Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:737 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1111 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:972 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Seputar Tanbu

Tanah Bumbu Raih Penghargaan Nasional di Bidang IT

Jumat, 14 November 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Kabupaten Tanah Bumbu baru saja mendapatkan penghargaan di tingkat Nasional pada bidang IT. Penghargaan tersebut diraih oleh Relawan TIK Kabupaten Tanah Bumbu dalam  2 kategori sekaligus, yaitu sebagai pendaftar website desa terbanyak dengan 148 desa, dan web desa terbaik tingakat Nasional atas nama Desa Batu Meranti di acara Festival Destika Award 2014 yang dilaksanakan di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat, jum’at 26 September lalu.

Kedua penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Jendral Aplikasi Informasi Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Bambang Heru Tjahyono melalui Ketua Umum Pengelola Domain Internet Indonesia (PANDI), Andi Budimansyah yang diwakili oleh Kabid Dishubkominfo Provinsi Kalimantan Selatan, Bapak Saiful Fahri yang secara langsung menyerahkan kepada bapak Said Akhmad, MM selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu di acara “Serah Terima Penghargaan dan Sosialisasi Menuju Desa Informatika Berbasis Open Sources” yang digelar oleh Relawan TIK Kabupeten Tanah Bumbu, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah (Setda) Kantor Bupati Lantai 3 Gunung Tinggi, Selasa (11/11).

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat dari masing-masing desa Kabupaten Tanah Bumbu yang secara langsung menyaksikan serah terima penghargaan destika award dan sekaligus mengikuti sosialisasi menuju desa informatika berbasis open sources yang diberikan oleh tiga orang pemateri.

Dalam acara ini Pemkab Tanbu melalui sambutannya yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu, Said Akhmad, MM menyampaikan rasa terima kasih sekaligus mengucapkan selamat atas diterimanya penghargaan Desa Informatika Tahun 2014.

Terkhusus kepada Desa Batu Meranti Kecamatan Sungai Loban yang telah meraih penghargaan sebagai wesbsite desa terbaik tingkat Nasional, yang kemaren di gelar di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat.

“Oleh karena itu, harapan kami, selaku Pemerintah Daerah kepada 105 desa lainnya yang telah terdaftar, agar segera menyusul sebagaimana prestasi yang diraih Desa Batu Meranti sebagai website terbaik tingkat nasional.”  Katanya.

Selanjutnya dengan telah diterimanya penghargaan Destika ini pula, adalah momentum bagi Kabupaten Tanah Bumbu untuk dapat memaksimalkan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu pilar pembangunan dan menjadi solusi sistemik terhadap problem pembangunan seperti pengangguran dan kemiskinan.

“Oleh karena itu perlu adanya strategi pembangunan holistik yang didukung pola komunikasi dan desiminasi informasi publik dengan memanfaatkan T.I.K.” pungkasnya.

Pemkab juga berharap, T.I.K nantinya akan mampu membawa perubahan paradigma pembelajaran yang pada gilirannya berguna bagi peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu dalam rangka mewujudkan pembangunan generasi yang sehat, cerdas dan produktif. Tutur Pemkab. (relit)

 

Satpol PP Tanbu Tertibkan PKL

Kamis, 06 November 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tanah Bumbu ( Satpol PP Tanbu) melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) secara keseluruhan/ marathon tanpa terkecuali. Pasalnya kegiatan penertiban PKL yang dilakukan jajaran Satpol PP mulai pagi hingga malam hari di sepanjang jalan protokol kawasan Pasar Minggu atau Pusat Niaga Bersujud sampai kawasan Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat. Para PKL masih banyak yang bandel dan tetap berjualan di sejumlah titik jalan protokol meski kerapkali dirazia dan di ruas jalan terdapat pemberitahuan larangan berjualan di sekitaran wilayah tersebut.

"Kadang kita dibuat geram oleh ulah PKL yang tidak mau ditertibkan. Siang harinya dirazia, tapi sore harinya atau menjelang malam hari mereka kembali berjualan di sejumlah ruas jalan yang selama ini kita larang," tuntas Sekretrasi Daerah (Sekda) Said Akhmad, MM dihadapan peserta apel pagi jajaran Pemkab Tanbu.

