Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:463 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:976 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:864 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Seputar Tanbu

Rakor Dan Sosialisasi Tata Ruang Tanbu

Selasa, 30 September 2014 01:52 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Sebagai panduan bagi seluruh stakeholders yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, Pemda Tanbu menggelar suatu Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yang mana seiring dengan adanya perubahan UU Penataan Ruang dari UU 24/1992 ke UU 26/2007, adanya beberapa kebijakan baru baik dari pusat ataupun provinsi yang harus dirujuk dalam RTRW Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Visioner Bapedda ini Pemda menjelaskan bahwa melalui Rakor dan Sosialisasi ini, ingin menyampaikan sekaligus mengajak kepada para peserta sosialisasi, untuk meneguhkan komitmen kita pada perwujudan Tata Ruang Kabupaten yang selaras dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tanah Bumbu.

Karena melalui media Rakor dan Sosialisasi ini mampu menjadi Starting Point perwujudan pembangunan dan pemanfaatan ruang kabupaten yang terkendali dan memperhatikan daya dukung ruang.

Sehingga dengan demikian akan menghasilkan sebuah penyusunan rencana tata ruang wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yang strategis, dan tepat sasaran, yang juga merupakan jawaban atas aspirasi yang berkembang dimasyarakat, sekaligus merupakan jawaban tuntutan dari perkembangan zaman.

Sebagai panduan bagi seluruh stakeholders yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, Pemda Tanbu menggelar suatu

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yang mana seiring dengan adanya

perubahan UU Penataan Ruang dari UU 24/1992 ke UU 26/2007, adanya beberapa kebijakan baru baik dari pusat

ataupun provinsi yang harus dirujuk dalam RTRW Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Visioner Bapedda ini Pemda menjelaskan bahwa melalui Rakor dan

Sosialisasi ini, ingin menyampaikan sekaligus mengajak kepada para peserta sosialisasi, untuk meneguhkan

komitmen kita pada perwujudan Tata Ruang Kabupaten yang selaras dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)

Kabupaten Tanah Bumbu.

Karena melalui media Rakor dan Sosialisasi ini mampu menjadi Starting Point perwujudan pembangunan dan

pemanfaatan ruang kabupaten yang terkendali dan memperhatikan daya dukung ruang.

Sehingga dengan demikian akan menghasilkan sebuah penyusunan rencana tata ruang wilayah Kabupaten Tanah Bumbu

yang strategis, dan tepat sasaran, yang juga merupakan jawaban atas aspirasi yang berkembang dimasyarakat,

sekaligus merupakan jawaban tuntutan dari perkembangan zaman.
 

Satpol PP Dapatkan Pelatihan Kesamaptaan

Kamis, 11 September 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu secara resmi menutup pelatihan kesamaptaan tahun 2014 angkatan ke-2 dan ke-3 di Kabupaten Tanah Bumbu yang bertempatkan di Makodim 1002 Tanah Bumbu pada hari selasa 9/9/14 setelah kemarin membuka pelantikan tersebut pada hari rabu 27/8/14 lalu di tempat yang sama.

Pada kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam sambutannya  menyampaikan kepada semua peserta yang telah lulus dan bergabung kedalam Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas Tanah Bumbu agar kiranya memahami dan mengerti bahwa pelatihan yang telah dijalaninya merupakan sebuah proses pembelajaran melalui pendidikan dan latihan, serta keterampilan sikap dalam membentuk perilaku, guna mencapai kompetensi aparatur dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, khususnya

sebagai upaya bersama dalam meningkatkan kualitas tugas fungsi dan tanggung jawab bagi Satuan Polisis Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

Karena pelaksanaan kegiatan pelatihan ini tidak hanya di dasarkan pada Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dengan Kodim 1022/Tnb Tanggal 21 Nopember 2013, tentang Pelatihan Kesamaptaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat, akan tetapi pelaksanaan kegiatan ini juga tentu tidak lain dikarenakan Polisi Pamong Praja merupakan alat Pemerintah Kabupaten, untuk menjaga ketentraman dan ketertiban serta untuk menerapkan Peraturan Daerah.

Oleh karena itulah, pelatihan ini merupakan kegiatan strategis untuk meningkatkan dan memantapkan kemampuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tanah Bumbu, dalam menjalankan tugas dan kewewenangannya.

