Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:590 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1049 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:922 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Seputar Tanbu

Pemkab Tanbu Bentuk Tim Gabungan Cegah Meluasnya Kebakaran Hutan dan Lahan

Senin, 13 Oktober 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan  lahan di Kalimantan Selatan (Kalsel) semakin parah.  Akibatnya, kesehatan warga pun terganggu. Mulai dari Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA  hingga pada gangguan kesehatan mata. Selain itu, akibat lainnya yaitu terganggunya sektor perekonomian  dikarenakan jalur transportasi baik udara maupun transportasi darat juga ikut terganggu.

Tak terkecuali di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu). Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan juga terjadi.  Untuk menanggulangi dan mencegah  meluasnya kebakaran hutan dan lahan tersebut, Pemkab Tanbu pun melakukan tindakan cepat dengan membentuk Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan sejak 1 Oktober 2014 yang terdiri dari BPBD Tanbu, TNI, Polri, Manggala Agni, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, Tim Reaksi Cepat, dan Dinas Kesehatan Tanah Bumbu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (BPBD Kab. Tanbu) Anwar Salunjang melalui Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Abdul Rahim, Kamis (9/10/2014) di Batulicin, mengatakan dengan terbentuknya tim gabungan tersebut maka didirikan pula  posko siaga darurat bencana kebakaran hutan dan kabut asap.

Sebanyak dua posko didirikan untuk melakukan pengawasan  kebakaran hutan dan lahan. Posko tersebut ditempatkan di Polres Tanbu dan posko di Sungai Danau Kecamatan Satui.

Setiap harinya, Tim Gabungan melakukan pengawasan kesejumlah wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu. Dan tak jarang pula tim gabungan mendapatkan informasi dari sejumlah warga jika telah terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Menurut Abdul Rahim, kebakaran hutan dan lahan ada yang disengaja maupun tidak disengaja. Yang disengaja yaitu dilakukannya pembukaan lahan baru oleh warga dengan cara membakar hutan atau lahan dimusim kemarau. Sedangkan yang tidak disengaja yaitu terbakar dengan sendirinya hutan atau lahan kering akibat cuaca yang terlalu panas pada musim kemarau.

“Untuk pelaku pembakar hutan dan lahan yang dilakukan secara sengaja akan dikenakan sangsi hukum,” tegas Abdul Rahim.

Terkait kebakaran hutan dan lahan di Tanbu, menurut Abdul Rahim, sepanjang bulan Oktober 2014 sebanyak 30 hot spot atau titik panas telah terpantau di Kabupaten Tanah Bumbu. Hot spot dibulan Oktober mengalami peningkatan dibandingkan bulan September  yang hanya terpantau sebanyak 16 titik hot spot saja. Diharapkan dengan telah terbentuknya tim gabungan tersebut maka hot spot penyebab kabut asap tersebut dapat diminimalisir nantinya. (humas)

 

Sekretariat PPID Segera Cetak Buku Informasi Publik

Selasa, 14 Oktober 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Sekretariat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Tanah Bumbu, saat ini dalam proses editing terakhir terkait penerbitan buku Informasi publik, (Selasa, 14/10/14). Perihal tersebut disampaikan oleh Tim Pelayanan.

Sekretariat PPID, Sudirman, SE, MM saat di temui diruang kerjanya. Menurut Dirman, buku tersebut sesuai sechedule akan dibagikan di akhir tahun yang memuat sejumlah tema sentral terkait layanan informasi publik yang sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat umum.

Sejumlah tema senteral tersebut seperti: Perekonomian, Lingkungan, PKK, Keagamaan, Maju Desaku, Pemerintahan, Seputar Tanbu, Pendidikan dan Kesehatan.

Pasalnya salah satu landasan yuridis penerbitan buku tersebut adalah Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008  tentang Keterbukaan Informasi Publik. Oleh karena itu, akhir tahun 2014 Sekretariat PPID  akan mendistribusikannya.

Dirman mengatakan, masyarakat Tanah Bumbu masih banyak yang belum mengetahui jumlah dana yang diguyurkan pemerintah daerah dalam merealisasikan program-program strategis sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu (Periode 2010-2015).

Terkadang, masyarakat hanya mengetahui bantuan dari pemda yang diguyurkan di desanya saja, adapun bantuan pemda di 10 Kecamatan tidak diketahui oleh masyarakat luas.