Melalui arahan Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming, Sekda meminta agar jajaran Satpol PP Tanbu secara merathon dan rutin terus melakukan penertiban PKL, sampai akhirnya para PKL jera dan tak lagi melanggar aturan yang berlaku dengan menjual dagangan mereka di tempat-tempat yang jelas-jelas dilarang.

Dari hasil penertiban itu, Satpol PP berhasil mengamankan sejumlah gerobak tempat berjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gerobak buah serta mobil pik up milik PKL. Aksi pengamanan ini diharapkan menjadi contoh bagi PKL yang lain agar mereka tidak lagi berjualan di sembarang tempat khususnya di badan jalan atau trotoar yang dapat mengganggu kepentingan umum.

"Upaya ini kita lakukan, karena sejauh ini teguran kami tak diindahkan oleh para PKL. Terbukti masih ada diantaranya yang berjualan disejumlah titik trotoar maupun badan jalan yang sudah kami beri tanda peringatan agar tidak berjualan ditempat tersebut." Kata Herlambang selaku Ketua Satpol PP, yang memimpin aksi penertiban PKL tersebut.

Selain itu, Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming mengharapkan seluruh lapisan masyarakat turut mendukung jalannya penertiban PKL demi meningkatkan kebersihan dan keindahan pusat Kabupaten Tanah Bumbu daerah yang kita cintai ini. Katanya.

Dengan tidak adanya PKL yang berjualan di sembarang tempat, kondisi kota dipastikan akan tampak bersih dan indah di setiap ruas badan jalan atau sepanjang trotoar kota.

Mardani menegaskan, keberadaan jalur  trotoar adalah untuk mempermudah lalulintas pejalan kaki. Trotoar tidak boleh digunakan sebagai tempat berjualan para PKL apalagi dimanfaatkan sebagai lahan parkir.

"Tidak selayaknya trotoar dijadikan sebagai tempat berjualan oleh para PKL. Untuk itulah mereka harus ditertibkan demi lebih meningkatkan kebersihan dan keindahan kota yang kita cintai ini." Tegasnya.

Sementara itu untuk diketahui, sudah lebih dua pekan terakhir jajaran Satpol PP Tanbu melakukan penertiban PKL secara keseluruhan/ marathon.  Program penertiban ini akan terus dilakukan dengan menyisir jalan protokol dan jalur trotoar khususnya di kawasan Kecamatan Simpang Empat sampai benar-benar dipastikan tak ada lagi PKL yang berjualan di lokasi tersebut.

 

Pelantikan Pengurus Mabicab dan Mabiran

Kamis, 13 November 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Dalam rangka meningkatkan kaum muda bangsa melalui kepramukaan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan pelantikan Pengurus Majelis Pembina Cabang (Mabicab) dan Majelis Pembina Ranting (Mabiran) Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Bumbu Masa Bhakti 2014-2019 yang dilaksanakan di Autorium Mahligai Bersujud Kapet Batulicin, selasa (11/11).

Pelantikan tersebut bertujuan untuk melakukan penyegaran dan peningkatan kepramukaan itu sendiri melalui pembinaan kualitas anggota, karena anggota Pramuka adalah Sumber Daya Manusia yang akan menjadi kader-kader pembangunan yang tangguh pribadinya dan tanggap terhadap tantangan zaman, serta mampu meningkatkan bhakti Pramuka kepada masyarakat sebagai wujud dari pengamalan satya dan darma.

Sementara itu dalam sambutannya Pemkab mengatakan peran kaum muda bangsa melalui kepramukaan, haruslah kita tingkatkan pembinaan dan pengembangan kualitasnya dalam hal pramuka, baik peningkatan kualitas organisasi, maupun kualitas kegiatannya.

“Hal ini bukan hanya sekedar memelihara kesinambungan, akan tetapi juga terkait dengan dilaksanakannya pelantikan Pengurus Mabicab dan Mabiran Masa Bhakti 2014-2019 Gerakan Pramuka Tanah Bumbu kali ini, dapat kami sampaikan bahwa, ini adalah momentum yang tepat bagi Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Bumbu untuk dapat lebih meningkatkan perannya, baik dalam melaksanakan Gerakan Pramuka di Kabupaten Tanah Bumbu, maupun mampu menjadi salah satu motor penggerak pembangunan daerah.” Katanya.

