketersediaan hewan qurban tahun ini cukup aman. Bagi masyarakat yang membutuhkan hewan qurban tidak perlu khawatir". Katanya.

“ketersediaan kebutuhan hewan qurban tahun ini, mencapai kisaran 500 ekor hingga 600 ekor sapi. Jumlah ini masih kecil bila dibandingkan ketersediaan kebutuhan hewan qurban tahun lalu yang mencapai sekitar 800 ekor sapi.” Jelas Susanto.

Mengenai ketersediaan hewan qurban tahun ini Bupati Tanbu, Mardani H. Maming mengharapkan para petugas Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan terus melakukan upaya kontrol dan pemeriksaan terkait kondisi kesehatan hewan qurban sebelum dilakukan proses pemotongan.

“Penyembelihan hewan qurban adalah wujud kepedulian kita sebagai umat beragama terhadap sesama yang masih dalam kondisi kurang mampu.” Jelas Bupati.

Nilai-nilai pengorbanan semacam ini perlu dikembangkan demi memperkuat rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam tatanan hidup berbangsa dan bernegara.

 

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Kamis, 02 Oktober 2014 00:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Dalam rangka memperingati hari “Kesaktian Pancasila” yang jatuh pada hari Rabu (01/10) Pemkab Tanbu menggelar sebuah kegiatan upacara yang bertemakan “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi”, yang bertempat di depan halaman kantor Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi.

Upacara yang dikomandani oleh Wahyono selaku Lettu Infantri dari Pasipers Kodim Tanbu 1022 ini dihadiri oleh beberapa pejabat Eselon III, dan II, serta wakil Bupati Tanah Bumbu, Drs. H. Difriadi Drajat yang pada kesempatan kali ini menjadi inspektur upacara. Ada pun peserta upacara di kegiatan tersebut, yaitu di antaranya:

1.    Pasukan TNI Tanah Bumbu;
2.    Pasukan Angkatan Laut Tanah Bumbu;
3.    Pasukan Polres Tanah Bumbu;
4.    Pasukan Brimob Tanah Bumbu;
5.    Pasukan Satpol PP Tanah Bumbu;
6.    Dan beberapa pelajar yang magang di beberapa SKPD Tanah Bumbu

Pada kesempatan ini Mendikbud RI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakiil Bupati Tanah Bumbu Drs. H. Difriari Drajat mengatakan bahwa disamping pancasila telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara secara utuh, pancasila juga telah memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masyarakat kita. Nilai-nilai pancasila telah membuat masyarakat kita semakin matang dalam kehidupan politik seperti mana yang telah kita tampilkan saat Pemilu beberapa waktu lalu. Hal ini juga telah menepis bahwa pancasila kurang memperoleh perhatian masyarakat sejak reformasi 1998.

Untuk itulah kita harus terus memperkuat nilai-nilai pancasila yang telah menunjukkan dan memungkin kita hidup berdampingan dengan damai, harmonis, dan penuh toleransi, walaupun pada kenyataannya kita hidup di dunia globalisasi yang banyak mengutamakan kepentingan pribadi atau kelompok tertentu dan tidak memperdulikan kepentingan dan hak orang lain terutama bila kita berbeda RAS, agama, adat istiadat, dan budaya. Tapi semua itu akan hilang jika kita semua menjadikan nilai-nilai pancasila yang memegang teguh ke Bhinneka Tunggal Ikaan sebagai pondasi dalam kehidupan kita yang berbingkaikan NKRI.

 

Pembukaan Rakor Panitia RANHAM Tanbu 2014

Kamis, 25 September 2014 00:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Pada acara kegiatan Pembukaan Rakor Panitia RANHAM Tanbu 2014 yang dilaksanakan di ruang rapat Sekda, Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jl Dharma Praja No. 1, Gunung Tinggi (23/9), Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menjelaskan tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Indonesia Tahun 2011–2014 adalah merupakan upaya untuk meng-implementasikan penegakan HAM dengan memberikan peran penting kepada Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Aksi Nasional HAM.

RANHAM juga merupakan komitmen Negara dan Pemerintah Republik Indonesia terhadap penghormatan Hak Asasi Manusia baik di Pusat maupun di Daerah di seluruh Indonesia dengan memperhatikan aspek pluralisme dan multi-kulturis-me. Oleh karena itu mandat tersebut harus dipahami, dijadikan acuan dan dilaksanakan oleh semua Penyelenggara Kekuasaan Negara secara akuntabel.

Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tanah Byumbu, H Difriadi Darjat menjelaskan, tentang peran Panitia RANHAM dalam pengambilan kebijakan Daerah yang didasarkan pada penilaian kebutuhan, pengarusutamaan HAM, penyelarasan aturan hukum dengan standard dan norma HAM, standar prosedur operasional bagi penerapan kebijakan dan peraturan, pemantauan terhadap kinerja aparat dalam pelayanan publik dan pemantauan perbaikan kondisi masyarakat yang kurang beruntung termasuk kelompok rentan dan oleh karena itu, pemahaman HAM harus mampu dijabarkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di Pemerintah dan ini menjadi tantangan bagi Panitia Pelaksana RANHAM Kabupaten Tanah Bumbu, untuk memberikan pemahaman terhadap makna Hak Asasi Manusia.

 

Tanah Bumbu Peringati HAORNAS Ke-31

Senin, 29 September 2014 01:17 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Dalam rangka memperingati HAORNAS (Hari Olahraga Nasional) yang ke-31 yang jatuh pada tanggal 09 September 2014 lalu, Pemkab Tanbu menggelar sebuah kegiatan senam bersama di halaman depan Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jum’at (26/9) kemarin.

Dalam kegiatan ini Pemkab Tanbu mengundang seluruh SKPD, jajaran pejabat, dan beberapa siswa dari beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu untuk mengikuti acara tersebut.

Pada kesempatan ini Menpora RI, Drs. Roy Suryo Notodiprojo Msc, melalui Bupati Tanah Bumbu yang di wakili oleh Said Akhmad, MM, selaku Sekda Kabupaten Tanah Bumbu dalam sambutannya, mengajak kepada semua peserta dan para undangan yang hadir di  acara tersebut agar dapat menjadikan momentum ini untuk mengingatkan kita semua untuk membangun budaya olahraga.

Mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga adalah merupakan slogan yang harus terus diimplementasikan secara baik dan benar di kalangan seluruh masyarakat. Dengan demikian, kita dapat membangun keolahragaan nasional dengan fondasi yang kokoh, yakni budaya olahraga yang tumbuh dan kuat serta hidup sehat dan bugar dalam aktivitas keseharian masyarakat.

Dalam pergelaran yang bertemakan “Olahraga Satukan Semangat Bangsa” ini juga di harapkan akan menjadi ladang tempat tumbuhnya atlit-atlit yang mempunyai talenta tinggi yang bisa berprestasi di kejuaraan ajang nasional maupun internasional. Sebagaimana kita ketahui setiap Negara atau daerah yang menjadikan budaya olahraga sebagai fondasi Negara atau daerahnya maka akan memberikan pencapaian prestasi dan menjadi hebat di setiap kompetisi baik itu regional maupun internasional dan secara langsung akan menumbuhkan budaya disiplin, konsistensi, kompetisi, persahabatan, kesatuan dan persatuan.

Sekda mengajak kepada semua pimpinan lembaga, instansi di pusat, kepala daerah di tingkat Propinsi dan Kabupaten untuk menggerakkan hati masyarakatnya untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan pembudayaan olahraga melalui menyediaan sarana dan prasarana, pendataan serta menggalakkan event-event olahraga baik rekreasi, pendidikan, maupun prestasi.

Selanjunya beliau juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar mau bersama-sama bekerja keras dalam membangun kekompakan, keuletan dan ketekunan, tekad dan spirit demi terwujudnya kemajuan prestasi di bidang olahraga baik itu tingkat Nasional maupun  Internasional.

 

Konferkil PWI Tanah Bumbu

Senin, 29 September 2014 01:01 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

PWI Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan acara Konferkil PWI yang bertemakan “Dengan Konferkil PWI, Kita Tingkatkan Profesionalisme Jurnalis Yang Lebih Bermartabat”, yang dilaksanakan di Gedung PKK Kapet Batulicin, Jum'at (26/09/).

Ada pun agenda acara, yaitu Pemilihan Ketua PWI Tanah Bumbu dan anggota yang kemudian dilanjutkan lagi dengan acara pelatihan jurnalistik bagi 30 orang tenaga pengajar, yang nantinya akan mendapatkan Sertifikat Piagam Jurnalistik dari Ketua PWI Propinsi Kalimantan Selatan.

Bupati Tanbu, Mardani H. Maming sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas dilaksanakannya Konferkil PWI yang digelar oleh cabang PWI Tanah Bumbu ini. Dalam sambutannya Bupati mengatakan, PWI khususnya insan pers memang mempunyai andil yang sangat besar dalam kemajuan pembangunan suatu daerah, dan mampu menjadi motor penggerak dalam segala bidang pembangunan.

