Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:83 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:409 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
KASPIN Dorong Peningkatan Kualitas Kelua…

PEMERINTAH KABUPATEN TANAH BUMBU KASPIN Dorong Peningkatan Kualitas Keluarga Tanah Bumbu Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera Berangkat dari visi dan misi untuk memberikan pelayanan langsung dan gratis kepada publik khususnya...

Administrator 29 Jul 2013 Hits:1175 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Seputar Tanbu

Wakil Bupati Buka Lomba Paduan Suara Mars Tanbu

Kamis, 04 November 2010 14:42 Humas Berita - Seputar Tanbu
Cetak
pembukaan_lomba_paduan_suara.jpgBatulicin - Lagu lagu daerah adalah aset berharga dalam bidang seni dan budaya yang dimiliki suatu daerah, karena itu demi meningkatkan dan melestarikan lagu lagu daerah di Kabupaten Tanah Bumbu, Pemerintah daerah bersama sanggar Bina Persada 7 februari menggelar Lomba paduan suara yang dilangsungkan di gedung 7 februari Pagatan (01/11).
Lomba paduan suara dibuka sekitar pukul 09.00 oleh wakil Bupati Tanah Bumbu Difriadi Darjat dan diikuti oleh 18 peserta/grup paduan suara dari SMP,SMA, MA di Tanah Bumbu. Selain itu, Acara tersebut juga dihadiri oleh pencipta lagu Mars Tanah Bumbu dan Hymne Tanah Bumbu, Fadli Zur diikuti seniman seniman lainnya. Difriadi Darjat mengatakan, lagu Mars Tanah Bumbu adalah lagu yang penuh semangat dan perjuangan dan kita sebagai warga masyarakat Tanah Bumbu harus mengerti dan memahami apa makna yang terkandung pada lagu itu.
"lagu Mars Tanah Bumbu dan Hymne Tanah Bumbu yang diciptakan oleh om Fadly adalah lagu yang berisi tentang semangat membangun, semangat sepakat, semangat perjuangan, semangat damai dan semangat untuk meneruskan perjuangan kita,karena itu pahami maknanya" Ujarnya. Dia juga mengatakan kepada siswa siswi yang mengikuti lomba untuk mencontoh semangat dan perjuangan orang orang orang tua yang sudah banyak berjasa, karena perjuangan mereka sangat berat untuk mendapatkan ilmu.
"betapa beratnya semangat dan perjuangan orang tua kita dulu, karena itu kita harus menghargai dan mencontoh perjuangan perjuangan mereka", tambahnya. Fadly zur sebagai pencipta lagu Mars Tanah Bumbu dan Hymne Tanah Bumbu mengaku sangat terharu dan bangga karena pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu masih memberikan penghargaan terhadap karya karyanya. "Ini adalah Suatu kebanggaan yang tidak terduga", ujarnya.
Seniman yang mahir menciptakan lagu tersebut juga sangat senang dengan adanya acara lomba paduan suara itu. Dia juga berharap agar sanggar Bina Persada dan siswa siswi yang mengikuti lomba dapat meneruskan perjuangannya selama ini. Di akhir acara Difriadi Darjat menyerahkan bantuan kepada Fadli Zur yang dianggap berjasa kepada Kabupaten Tanah Bumbu yang telah menciptakan lagu Mars Tanah Bumbu dan Hymne Tanah Bumbu yang sudah sangat melekat dan sudah menjadi identitas atau lagu wajib Kabupaten Tanah Bumbu. (rel)
 

Zairullah Azhar Lepas Kontingen Sepak Takraw Kalsel Ke Kejurnas

Sabtu, 28 November 2009 21:37 Humas Berita - Seputar Tanbu
Cetak

zai-takraw.jpgBanjarmasin - Tim Sepaktakraw Kalsel mengikuti Kejuaraan Nasional tanggal 29 Nopember hingga 3 Desember 2009 di Jakarta. Sebanyak 18 anggota kontingen sepaktakraw Kalsel tersebut dilepas langsung keberangkatannya oleh Ketua PSTI (Persatuan Sepak Takraw Indonesia) Kalsel, Zairullah Azhar di kediamannya di Jalan Sultan Adam di kawasan sekitar SMUN 5 Banjarmasin, Sabtu (28/11).