Pemkab juga menghimbau kepada para pengurus anggota Mabicab dan Mabiran yang baru dilantik, untuk senantiasa terus bersinergi, terutama melalui program-program strategis yang akan dilaksanakan nantinya, dapat lebih meningkatkan kualitas Gerakan Pramuka di kabupaten  ini, terutama melalui bhakti Pramuka kepada masyarakat.

 

BKD Tanah Bumbu Bagikan Kartu Peserta Ujian CPNS

Senin, 17 November 2014 01:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tanah Bumbu akhirnya membagikan kartu peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2014. Setidaknya sejak tanggal 12 November 2014 yang lalu, dan nantinya hingga 20 November 2014 peserta yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi bisa mengambil nomor peserta ujian.

Hal ini seperti diungkapkan Kepala BKD, Ambo Sakka melalui Kepala Bidang Pengembangan Pegawai, Jurhamin.

Dikatakan Jurhamin, pembagian kartu peserta dilakukan saat jam kerja terkecuali hari Minggu. Pembagiannya dilaksanakan di Gedung Mahligai Bersujud (Kapet Batulicin) Kecamatan Simpang Empat.

Waktu pembagian kartu peserta akan berlangsung selama 8 hari. Jumlah kartu diberikan sesuai nomor urut peserta pada lampiran pengumuman hasil verifikasi yang sebelumnya dikeluarkan BKD Nomor :  800/384-FB.1/2014.

“Atau untuk lebih jelasnya, semua bisa dilihat melalui website BKD Tanah Bumbu dengan alamat www.bkd.tanahbumbukab.go.id,” jelas Jurhamin.

Demi menjaga ketertiban pada saat pengambilan kartu tersebut, petugas BKD tidak akan melayani pengambilan kartu peserta diluar jadwal yang ditentukan. Apalagi sarana yang digunakan BKD untuk mencetak kartu peserta hanya mampu mencetak sebanyak 1000 lembar kartu peserta.

Jumlah calon peserta ujian CPNS yang berhak mendapatkan nomor ujian sebanyak 7.079 orang.   Kartu peserta ujian mulai nomor urut 1 sampai 1.000 akan dibagi pada tanggal 12 November, nomor 1.001 sampai 2.000 pada tanggal 13 November, nomor urut 2.001 sampai 2.500 tanggal 14 November, dan nomor urut 2.501 sampai 3.500 tanggal 15 November 2014. Dilanjutkan lagi nomor urut 3.501 sampai 4.500 yang akan dibagikan pada tanggal 17 November, nomor urut 4.501 sampai 5.500 tanggal 18 November, nomor urut 5.501 sampai 6.500 tanggal 19 November, dan nomor urut 6.501 sampai 7.079 dibagikan tanggal 20 November 2014.

Pengambilan kartu peserta mulai hari Senin hingga kamis dilakukan mulai pukul 08.00 wita sampai jam 16.00 wita dan hari Jumat dimulai pukul 08.00 wita sampai pukul 11.00 wita.

Sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi oleh peserta ujian pada saat pengambilan kartu peserta ujian antara lain memperlihatkan tanda bukti pendaftaran pada saat registrasi CPNS tahun 2014 kepada panitia, memperlihatkan KTP asli yang masih berlaku sesuai dengan data pada kartu registrasi, dan menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3x4 berwarna sebanyak 2 lembar.

Secara terpisah Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming mengatakan, pembagian kartu peserta adalah bagian upaya pemerintah untuk lebih tertib administrasi dalam teknis penerimaan calon peserta ujian CPNS. Pembagian kartu ini juga untuk mempertegas sekaligus mempermudah teknis pembagian jumlah peserta pada saat ujian seleksi CPNS tersebut dilaksanakan.

“Calon peserta harus tertib dan taat mengikuti aturan. Supaya pelaksanan ujian CPNS nantinya berjalan lancar tanpa ada hambatan,” tegas bupati.

