Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:389 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:929 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:812 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Pemerintahan

Pertemuan Kesiapan Implementasi Regulasi Kesehatan Internasional 2005

Kamis, 11 September 2014 00:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Pada kegiatan Pertemuan Kesiapan Implementasi Regulasi Kesehatan Internasional 2005 di Kabupaten Tanah Bumbu yang dilaksanakan pada hari selasa, 9/9/14 di Hotel Ebony Batulicin, Pemkab Tanbu hadir sebagai bentuk dukungan dan apresiasi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu akan kegiatan tersebut.

Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu, H Difriadi Darjat berharap melalui pertemuan ini, akan banyak hal dan kesepakatan yang dapat dihasilkan bersama, terutama terhadap bidang kesehatan dan kepelabuhanan serta implementasi dari regulasi kesehatan serta upaya terhadap pengendaliannya di Bumi Bersujud.

“Untuk itu, dengan pertemuan ini kami berharap kantor kesehatan pelabuhan dan instansi lintas sektor yang berkaitan dengan penerapan Peraturan Kesehatan Internasional di Kabupaten Tanah Bumbu dapat secara bersama-sama diterapkan secara optimal”.

“Karena pemberlakuan IHR atau Peraturan Kesehatan Internasional 2005 penting untuk dilakukan, sebab memiliki tujuan untuk mencegah, melindungi dan mengendalikan penyebaran penyakit secara internasional, dengan melakukan tindakan sesuai resiko kesehatan yang dihadapi tanpa menimbulkan gangguan yang berarti bagi lalu lintas dan perdagangan daerah”.

“Sehingga dengan demikian, arus barang dan jasa dari dan ke Kabupaten Tanah Bumbu, akan tetap berjalan dengan baik dan lancar tanpa hambatan yang berarti”, jelasnya.

Beliau juga mengajak kepada semua para peserta pertemuan ini, agar dapat memanfaatkan pertemuan ini, guna mempersiapkan instansi masing-masing dalam mengimplementasikan IHR 2005, dengan senantiasa mengoptimalkan pelayanan yang baik kepada para pengguna jasa.

 

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia Tahun 2014

Kamis, 11 September 2014 00:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang ke-7 di Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2014 , Pemkab Tanbu secara langsung hadir di acara yang di gelar di Desa Sungai Loban Kecamatan Sungai Loban, jum’at (5/9) kemarin.

Pada acara tersebut, Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming dalam sambutannya mengatakan, kami pemerintah daerah menyampaikan ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada kita semua yang telah hadir, untuk turut serta mensukseskan kegiatan mulia ini.

Karena seperti kita ketahui, kegiatan menanam pohon ini adalah disamping bertujuan untuk kembali membangkitkan semangat, motivasi, dan membudayakan seluruh masyarakat Tanah Bumbu agar menanam dan memelihara pohon, juga  merupakan tanggungjawab dan implementasi dari komitmen kita bersama dalam upaya membangun ekosistem hutan, memperbaiki, merehabilitasi dan meres-torasi hutan serta lahan yang ada di Wilayah Tanah Bumbu.

Selanjutnya melalui peringatan HMPI dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2014 ini, kami mengajak kepada kita semua dan seluruh masyarakat di daerah ini, baik dari instansi terkait, kalangan pendidikan, TNI, POLRI, dan swasta, untuk melakukan aksi penghijauan melalui penanaman pohon secara kontinyu, karena dengan menanam pohon berarti kita menyelamatkan kehidupan generasi dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan yang baik ini, Beliau juga menyampaikan kepada semua yang hadir di acara tersebut, melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun 2013 yang lalu telah menyerahkan Bantuan Hibah Bibit Mangrove seluas 60 Hektar untuk 2 kelompok Tani di 2 Desa, yaitu Desa Muara Pagatan dan Tengah di Kecamatan Kusan Hilir.