Selengkapnya...
 

Hari Sumpah Pemuda, Mari Bangun Karakter Pemuda

Kamis, 04 November 2010 12:56 Humas Berita - Seputar Tanbu
Cetak
3_hari_sumpah_pemuda_1.jpgBatulicin - Kabupaten Tanah Bumbu memperingati hari Sumpah Pemuda ke-82 yang jatuh pada 28 Oktober 2010, upacara peringatan digelar di lapangan 7 februari Pagatan (28/10). Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09.00 pagi itu juga dihadiri oleh Anggota Dewan, unsur Muspida serta pejabat pejabat dilingkungan Kabupaten Tanah Bumbu.
Upacara peringatanHari Sumpah Pemuda dipimpin oleh Arianto Sani dari dinas PU, sedangkan Pembina upacaranya ialah Erno Rudi Handoko selaku Sekda Kab.Tanah Bumbu. Upacara yang berlangsung hikmat tersebut juga diikuti oleh Satuan Pamong Praja, Pegawai Negeri Sipil dan siswa siswi dari SD,SMP, dan SMA.
Upacara ini juga disemarakkan oleh Beberapa siswa dan siswi yang menggunakan pakaian adat. Erno Rudi Handoko yang membacakan sambutan dari Menteri Negara dan Olahraga Andi Malarangeng menyampaikan bahwa Sumpah pemuda bertujuan untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antara elemen bangsa, agar tercipta suasana damai di masyarakat.
"Hari sumpah pemuda akan memicu inspirasi dan semangat pemuda untuk terus berkarya, berkreativitas dan untuk memajukan bangsa Indonesia", ujarnya.
Erno Rudi Handoko juga menyampaikan bahwa Kekuatan dan tekad pemuda indonesia adalah kunci untuk membangun Indonesia yang maju dan bermatabat. Karakter yang kokoh ini bercirikan semangat patriotik, jiwa nasionalis, wawasan yang luas, kecerdasan yang mencerahkan, kepedulian yang merekatkan serta keteguhan untuk bersatu yang semuanya dinaungi oleh nilai nilai pancasila dalam bingkai Negara kesatuan republik Indonesia.
"pemuda Indonesia harus terus mempersiapkan diri baik secara individu maupun bersama sama untuk memupuk, memelihara, dan memperkokoh kepribadian Indonesia, Peringatan Hari Sumpah pemuda ini adalah milik pemuda Indonesia dan berisi dua rangkaian kegiatan besar yaitu, Bulan Bakti pemuda Indonesia dan pekan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Mari Kita laksanakan rangkaian peringatan ini dengan kesungguhan agar harapan untuk membangun Indonesia dapat tercapai dengan baik", tambahnya.
Sementara itu suasana di Lapangan 7 februari yang cukup terik tak membuat peserta upacara menjadi tidak bersemangat, sebaliknya siswa siswi SD,SMP, dan SMA terlihat sangat antusias mengikuti Upacara tersebut. Namun walaupun mereka menyambut antusias kegiatan tersebut, ternyata masih banyak siswa siswi yang belum mengetahui secara seksama apa maksud dan pengerian dari Sumpah Pemuda.
Seperti Julia, salah satu siswi SMP di Pagatan yang menggeleng gelengkan kepala ketika ditanya soal sumpah pemuda, atau malah Agus siswa SMA yang tak tahu menahu ketika ditanya tentang maksud dari Sumpah pemuda. Mereka adalah contoh kecil dari belum pahamnya masyarakat tentang sejarah dan makna dari Hari Sumpah Pemuda.
Namun sebagai pemuda pemuda yang akan menggantikan generasi sebelumnya dari bangsa Indonesia. Siswa Siswi tersebut bisa dijadikan contoh, walaupun mereka belum mengerti dan belum memahami Sumpah Pemuda, mereka tetap bersemangat dan ikhlas untuk mengikuti Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke 82 tersebut. (rel)
 