Dari jumlah peserta yang berhak mengikuti ujian CPNS tahun 2014 sebanyak 7.079 orang. Jumlah formasi yang dibutuhkan hanya sekitar sebanyak 341 orang dengan rincian  99 orang diantaranya untuk mengisi tenaga guru, 85 orang tenaga kesehatan, dan sekitar 157 orang  untuk mengisi tenaga teknis. (humas)

 

Sebanyak 7.079 Pelamar CPNS Lolos Verifikasi

Rabu, 05 November 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Setelah dinanti-nanti ribuan pelamar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang sudah mendaftar beberapa waktu yang lalu, akhirnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Selasa kemarin mengumumkan hasil verifikasi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  tahun 2014 yang lolos administrasi.

Dari pengumuman yang diterbitkan BKD Tanbu Nomor : 800/384-FP.1/2014 tentang Hasil Seleksi Administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Tanbu Tahun Anggaran 2014, sebanyak 7.079 dinyatakan lolos verifikasi dari jumlah total pelamar CPNS yang mencapai sekitar 8.370 orang, dan berhak untuk mengikuti tes ujian seleksi lanjutan.

Dari sejumlah pelamar yang tak lolos tes administrasi itu setidaknya ada sekitar 1.291 orang dinyatakan tidak lulus proses verifikasi, termasuk 701 orang yang sebelumnya tidak menyerahkan berkas setelah melakukan pendaftaran secara online melalui website Panselnas.

Kepala BKD,   Ambo Sakka, melalui Kepala Bidang Pengembangan Pegawai, Jurhamin mengatakan, pengumuman hasil verifikasi peserta ujian CPNS juga dapat diketahui oleh masyarakat secara luas melalui websaite BKD dengan alamat www.bkd.tanahbumbukab.go.id. Di alamat wesite tersebut secara detail dan lebih terperinci juga disebutkan nama-nama calon CPNS  yang dinyatakan lolos dan tidak lolos dari hasil verifikasi.

Bagi para peserta yang tidak lolos verifikasi, diharapkan tetap bersabar untuk menunggu kesempatan ujian seleksi CPNS lagi pada tahun yang akan datang.

Sedangkan yang lolos verifikasi selanjutnya tinggal menunggu jadwal pembagian nomor ujian dan penetapan tanggal pelaksanaan ujian akan diumumkan oleh pihak BKD setelah adanya hasil koordinasi dengan pihak Badan Kepegawain Negara (BKN).

Jurhamin menyadari, atas lamanya jadwal pelaksaan ujian seleksi CPNS yang hingga saat ini belum ditetapkan. Hal ini disebabkan, terbatasnya jumlah tenaga tim pengawas dan tim IT dari kantor BKN Regional VIII yang menangani pelaksanaan ujian CPNS di tiga wilayah provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kaleng), dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Secara terpisah, Bupati Tanbu, Mardani H Maming berharap,  masyarakat bisa tetap bersabar untuk menunggu kepastian jadwal pelaksanaan ujian CPNS tahun 2014 yang akan di gelar pemerintah daerah melalui BKD.

Bagi bupati yang terpenting calon perserta lebih fokus untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian seleksi lanjutan mendatang dan menjaga kesehatan agar dalam pelaksanan ujian seleksi CPNS nantinya mereka dapat menjawab soal-soal dengan mudah tanpa ada hambatan.

Jumlah formasi CPNS yang dibutuhkan Pemkab Tanbu tahun ini mencapai sekitar 341 orang. Sebanyak  99 orang diantaranya akan diperuntukan sebagai tenaga guru, 85 orang tenaga kesehatan, dan sekitar 157 orang  untuk mengisi tenaga teknis. (Humas)

 

Pemkab Gelar Seminar Bulan Bahasa

Rabu, 05 November 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar Seminar Bulan Bahasa di hotel putri Duyung Pagatan, Selasa (4/11) kemarin.