Dan untuk tahun 2014 ini, dilaksanakan penanaman Mangrove seluas 15 Hektar untuk 2 kelompok tani di 2 Desa, yaitu Desa Sungai Dua Laut dan Sungai Loban Kecamatan Sungai Loban, dengan bibit Manggrove sebanyak 71.876 batang bibit, yang kegiatannya kita laksanakan pada hari ini.

Kemudian bantuan hibah daerah berupa tanaman karet sebanyak 250 ribu batang dan kelapa sawit sebanyak 70 ribu batang melalui program peningkatan Produksi Pertanian/Perkebunan dengan kegiatan penyediaan sarana produksi Pertanian/Perkebunan Tahun Anggaran 2014 melalui Dishutbun Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk bantuan hibah tanaman karet diberikan kepada 20 kelompok tani, 14 desa dan 5 kecamatan, sedangkan untuk kelapa sawit diberikan kepada 16 kelompok tani, 10 desa dan 2 kecamatan.

 

Pemkab Tanbu lantik Pejabat Administrator Eselon III

Senin, 01 September 2014 00:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Pada hari Jum’at, 29/8/14 bertempat di Kantor Bupati Tanah Bumbu Gunung Tinggi, Pemerintah melaksanakan pelantikan pejabat administrator eselon III di lingkungan pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada kesempatan tersebut sebanyak 12 orang pejabat dilantik terdiri dari pejabat di lingkup SKPD serta pejabat di lingkup Kecamatan. Sejumlah pejabat eselon III tersebut dilantik oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Drs. H. Said Ahmad, M.M.

Adapun nama-nama pejabat yang dilantik beserta jabatan baru yang diampunya adalah sebagai berikut:
1.    Suwignyo, A.Md dilantik sebagai Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.
2.    Muhammad Kadir HS, S.P dilantik sebagai Sekretaris Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan.
3.    Drs. Akhmad Jumriadi dilantik sebagai Kepala Bidang Kelembagaan Sarana dan Prasarana pada Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan.
4.    Fakhruddin, S.Sos dilantik sebagai Kepala Bidang Pelayanan dan Peninjauan Lapangan pada Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Daerah.
5.    Eryanto Rais, S.H, M.M dilantik sebagai Camat Angsana Kabupaten Tanah Bumbu.
6.    H. Setia Budi, SKM, M.M dilantik sebagai Camat Satui Kabupaten Tanah Bumbu.
7.    Bachriansyah, S.E dilantik sebagai Camat Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu.
8.    Nahrul Fajeri, S.Pd., M.Pd., dilantik sebagai Camat Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu.
9.    Muhammad Sairi, S.AP., dilantik sebagai Camat Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu.
10.    Muhammad Amin, S.P., dilantik sebagai Camat Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu.
11.    Biden, BA dilantik sebagai Sekretaris Camat Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu.
12.    H. Abdul Jabar, S.AP., dilantik sebagai Sekretaris Camat Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daera berharap, pejabat yang baru dilantik sanggup menyikapi perubahan jabatan secara bijak dan proporsional.

Beliau juga menghimbau kepada pejabat yang dilantik untuk menghindari berpikiran dan berperilaku negatif terhadap mutasi atau penugasan pada jabatan baru.

Sebaliknya, mereka harus memandang pelantikan ini sebagai wahana peningkatan kualitas pribadi yang harus diutamakan. Hal ini tentu bermuara pada tujuan utama, yaitu meningkatkan kualitas kinerja Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

 

Bupati Tanah Bumbu Sambut Kunjungan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel

Kamis, 28 Agustus 2014 03:38 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Dalam rangka menyambut kunjungan Kepala Kejaksanaan Tinggi Provinsi Kalimantan Selatan, Pudji Basuki Setijo, SH, beserta jajaran Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar kegiatan ramah tamah bersama di kediamannya (Batulicin), selasa 26/8/14 kemarin.