Pemerintah berharap agar semua peserta yang telah terpilih sebagai Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tanah Bumbu, mampu memahami dan mengimplementasikan hasil dari pelatihan ini sebagai tugas dan wewenangnya, sehingga setiap langkah dan tindakan yang akan diambil, adalah berdasarkan koridor hukum yang berlaku, khususnya dalam rangka turut serta mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

Lomba Senam Korpri

Selasa, 16 September 2014 07:47 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Dalam rangka untuk memeriahkan HUT Korpri yang ke-43, Sekretariat Korpri Kabupaten Tanah Bumbu menggelar sebuah lomba Senam Kesegaran Korpri yang diikuti oleh beberapa SKPD di Lingkungan Kabupaten Tanah Bumbu.
Dari masing-masing perwakilan SKPD yang mengikuti lomba ini terdapat 25 peserta atau tim yang terdiri dari 5 orang. Ada pun SKPD yang mengikuti lomba ini diantaranya :

1.BPMPD
2.Dishub Kominfo
3.Dinkes
4.Distanben
5.Bappeda
6.Disdik
7.Inspektorat
8.Bagian Pemerintahan
9.RSUD
10.BP3MD
11.BLHD
12.KKPD
13.BPBD
14.Bagian Umkap
15.Disporbudpar
16.Dinsosnakertrans
17.Bagian Humas
18.Dinas PU
19.Kecamatan Sungai Loban
20.Bagian Kersa
21.Distanpanak
22.Disdukcapil
23.Bagian Hukum
24.Satpol PP
25.Sekretariat Dewan

Pergelaran yang dilaksanakan pada hari senin, (15/9/14) ini dihadiri oleh beberapa jajaran pejabat tinggi yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu seperti, jajaran pejabat Eselon III, IV, dan bahkan ada jajaran pejabat Eselon II yang hadir pada acara yang digelar di halaman depan Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jl. Dharma Praja No. 1 Gunung Tinggi, ungkap M. Rizali selaku pelaksana kegiatan saat di wawancarai oleh reporter TIM IT Tanah Bumbu (Taufik Hidayat).

Dalam kesempatan ini M. Rizali juga menyampaikan bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini ialah untuk memper-erat tali silaturahmi antar pegawai Negeri Sipil di Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu. Ia berharap kegiatan ini nantinya akan terus berlanjut disetiap tahunnya dan kegiatannya tidak akan hanya lomba Senam Kesegaran Korpri saja tetapi akan ditambah dengan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat.

Rizali selanjutnya menambahkan untuk para peserta yang akan mengikuti kegiatan di tahun 2015 mendatang nantinya agar bisa lebih mempersiapkan lagi tim yang akan mengikuti perlombaan agar tidak ada lagi kata eliminasi dari panitia karena di acara tersebut ada 2 tim yang dieliminasi karena anggota timnya kurang dan dinyatakan gugur oleh para panitia pada perlombaan tersebut.

Pada perlombaan Senam Kesegaran Korpri ini terdapat 6 menang yang berhasil menarik hati para juri, diantaranya :
1.Inspektorat
2.Dinkes
3.RSUD
4.Distamben
5.Bappeda
6.Bagian Pemerintahan

Pemberian hadiah untuk para pemenang tersebut nantinya akan dilaksanakan pada HUT Korpri bulan November 2014 mendatang. Tutup Rizali selaku pelaksana kegiatan.

Dalam rangka untuk memperingati HUT Korpri yang ke-43 Sekretariat Korpri Kabupaten Tanah Bumbu, Sadriansyah, S. Sos menggelar sebuah lomba Senam Kesegaran Korpri yang di ikuti oleh beberapa SKPD di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dari masing-masing perwakilan SKPD yang mengikuti lomba ini terdapat 25 peserta atau tim yang di kelompokkan dalam 1 tim terdapat 5 orang. Ada pun SKPD yang mengikuti lomba ini di antaranya :