Pemudik Diminta Tertib

Jumat, 03 September 2010 09:51 Humas Berita - Seputar Tanbu
Cetak
mudikmotordalam.jpgBATULICIN - Lebaran tinggal sebentar lagi. Sudah menjadi tradisi, tiap lebaran banyak pemudik yang pulang kampung atau biasa dikenal mudik. Kasat Lantas AKP Idit Aditya mengimbau kepada pemudik yang mengendarai sepeda motor untuk berhati-hati. "Kalau mengantuk jangan dipaksakan. Istirahat aja dulu. Setelah itu baru dilanjutkan lagi perjalanannya," jelasnya kepada Kami. Kasat mengingatkan kepada para pemudik yang memakai sepeda motor untuk membawa semua kelengkapan surat menyuratnya, sehingga tidak terkena razia.
Selain itu, hindari membawa barang dengan jumlah banyak. "Perhatikan rambu-rambu lalulintas di jalan raya. Jangan membalap di tikungan karena sangat berbahaya. Tidak perlu ngebut yang penting sampai di tujuan dengan selamat," pesan Idit. Begitu juga kepada pengemudi roda empat, Ia mengimbau untuk menggunakan sabuk keselamatan. Menurutnya, sabuk keselamatan sangat besar mamfaatnya untuk mencegah kepala pengemudi membentur kaca depan.
Mengurangi resiko terlempar keluar dan mencegah membentur dasbor serta membentur roda pengemudi. "Apabila terjadi tabrakan memang banyak kemungkinan yang terjadi. Namun dengan sabuk keselamatan, akan menahan penumpang dan menjaga pengemudi tetap berada pada tempat duduknya," katanya.
Adapun cara yang terbaik menggunakan sabuk keselamatan, paparnya, yakni posisi sandaran kursi jangan terlalu jauh ke belakang, agar dapat bekerja dengan baik bila sandaran berada pada posisi tegak. Sabuk harus mengikat tulang pinggul dan tidak melalui pinggang serta posisi badan menempel pada sandaran."Duduk pada sandaran, dengan posisi tegak. Ikatan tali agar melintang secara alami dari bahu melintasi badan dan diikat pada pinggul,"jelasnya.
Beberapa faktor mengapa anda harus menggunakan sabuk pengaman?. Pertama, ujar Idit, merupakan alat keamanan proaktif. Kedua, penggunaan sabuk keselamatan yang benar dapat mengurangi resiko kecelakaan. Ketiga, sabuk keselamatan membantu pengemudi berada pada posisi yang nyaman. Keempat, meminimalkan gerakan tubuh sehingga mengurangi kelelahan dan nyaman dalam mengendalikan mobil. "Peraturan wajib menggunakan sabuk keselamatan di beberapa negara di dunia terbukti efektif menurunkan angka cacat seumur hidup dan kematian akibat kecelakaan lalulintas. Hal ini berdasarkan fakta di beberapa negara dengan kesadaran masyarakat yang tinggi," pungkasnya. (rel)
 