Dikesempatan tersebut Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming dalam sambutannya mengatakan “harapan kami semoga melalui pertemuan dan silaturahmi ini, antara Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dengan Kajaksaan Tinggi Kalimatan Selatan, dapat menjalin hubungan yang solid dan harmonis, serta mampu berkerjasama dalam memecahkan berbagai persoalan hukum yang terjadi, khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu, demi tercapainya penegakan supremasi hukum”.

Karena peran Kejaksaan sangatlah penting dan strategis dalam melaksanakan penegakan hukum yang sesuai dengan asas peradilan berdasarkan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Untuk itu kebersamaan antara Pemerintah, Pihak Kejaksaan dan lembaga peradilan lainnya, maupun masyarakat, dalam mengisi pembangunan daerah, harus selalu menjadi perhatian kita semua, karena dalam sebuah penyelanggaraan negara dan Pemerintahan harus lebih banyak mengutamakan kepentingan masyarakat.

Berkenaan dengan hal tersebut Bupati menambahkan “jadi saya pribadi selaku Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan beserta seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, menyucapkan banyak terimakasih atas segala dukungan selama ini, baik melalui peran aktif Kejaksaan dalam semua proses kemajuan Tanah Bumbu, maupun dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kualitas pelayanan dibidang hukum, dalam rangka mewujudkan ketertiban, keadilan, keamanan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu ini”.

 

Kejati Kalsel Kunjungi Tanah Bumbu

Kamis, 28 Agustus 2014 03:34 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Guna membangun tali silaturhmi  antara penegak hukum dan jajaran muspida Tanah Bumbu baik pihak eksekutif dan legilatif, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan Pudji Basuki Setijono, SH mengunjungi Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (26/8) kemaren.

Kunjungannya  disambut langsung oleh Bupati Tanah Bumbu melalui  acara malam ramah tamah di kediamannya   bersama Anggota DPRD Tanbu yang baru dilantik priode 2014-2019.

Dalam sambutannya Kejati Kalsel mengucapkan  Kepada anggota DPRD yang  baru dilantk semoga memulai  tugas yang baru  dapat menunjukan pengabdian yang sesuai diharapkan oleh masyarakat serta  selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT.

“Selaku kepala kejaksaan tinggi yang baru merupakan kewajiban  untuk menengok saudara-saudara yang ada di Tanah Bumbu sekaligus mengucapkan kata permisi kepada jajaran pemerintah daerah kabupaten Tanah Bumbu dan masyarakatnya  semoga kehadiran saya lebih mendorong serta meningkatkan segala upaya yang dilakukan Bupati Tanah Bumbu beserta jajaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu,” ujarnya.

Selain itu kehadirannya juga ingin mendorong serta mengamankan seluruh pembangunan  yang dilakukan pemerintah kabupaten Tanbu, tentunya selaku aparat penegak hukum termasuk kapolres dan ketua pengadilan negeri  melalui  fungsi penegakan hukumnya tidak akan mencari cari kesalahan pada semua pihak.

“Terkait itu, saya menekankan kepada seluruh jajaran jangan melakukan perbuatan yang bersipat zolim, lakukan yang benar itu benar dan yang salah itu salah.jangan sampai membenarkan yang salah dan terlebih lagi  yang salah dibenarkan,” tegasnya.

Menurut kejati perbuatan zolim suatu perbuatan yang  paling saya takuti, kerena perbuatan zolim merupakan perbuatan yang sangat dimurkai allah dan disitu ada janji Allah manakala kita berbuat zolim maka akan dibalas oleh Allah.

“Melalui kebersamaan ini, kami  juga mengajak seluruh jajaran Pemkab Tanah Bumbu untuk  bisa  membangun kebersamaan secara utuh terutama kepada SKPD dilingkungan Pemkab Tanah Bumbu dapat menjadi panutan bagi masyarakat untuk menjadi tauladan dalam menciptkan hidup rukun secara damai  menuju cita-cita kesejahteraan yang diharapkan oleh masyarakat,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H.Maming mengapresiasi atas kunjungan Kejati Kalsel, menurutnya dengan kunjungan tersebut  akan dijadikan sebuah momentum positif dalam pembinaan hukum terhadap  penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Tentunya, kapasitas aparatur pelaksana pemerintahan perlu pengawasan secara hukum agar kedepannya proses penyelenggaraan pemerintahan yang  berjalan dapat dipahami aparatur sesuai dengan aturan hukum yang sudah ditetapkan,“ ungkapnya.