1. BPMPD

2. Dishub Kominfo

3. Dinkes

4. Distanben

5. Bappeda

6. Disdik

7. Inspektorat

8. Bagian Pemerintahan

9. RSUD

10. BP3MD

11. BLHD

12. KKPD

13. BPBD

14. Bagian Umkap

15. Disporabudpar

16. Dinsosnakertrans

17. Bagian Humas

18. Dinas PU

19. Kecamatan Sungai Loban

20. Bagian Kersa

21. Distanpanak

22. Disdukcapil

23. Bagian Hukum

24. Satpol PP

25. Sekretaris Dewan

Pergelaran yang dilaksanakan pada hari senin, (15/9/14) ini di hadiri oleh beberapa jajaran pejabat tinggi yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu seperti, jajaran pejabat Eselon III, IV, dan bahkan ada jajaran pejabat Eselon II yang hadir pada acara yang digelar di halaman depan Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jl. Dharma Praja No. 1 Gunung Tinggi. Ungkap M. Rizali selaku pelaksana kegiatan saat di wawancarai oleh reporter TIM IT Dishub Kominfo (Taufik Hidayat) di ruang rapat TIM IT Dishub Kominfo, Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jl Dharma Praja No. 1 Gunung Tinggi, lantai empat.

Dalam kesempatan ini M. Rizali juga menyampaikan bahwa tujuan di gelarnya kegiatan ini ialah untuk memper-erat tali silaturahmi antar pegawai Negeri Sipil di Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu. Ia berharap kegiatan ini nantinya akan terus berlanjut di setiap tahunnya dan kegiatannya tidak akan hanya lomba Senam Kesegaran Korpri saja tetapi akan di tambah dengan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat. Katanya.

Rizali selanjutnya menambahkan untuk para peserta yang akan mengikuti kegiatan di tahun 2015 mendatang nantinya agar bisa lebih mempersiapkan lagi tim yang akan mengikuti perlombaan agar tidak ada lagi kata eliminasi dari panitia karena di acara tersebut ada 2 tim yang di eliminasi karena anggota timnya kurang dan di nyatakan gugur oleh para panitia pada perlombaan tersebut.

Pada perlombaan Senam Kesegaran Korpri ini terdapat 6 menang yang berhasil menarik hati para juri, di antaranya :

1. Inspektorat

2. Dinkes

3. RSUD

4. Distamben

5. Bappeda

6. Bagian Pemerintahan

Pemberian hadiah untuk para pemenang tersebut nantinya akan dilaksanakan pada HUT Korpri bulan November 2014 mendatang. Tutup Rizali selaku pelaksana kegiatan.

 

CPNS Untuk Lulusan SMA Sederajat

Jumat, 12 September 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Pemkab Tanbu membuka penerimaan formasi Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) untuk lulusan SMA/sederajat di tahun 2014 kali ini.

Dari  341 orang jumlah CPNS yang akan direkrut secara keseluruhan hanya sebanyak 34 orang yang akan direkrut dari lulusan SMA sederajat.

341 orang CPNS tersebut rencananya akan diperuntukan sebagai tenaga guru sebanyak 99 orang, tenaga kesehatan 85 orang, dan tenaga teknis sebanyak 157 orang.

Menurut info yang kami dapat dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tanah Bumbu, H. Ambo Sakka,  formasi tenaga teknis yang mencapai 157 orang tersebut, itu sudah termasuk dari lulusan SMA sederajat yang akan direkrut menjadi CPNS, Ungkapnya.

Rencananya CPNS dari lulusan SMA Sederajat yang akan diterima tahun ini diperuntukan mengisi formasi tenaga Satpol-PP, tenaga Administrasi Umum, Sopir Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar), dan tenaga Paramedik Veteriner Pelaksana Pemula.

Tenaga Satpol-PP yang dibutuhkan Pemkab Tanbu sebanyak 14 orang, tenaga Admnistrasi Umum 13 orang, Sopir Damkar 5 orang, dan tenaga Paramedik Veteriner Pelaksana Pemula pada Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Tanah Bumbu sebanyak 2 orang.

Sesuai jadwal yang ada, masa pendaftaran CPNS telah dibuka secara online mulai website panitia selaksi nasional (Panselnas) dengan alamat http://panselnas.menpan.go.id mulai tanggal 08 hingga 21 September 2014.

Tapi jika kenyataanya pada tanggal tersebut sistem registrasi secara online untuk wilayah Tanbu belum bisa dibuka juga, maka proses pendaftaranya akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung sejak sistem online portal tersebut bisa terbuka.