"Hanya saja menurut bupati, insan pers harus bisa memilah pemberitaan, agar masyarakat yang membaca tidak terprovokasi dan terpancing untuk menimbulkan kericuhan. Pemberitaan yang baik, adalah pemberitaan yang balance, yang mengakomodir berbagai sumber konfirmasi, serta tidak berbentuk sebagai opini pribadi semata", katanya.

Hernawan SE, selaku Ketua PWI Tanah Bumbu dalam sambutannya menyampaikan, PWI Tanah Bumbu berdiri karena adanya semangat yang kuat dan keinginan para wartawan, hingga terbentuklah PWI Cabang Tanah Bumbu dengan beranggotakan 9 orang pelaku jurnalis.

Dalam perjalanannya hingga sekarang, PWI Tanbu telah memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu. Selain melalui pemberitaan sebagai konsumsi publik, PWI Tanbu juga secara rutin menggelar bhakti sosial dan memberikan pelatihan jurnalis bagi siswa SMA sederajat, bahkan telah bekerjasama dengan pihak perusahaan dalam hal pelatihan jurnalistik.

Sementara Ketua PWI Propinsi Kalimantan Selatan, Drs. Fathurrahman yang datang bersama rombongan dari Banjarmasin menyampaikan, terlaksananya acara Konferkil PWI ini ialah berkat semangat kebersamaan dan persatuan, hingga semua elemen bisa berkumpul bersama.

"Ini adalah tanda kebersamaan antara insan pers dengan komponen unsur pemerintahan dan lembaga lainnya, hingga menjadi bagian penting dalam membangun kemajuan daerah nantinya", katanya.

Ia juga menambahkan, dengan Konferkil PWI Tanbu ini, kedepannya bisa lebih berkontribusi lagi ke daerah dan mampu meningkatkan profesionalisme wartawan serta lebih banyak lagi memberikan ilmu jurnalis pada masyarakat melalui pelatihan-pelatihan jurnalistik.

 

Kader PDIP Jabat Ketua DPRD Tanbu

Jumat, 26 September 2014 00:42 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar rapat paripurna istimewa tentang peresmian dan pengucapan sumpah janji ketua dan wakil ketua DPRD periode 2014-2015  sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 188.44/0498/Hum/2014 yang dihadiri 25 orang anggota DPRD , Sekda, kepala SKPD, Kapolres , Dandim, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri yang bertempat di gedung Sekretariat DPRD  Kamis (25/09).

Acara pengucapan sumpah janji ketua dan wakil ketua DPRD  dipimpin langsung oleh ketua pengadilan negeri Batulicin, Zamroni, SH. MH disaksikan oleh Sekda, anggota DPRD, kepala SKPD dan unsur Muspida. Adapun yang menjabat sebagai ketua DPRD priode 2014-2019 yakni H. Supiansyah, SE. MH dari Fraksi partai demokrasi Indonesia perjuangan sedangkan untuk jabatan wakil ketua yakni H. Hasanuddin, Sag dari  Fraksi partai kebangkitan bangsa dan H. M. Alfian Rahman, SE. MM dari fraksi Partai gerindra.

Rapat paripurna istimewa ini dipimpin oleh ketua DRPD sementara H. Supansyah, SE. MH  dalam sambutannya mengatakan,” saya berharap dengan diresmikan dan pengucapan sumpah janji ketua DPRD yang baru mampu memberikan perubahan di DPRD sehinggga dapat bersenergi dalam mengambil berbagai macam keputusan untuk mewujudkan peraturan-peraturan daerah yang lebih baik dan memberikan pengawasan terhadap kinerja Pemerintah Daerah dalam menjalankan program pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu,”Ujarnya.

Selain itu Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Drs. Said Akhmad, MM mengatakan,” melalui momentum pengucapan sumpah janji ketua dan wakil ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu nantinya dapat melakukan perubahan dan perbaikan bagi legeslatif yang berkaitan dengan visi pengawasan, anggota dewan hendaknya bisa melakukan pengawasan dengan memegang teguh etika politik,visi politik, misi politik dan platform politk ,Ujarnya.

Sehingga dalam mengawasi jalannya pemerintahan selalu berpedoman pada peraturan peundang-undangan serta tidak berdasarkan cerita fiksi tanpa fakta,“ terangnya.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat bekerja kepada ketua dan wakil ketua yang baru saja diambil sumpah janji nya, semoga dapat memberikan kontribusi dan ide pikiran untuk bersama sama dengan pihak eksekutif mewujudkan pembanguan di Kabupaten Tanah Bumbu,” tambahnya. (humas)

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|