 

Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2014

Senin, 25 Agustus 2014 00:00 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Belajar  dari  pengalaman   tahun-tahun sebelumnya,  pada  Rancangan  APBD Perubahan Tahun Anggaran 2014 yang dilaksanakan di gedung DPRD Tanah Bumbu, hendaknya dapat  lebih  dimaksimal  dibandingkan tahun lalu.

Dimana dari rancangan APBD Perubahan tahun anggaran 2014 ini diharapkan, dapat mewakili dari seluruh kegiatan Pemerintah  Kabupaten Tanah Bumbu dan  nantinya dapat menjadi acuan dalam mewujudkan segala program yang telah dirancang untuk melaksanakan pembangunan dan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam penyampaiannya diacara yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Senin 25/8/14, Pemkab berharap agar percepatan program pembangunan daerah, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud ini terus diupayakan oleh para aparat pemerintah daerah, dan tentu dibutuhkan kerja keras sehingga semua keperluan masyarakat seperti pelayanan dan lain sebagainya dapat terpenuhi.

Oleh karena itu, dalam rangka mewujudkan program pembangunan dan pelayanan masyarakat yang optimal tersebut, maka melalui APBD Perubahan tahun anggaran 2014 ini, kita harus lebih efektif dan lebih efisien dalam mengelola Anggaran yang tentu dibarengi dengan upaya peningkatan kualitas dan kuantitas, serta kapasitas kerja, sehingga akan mengarah pada peningkatan mutu dan kualitas hasil kerja serta kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan.

Sementara itu masukan-masukan dan koreksi yang terkait dengan raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2014, Pemerintah sangat mengapresiasi atas segala saran, usul, dan pendapat, dari seluruh fraksi-fraksi atas Raperda APBD Perubahan tahun anggaran 2014 ini.

Karena hal itu menjadi penyempurnaan Raperda, baik secara normatif, maupun secara substansi. Sehingga memenuhi standar Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011, tentang penyusunan peraturan Perundang-undangan.

 

Pengambilan Keputusan Akhir Terkait Dengan PANSUS HGU PT. KAM Tahun 2014

Selasa, 26 Agustus 2014 04:50 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Dalam rangka pengambilan keputusan akhir terkait dengan PANSUS HGU PT. KAM Tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menghadiri rapat paripurna DPRD yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, senin 25/8/14.

Pada acara tersebut Pemkab menyampaikan sambutan untuk para Pimpinan Dewan, unsur-unsur pimpinan, fraksi-fraksi, yang hadir di acara Rapat Paripurna dalam rangka Pengambilan Keputusan terkait dengan Panitia Khusus Hak Guna Usaha PT. KAM tersebut.

Rapat paripurna pansus ini, tentu akan ada masukan, saran dan catatan yang disampaikan dari unsur-unsur fraksi, yang dapat dijadikan acuan dasar konstruktif, serta menjadi salah satu landasan kebijakan program pembangunan strategis kedepan.

Demi lancarnya penyelenggaraan pansus para pihak ekskutif akan menindaklanjuti dan meneruskannya kepada pihak terkait, dan terkait hal-hal yang belum jelas akan didiskusikan lebih lanjut di rapat tersebut.

Hal ini akan diupayakan semaksimal mungkin sebagai proyeksi bersama dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud.

Pemerintah berharap melalui Peraturan Daerah yang dijadikan landasan dasar konstruktif tersebut nantinya berdampak positif bagi pembangunan daerah, khususnya pada upaya untuk mendorong peningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat, sebagai komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|