"Jadi pendaftaranya tidak mesti sesuai jadwal. Sebab hingga saat ini sistem online pendaftran untuk Kabupaten Tanah Bumbu belum bisa dibuka. Tapi, begitu nanti terbuka waktu registrasi pendaftaran CPNS tersebut otomotis bisa dilaksanakan, dan waktu pendaftarannya berlangsung selama 14 hari kedepan." Lanjut Ambo Sakka.

Dari hasil registrasi pendaftaran CPNS  secara online melalui website Panselnas tersebut, calon peserta akan mendapat password dan user name.

Bukti hasil pendaftaran melalui website Panselnas selanjutnya harus segera dicetak atau diprint out dan diserahkan ke pihak BKD bersamaan data pendukung lainya guna mendapatkan nomor urut ujian.

Data pendukung lainya yang harus diserahkan ke BKD itu antara lain berupa surat permohonan tertulis yang ditujukan kepada bupati yang didalamnya menyebut formasi CPNS yang akan diambil. Berikutnya fotocopy ijazah yang dilegalisir, pas photo terbaru ukuran 4X6, dan fotocopy e-KTP yang masih berlaku.

Waktu dan tempat pelaksanaan ujian CPNS akan diberitahukan pihak BKD kemudian hari melalui papan pengumuman atau website BKD Kabupaten Tanah Bumbu. Sistem seleksi CPNS dilaksanakan dengan cara menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT).

Menyikapi rencana penerimaan CPNS tersebut Mardani H. Maming, selaku Bupati Tanah Bumbu berharap masyarakat  Bumi Bersujud memberikan dukungan penuh, agar pelaksanaan tersebut dapat berjalan dengan lancar. Pasalnya jumlah formasi CPNS yang diterima Pemkab Tanbu tahun ini jauh lebih besar di dibandingkan daerah lain yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

Mardani juga menjelaskan bahwa banyaknya jatah formasi CPNS yang diterima Kabupaten Tanah Bumbu melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) pada tahun 2014 ini, tidak lepas dari kerja keras seluruh jajaran pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan dan mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat.” Kata Mardani

Hal ini dibuktikan dengan Belanja Pegawai Pemkab Tanbu yang masih dibawah 30 persen, sehingga Menpan dan RB menilai Kabupaten Tanah Bumbu layak mendapatkan jumlah formasi CPNS yang jauh lebih banyak dibandingkan daerah lain di Provinsi Kalsel.

 

Pendaftaran CPNS di Kabupaten Tanah Bumbu Dibuka

Kamis, 11 September 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Akhirnya rasa penasaran para calon pendaftar CPNS di Kabupaten Tanah Bumbu terbayar setelah kamis 11 september kemarin, di website panselnas.menpan.go.id telah membuka portal untuk para CPNS Kabupaten Tanah Bumbu.

Bagi  Pelamar yang ingin mendaftar CPNS maka yang pertama dilakukan terlebih dahulu yaitu mendaftar ke website panselnas.menpan.go.id disana anda akan mengisi form online yaitu NIK KTP,Nama lengkap, Email, tempat dan tanggal lahir, instansi pilih Pemerintah Kab. Tanah Bumbu, password, serta kode keamanan.

Karena pelamar hanya bisa mendaftar 1 kali disetiap instansi maka harus berhati-hati dalam pengisian form tersebut dan jika NIK KTP yang sudah dipakai orang lain maka silahkan melakukan pengaduan ke panselnas.menpan.go.id

Bapak Dr.Ambo Sakka.M,pd menyampaikan kalau ketika mengisi form tersebut hendaknya bersabar dan berhati-hati karena seperti yang terjadi didaerah lain seringkali pelamar salah memasukkan NIK sehingga tertulis NIK sudah dipakai orang lain padahal cuman salah masukin saja.

Setelah mendaftar di panselnas.menpan.go.id maka dalam 24 jam para pelamar akan mendapat email balasan berupa username dan password untuk masuk ke portal pendaftaran online ke sscn.bkn.go.id untuk memilih jabatan yang sesuai dengan klasifikasi pendidikan yang diinginkan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ambo Sakka mengatakan jika sudah dibuka pada hari kamis, 11/9/14, maka 2 minggu kemudian panselnas akan menutup pendaftaran. Sedangkan untuk penyerahan administrasi fisik ditambah 1 minggu setelah panselnas tutup. Tutup Ambo Sakka dalam wawancaranya dengan salah satu reporter RSB Kabupaten Tanah Bumbu.