KPUD TANBU TETAPKAN NOMOR URUT CABUP DAN CAWABUP

Kamis, 22 April 2010 14:35 Humas Berita - Seputar Tanbu
Cetak

BATULICIN - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tanah Bumbu, Sabtu (10/4), memberikan dan menetapkan nomor urut kepada para pasangan Cabup-Cawabup.Terdapat 4 pasangan Cabup-Cawabup Tanah Bumbu periode 2010-2015 yang hadir pada pemberian nomor urut yang dilaksanakan di auditorium Bersujud Kapet Batulicin.
Adapun hasilnya adalah nomor urut 1 yaitu Pasangan Burhanuddin-Surinto, 2 Iqbal-Hasbi, 3 Hamsyuri-Sartono, dan 4 Dani-Difri.Semula kandidat pasangan Cabup-Cawabup berjumlah 5 pasang. Dikarenakan adanya 3 Parpol menarik dari usungan dan dukungan terhadap Pasangan Sandra-Maulid, maka pasangan ini tersingkir. Ketua KPUD Tanah Bumbu, Drs. Ec. Samsani mengatakan, selesai sudah tahapan administrasi bagi pasangan Cabup-Cawabup, selanjutnya memasuki tahapan sosialisasi dan kampanye. Ditambahkannya, terkait tersingkirnya pasangan Sandra-Maulid, merupakan keputusan lembaga dimana telah sesuai aturan.
"Silakan bila yang bersangkutan berkeinginan melakukan gugatan terhadap KPUD, kami sudah dipersiapkan dana untuk menghadapi setiap gugatan," kata Samsani. Selanjutnya menurut Samsani pula, pihaknya dalam mengambil keputusan melalui konsultasi dan mohon petunjuk sebelumnya kepada lembaga di atasnya, yaitu ke KPUD Propinsi, KPU Pusat, dan Depkumham. (rel)
 

Jelang Pemilikada Putaran Ke-2, Semua Lini Diminta Pro Aktif

Jumat, 06 Agustus 2010 08:41 Humas Berita - Seputar Tanbu
Cetak
6_foto_1.jpgBATULICIN - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2010 pada putaran ke-2 yang direncanakan pada 16 Agusutus 2010 mendatang, sejumlah komponen masyarakat diminta pro aktif melakukan persiapan dan kerjasama lintas sektor dengan baik. Hal ini diharapkan demi terciptanya keamanan dan kenyamanan selama pemilukada putaran ke-dua berlangsung di Bumi Bersujud ini. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Abdul Hakim G.MM, belum lama tadi dalam sebuah pertemuan lintas sektor di aula Mahligai Bersujud Kapet Batulicin.
Dikatakan Abdul Hakim, penyelenggaraan rapat koordinasi ini dinilai sangat penting, khususnya pada persiapan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilikada tahun 2010 sebagaimana diamanatkan dalam pasal 21 huruf b dan pasal 22 huruf c UU No.32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah yang menyatakan bahwa daerah berhak untuk memilih pimpinan daerah dan berkewajiban untuk mengembangkan kehidupan demokrasi.
Sejalan dengan UU No.12 tahun 2008 tentang perubahan UU No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, secara tegas pada pasal 56 mengamanatkan "Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dipilih dalam satu pasangan calon yang dilaksanakkan secara demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Dan selanjutnya penyelenggaraan pemilukada berpedoman kepada Peraturan Pemerintah RI No.6 tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serta UU No.22 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pemilu. Dalam rangka menghadapi sekaligus menjamin berlangsungnya stabilitas pesta demokrasi yang kondusif di Kabupaten Tanah Bumbu, diperlukan sinergisitas dan kerja keras semua elemen penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), baik KPU, Pemerintah Daerah, dan sejumlah instansi vertikal lainnya,yang terlibat didalamnya. Dengan sinergitas dan kerja keras dari semua elemen penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada, nanti kita berharap pembangunan di Bumi Bersujud yang di cita-citakan kita harapkan dapat terwujud" terang Abdul Hakim, dihadapan peserta.
Selain itu, Abdul Hakim juga mengharapkan dalam kegiatan tersebut dapat membahas dan mendiskusikan berbagai hal penting mengenai pelaksanaan Pemilukada tahun 2010, sehingga berbagai hal yang selama ini menjadi masalah di daerah dapat dicari jalan pemecahannya, diantaranya, menyamakan persepsi, khususnya antara KPU daerah dan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu serta pihak yang terkait dalam rangka menciptakan suasana kondusif, dan tertib dalam pelaksanaan Pemilukada putaran ke-dua tahun 2010.
Dengan kegiatan ini seyogyanya segala permasalahan dan solusi yang tepat dalam pelaksanaan Pemilukada 2010 mendatang, kita harapkan sudah berada di dalam kantong kita masing-masing. "Dengan demikian kita mampu menciptakan stabilitas politik yang tetap kondisif pada pelaksanaan Pemilukada, dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat,mengenai hak dan kewajibannya dalam Pemilukada melalui sosialisasi dan publikasi yang efektif, sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Dan yang terpenting dapat menciptakan kondisi yang aman bagi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilukada 2010"pinta Abdul Hakim. Sementara, Asisten I, Bidang Pemerintahan Daerah, Drs. Sumardi yang juga berhadir pada kesempatan itu, mengharapkan semua lini dapat saling berkoordinasi dengan baik dan bekerja dengan tepat sasaran, dengan tidak mendahulukan kepentingan golongan semata, baik Partai Politik, Calon, KPU, Pemerintah daerah, Aparat Keamanatan, Tokoh Masyarakat serta masyarakat luas lainnya. Demi terciptanya Tanah Bumbu yang demokratis, dan damai senantiasa.(rel)
 