Ditambahkan, Normaliana, SE yang juga Salah Seorang Tim Pelayanan Sekretariat PPID, mengungkapkan bahwa dengan didistribusikannya buku tersebut diharapkan dapat memperluas wawasan masyarakat umum terkait sumber dana dan penggunaaan keuangan daerah demi kesejahteraan masyarakat bumi bersujud. (ard)

 

Kominfo Perketat Izin Menara

Selasa, 14 Oktober 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Bidang Komunikasi dan Informatika Dishubkominfo Tanah Bumbu kini lebih memperketat Izin Pendirian Tower/Menara, Perihal tersebut ditegaskan oleh Kepala Bidang Kominfo, Riza Akhyari, S. Kom Saat memimpin Rapat Bidang Kominfo di Ruang Rapat IT Lantai 4 Kantor Bupati Tanah Bumbu (Selasa, 14/10/2014).

Rapat tersebut, di hadiri oleh Kepala Seksi Pelayanan Perizinan Kominfo, Yeni Kartika Sari, SE, Kepala Seksi Pengembangan Sistem dan Komunikasi Informasi, Rini Wahyuni, SH dan Kepala Seksi Pembinaan Teknologi Kominfo, Yuli Ramadhan, S.Pd, M.M serta sejumlah staf kominfo.

Riza memaparkan bahwa terkait izin pendirian tower/menara di lingkungan kabupaten tanah bumbu harus lebih diperketat dan diawasi sesuai aturan yang berlaku. Pasalnya, terdapat kurang lebih 150 menara yang sudah berdiri namun, tidak jelas pembayaran restribusinya.

Oleh karena itu, menurut Riza saat ini pihaknya tengah menggodok Peraturan Bupati (Perbub) tentang tata cara pembayaran Restribusi Izin Mendirikan Menara Telekomunikasi yang pada perbub tersebut akan mengatur tentang Persyaratan Bagi pengusaha yang ingin mendirikan tower dan sejumlah aturan terkait lainnya.

Adapun 150 Tower yang sudah berdiri akan dilakukan penagihan dan pengawasan sesuai mekanisme yang diatur pada perbub tersebut. Masih menurut Riza, Rancangan Peraturan Bupati tentang Izin Mendirikan Menara diperediksi mulai efektif Per 1 Januari 2015.

Diharapkan, Penerapan perbub tersebut yang juga mengatur tentang Restribusi Menara, dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. (ard)

 

Satpol-PP Tanbu Buka Rekrutmen Personil Wanita

Selasa, 30 September 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dilingkungan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kini  membuka rekrutmen calon personil wanita guna mendorong peningkatan profesionalisme penegakan peraturan-peraturan daerah, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban di masyarakat.

Kepala Satpol-PP dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Tanbu, Drs Herlambang di,M.IP di Batulicin mengatakan proses rekrutmen personil wanita sangat dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan penindakan yang sifatnya Non Yustisial.

Melalui proses rekrutmen, tambahnya, personil wanita diharapkan mampu menunjang tugas-tugas kinerja Satpol-PP. Sehingga program kegiatan yang telah direncanakan dapat terlaksana secara optimal,” kata Herlambang usai mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Rabu.

Rekrutmen personil wanita, jelas Herlambang, akan dilaksanakan mulai hari ini tanggal 01 Oktober hingga 09 Oktober 2014. Syarat-syarat calon pelamar harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani,  memiliki KTP Tanah Bumbu, pendidikan minimal SLTA atau sederajad, tinggi badan minimal 158 cm, diutamakan belum menikah, dan usia maksimal 25 tahun.

Pelamar juga diwajibkan menyerahkan surat lamaran yang dilampiri  foto copy ijazah terakhir, foto copy KTP, pas foto berwarna ukuran 4X6 sebanyak dua lembar, Surat Keterangan Catatan dari Kepolisian (SKCK), surat keterangan dari dokter pemerintah melalui puskesmas atau rumah sakit, dan daftar riwayat hidup.

Penulisan surat lamaran ditujukan kepada Bupati Tanah Bumbu Up. Kepala Satpol-PP Kabupaten Tanah Bumbu dan diserahkan ke petugas Satpol-PP dengan alamat kantor di Jl. Dharma Praja No.1 Gunung Tinggi. (humas)

 

Pelamar CPNS di Kabupaten Tanah Bumbu Mencapai 7000 Lebih

Selasa, 30 September 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Hingga saat ini jumlah pelamar CPNS di Kabupaten Tanah Bumbu telah mencapai 7.000 lebih, baik yang mendaftar secara online maupun yang sudah menyerahkan berkas fisik.

Hal ini disampaikan oleh kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dr. Ambo Sakka, MPd saat ditemui di meja kerjanya pada senin (29/09).