Penyerahan administrasi fisik bertempat di Gedung Mahliga Bersujud Kapet Batulicin, kamis, 11/9/14.

 

Satpol PP Sosialisasi persiapan penutupan Lokalisasi

Senin, 15 September 2014 02:55 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Drs. Herlambang, M.Ip selaku Kasatpol PP dan Linmas setelah diwawancarai oleh reporter RSB (Yudhistira Aryadi) diruang kerjanya. Herlambang menyampaikan kegiatannya, bahwa akan melakukan sosialisasi persiapan penutupan tempat lokalisasi. Kegiatan ini didasari Keputusan Bupati Tanah Bumbu untuk melakukan penutupan lokalisasi.

Ada beberapa langkah yg dilakukan yaitu melakukan penggalian data yg akurat dan melakukan dialog dengan mucikari dan aparat desa untuk mengetahui warga lokal dan pendatang. Kegiatan ini juga mengantisipasi pasca penutupan dolly-surabaya (19/6/14) kemarin.

Herlambang selanjutnya menambahkan sosialisasi ini sudah sering dilakukan oleh Satpol PP dan Linmas. Beberapa pendataan yg dilakukan yaitu pemeriksaan mucikari, bangunan dan identitas (KTP) pelaku. Selain pendataan yang akurat pihaknya juga memberikan penerangan bahwa lokasi tersebut akan ditutup.

Terkait pasca penutupan Dolly-surabaya (19/6/14). Satpol PP dan Linmas telah mengadakan razia yustisi pada tgl 20 agustus 2014 kamaren karena kedatangan kapal rute dari Surabaya ke Tanah Bumbu dipelabuhan Samudra Batulicin, dalam hal tersebut Satpol PP telah menangkap 6 orang dari PSK dolly dan langsung dipulangkan ke kota asal.

Satpol PP dan Linmas akan terus melakukan sosialisasi dan pendataan berkala yang tidak terjadwalkan agar tidak ada penambahan lagi. Tutup Herlambang.

 

Korpri Gelar Lomba Pembacaan Panca Prasetia

Senin, 08 September 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Dalam rangka menyambut HUT Korpri yang ke-43, H. Abdul Haris, S.SOS, M.S.I, selaku Wakil Ketua Dewan Pengurus Korpri Bidang Olahraga, Seni, Budaya, Mental, dan Rohani menggelar sebuah lomba Pembacaan Panca Prasetia yang di ikuti oleh semua SKPD jajaran PNS yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Di kegiatan tersebut masing-masing SKPD mengirimkan perwakilannya sehingga daftar peserta mencapai 50 orang. Akan tetapi hanya 24 orang peserta saja yang hadir di karnakan peserta yang lainnya mendapatkan tugas luar yang tidak bisa mereka tunda atau mereka tinggalkan.

Acara yang dilaksanakan pada hari kamis, 4/9/14 di Kantor Bupati, lantai 2 Gunung Tinggi ini di hadiri oleh para jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan di buka langsung oleh Abdul Haris selaku penggelar acara.

Setelah dibuka masing-masing peserta secara satu  per satu pun maju kedepan dan membacakan panca janji prasetia dengan gaya dan karakter mereka masing-masing dan mendapatkan penilaian dari para dewan juri.

Setelah semua peserta sudah tampil, M. Untung RLU, SH, MH, selaku moderator di acara tersebut pun memberikan aba-aba untuk breack selama 30 menit lalu kembali berkumpul di tempat untuk mendengar hasil penilaian dewan juri sekaligus pengumuman pemenang lomba tersebut.

Saat pengumuman perwakilan dari Dishub, Bagariang, S. S.T.P mendapatkan nilai tertinggi dan berhak untuk gelar Juara 1, lalu di susul oleh Siti Aisyah (Dinsosmakertrans), Fajri Rahmadi (BKD), H. Arfah (S. Banpol), M. Faizin (Disdik), dan yang terakhir adalah Khairil perwakilan dari Kesra selaku peringkat ke-6 atau harapan 3.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|