Polres Tanbu Amankan Natal Dan Tahun baru Hingga +4

Rabu, 30 Desember 2009 05:16 Humas Berita - Seputar Tanbu
Cetak
polres_tanbu_bangun_pos_pengamanan_sejak_h-4_natal_dan_h-4_tahun_baru.jpgBATULICIN- sudah menjadi tanggung jawab rutin Satuan Kepolisian lalulintas Polres Tanah Bumbu tiap menjelang dan Tahun Baru di akhir Tahun. Nyaris serupa dengan kesibukannya disaat melakukan pengamanan menjelang Hari Raya besar keagamaan lainnya, yang selalu saja kerap menjadi momen bagi mereka yang berdomisili di Tanah Bumbu untuk merayakannya keluar daerah ketempat keluarga, sanak family mereka.
Menjelang Tahun Baru ini pun, Kepolisian Resort Tanah Bumbu juga mengerahkan seluruh jajaran personilnya untuk melakukan pengamanan di sejumlah fasilitas umum, baik itu di terminal, pelabuhan, Bandar udara, tempat hiburan, tempat wisata,hingga ke sejumlah jalan raya menujua lokasi tujuan perayaan akhir tahun 2009 kali ini. Bahkan tak sedikit mereka yang merayaknnya di luar Tanah Bumbu, sekaligus menggelarbersama di Kalimantan Tengah.
Kasatlantas Polres Tanah Bumbu, AKP Idit Aditya saat ditemui wartawan mengatakan pengamanan tersebut guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Tanah Bumbu untuk merayakan malam tahun baru, terutama di jalan-jalan raya yang selama ini di kategorikan sebagai jalur sibuk. Untuk itu, di titik-titik rawan tersebut pihaknya bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait mendirikan sejumlah pos pengamanan.
"Disitu semua instansi terlibat didalamnya baik itu Dinas Perhubungan, TNI/ Polri maupun Satpol PP yang diharapkan turut membantu pengaman tersebut. Pengamanan khusus dijalan raya ini kita lakukan sejak H-4 Natal hingga H+4 Tahun Baru" ucap Idit Aditya, Kasatlantas Polres Tanah Bumbu.

Diharapkannya, terlebih bagi masyarakat umum yang bakal mengisi tahun baru ke sejumlah tempat hiburan, tempat rekreasi lainnya, hendaknya benar-benar memperhatikan keselamatan di jalan raya dengan memperhatikan kondisi kendaraan dengan baik, mematuhi rambu-rambu lalulintas, melengkapi surat menyurat kendaraan dan izin mengemudi. Dan tidak membawa barang muatan yang melebihi daya mampu kendaraan.
 

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|