Menurut Darmiadi,MAP selaku Kepala Kantor Kesbangpol Tanah Bumbu saat membacakan sambutan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, acara ini bertujuan dalam rangka mewujudkan persatuan dan  kesatuan bangsa  serta melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam ikrar sumpah pemuda sebagaimana bahasa Indonesia telah termakna  dalam ikrar tersebut.

Bahasa indonesia merupakan alat pemersatu bangsa yang bernaung dibawah landasan kebhineka tunggal ikaan, selain itu bulan bahasa indonesia dapat dikembangkan sebagai bahasa persatuan, sehinga bahasa tersebut dapat di terima sebagai bahasa persatuan.

Ia menambahkan, dalam kehidupan sosial bermasyarakat, kita tentu sering menemui suku, bahasa, adat istiadat dan agama yang berbeda. Justru dengan perbedaan tersebut terdapat juga perbedaan bahasa, melalui pemahaman bahasa indonesia lebih jauh hubungan perbedaan suku dapat di integrasikan  dengan penggunaan bahasa indonesia.

“Melalui kegiatan ini pemerintah daerah berharap kepada masyarakat untuk lebih jauh meningkatkan pemahaman  penggunaan bahasa indonesia yang baik, dengan demikian masyarakat dapat membangun komunikasi atas  keanekaragaman dan perbedaan budaya yang ada di Indonesia.” Ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir juga Nara sumber dari Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan, Dra.Pudji Astuti.MM. Menurutnya, pemahaman lebih jauh terhadap bahasa indonesia akan menciptakan kerukunan sesama bangsa indonesia.

“Yang lebih prioritas lagi yakni kerukunan antar umat beragama, dimana kerukunan agama di ajarkan dalam pemahaman pancasila. Dalam pancasila sudah dijabarkan pada sila ke satu tentang berketuhanan yang maha esa,  hal ini dimaknai  dalam pemahaman  secara universal pada seluruh agama yang berdiri di negara kita, tentunya  di integrasikan   dengan sila ke 3 yang memperkuat kerukunan dalam kerangka persatuan Indonesia.” Jelasnya.

Sementara itu, Ir.Mariani selaku Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Hukum, memaparkan, menurutnya penggunaan  bahasa indonesia dengan sempurna, baik dan benar, diperlukan pemahaman tentang estetika sebuah bahasa, baik penggunaan kalimat aktif maupun kalimat  pasif.

“Selain itu penyampaian sebuah bahasa kita harus mencermati tentang apa yang disampaikan, jika menggunakan pesan dalam sebuah bahasa   hindarilah kalimat yang bertele-tele ataupun mubajir, tentukan kalimat yang efektif hingga pesan yang disampaikan dapat di mengerti dan di pahami.” Paparnya.

 

Lomba Dayung Bupati Cup 2014

Senin, 03 November 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Sesuai informasi yang dikutip dari http://www.jurnalisia.co sebanyak 19 Tim Dayung dari Kalsel dan Kaltim mengikuti Lomba Dayung Bupati Cup 2014 yang dilaksanakan di Sungai Batulicin Tanah Bumbu, Sabtu (1/11/14).

Lomba tersebut dilaksanakan oleh PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Tanah Bumbu yang berkerjasama dengan KONI Tanah Bumbu dan TNI-AL.

Rute yang ditempuh oleh para Tim pada perlombaan tersebut sejauh 500 meter. Tim yang diketahui ikut ambil bagian berasal dari tuan rumah Tanah Bumbu, Banjarmasin, Hulu Sungai Selatan, Barito Kuala, dan Tanah Gerogot Kabupaten Paser Kaltim.

Menurut Syamsisar selaku Ketua Panitia Pelaksana, sedianya lomba tersebut akan diikuti lebih dari 20 tim. Namun dikarenakan terkendala bertepatan dengan pelaksanaan Porprop di Kalteng dan Kaltim, sehingga hanya bisa diikuti oleh 19 tim saja.

Lomba dayung ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 28 oktober yang telah lalu dan tanggal  10 november yang akan datang. Lomba tersebut menyediakan hadiah puluhan juta rupiah berikut dengan sepeda motor. Adapun kelompok lomba yang dipertandingkan adalah kelompok Umum dan Pelajar.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|