Ia juga menjelaskan sementara berkas masih di verifikasi oleh tim verifikasi pemerintah kabupaten yang terdiri dari gabungan SKPD.

Banyak pelamar yang tidak lulus verifikasi dikarenakan dokumen tidak lengkap, akurasi yang tidak cocok, bahkan ada yang tidak menandatangani surat pernyataan bersedia mengabdi selama 20 tahun yang sudah menjadi persyaratan yang ditetapkan.
Selanjutnya pelamar yang lulus maupun tidak lulus verifikasi akan diumumkan secara online di website : bkd.tanahbumbukab.go.id.

Para pelamar yang telah lulus verifikasi akan diberikan waktu beberapa hari untuk mengambil nomor tes di kapet batulicin, setelah itu pihak dari Kabupaten Tanah Bumbu akan mengirimkan surat pernyataan kesiapan kepada BKN untuk selanjutnya ditetapkan kapan ujian akan dilaksanakan. Diperkirakan ujian akan memakan waktu selama sebulan atau lebih, dikarenakan jumlah pelamar yang sangat besar.

Selanjutnya menurut pernyataan Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Mardani H. Maming pada apel gabungan, senin (29/09) bahwa jika jumlah pelamar yang masuk passing grade (ambang batas kelulusan) dalam sebuah formasi melebihi kuota yang ditentukan, maka akan di seleksi kembali melalui TKB (Tes Kompetensi Bidang).

Adapun TKB yang dipilih adalah Tes wawancara yang nantinya akan di handle oleh tim khusus yang sudah dibentuk dan memiliki akademisi agar lebih terverifikasi dan terjamin.

Hal ini dimaksudkan agar kompetensi sang pelamar benar-benar sesuai dengan komposisi yang dibutuhkan.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh pelamar untuk terus memantau website bkd.tanahbumbukab.go.id dan menyiapkan diri untuk mengikuti ujian seleksi penerimaan CPNS tahun 2014 di Kabupaten Tanah Bumbu. (RSB)

 

Tanbu Siap Tampung Pemain Kesebelasan Se-Kalsel

Selasa, 30 September 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) siap menampung jumlah pemain sepak bola (kesebalasan) dari seluruh kabupaten/ kota se-Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengikuti ajang turnamen “Bupati Cup 2014”.

Turnamen ini digelar dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke-69  sekaligus menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-86 tahun 2014.

“Pelaksanaan turnamen akan berlangsung mulai tanggal 15 hingga 31 Oktober 2014.  Hadiah yang diperebutkan adalah piala tetap bupati dan uang tunai sebesar Rp.210 juta,” kata ketua panitia turnamen sepak bola Bupati CUP 2014, Rooswandi Salem melalui sekretarisnya, Asyari Firdaus, di Batulicin, Selasa (30/9).

Proses pendaftaraan peserta turnamen Bupati Cup yang dibuka sejak tanggal 02 September 2014 ini masih terus berlangsung.

Jumlah peserta sementara yang mendaftar baru sebanyak empat regu kesebelasan yang mewakili empat pemerintah kabupaten/ kota  yaitu Kabupaten Barito Kuala, Kota Banjar Baru, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), dan Kabupaten Kotabaru.

Juara satu pertandingan ini akan mendapat piala bupati dan hadiah uang tunai sebesar Rp.100 juta, juara dua Rp.60 juta, juara tiga Rp. 30 juta , dan juara empat sebesar Rp.20 juta.

Segenap panitia masih melakukan berbagai persiapan dengan merenofasi lapangan sepak bola yang akan menjadi tempat pelaksanaan pertandingan tersebut.

Ada dua lapangan sepak bola yang rencana dijadikan tempat pelaksanaan turnamen Bupati Cup 2014 yaitu Lapangan Sepak Bola 7 Februari  di Kecamatan Kusan Hilir dan Lapangan Sepak Bola Batulicin Jaya di Kecamatan Batulicin.

Kedua lapangan ini masih dilakukan renofasi dengan penyediaan ruang ganti  peserta, fasilitas WC, dan kamar mandi untuk peserta yang akan main dalam ajang turnamen kesebelasan tersebut.

Firdaus berharap, terselenggaranya pertandingan sepak bola antara kabupaten/ kota se-Provinsi Kalsel ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat untuk lebih mencintai kegiatan dibidang olah raga.

“Selain itu pula untuk mempererat  silaturahmi dan sarana untuk mengetahui bakat-bakat olahraga yang terpendam dan dimiliki anak bangsa di negeri ini,” katanya. (humas)

 

Relawan TIK Tanbu Raih Dua Penghargaan Tingkat Nasional

Rabu, 01 Oktober 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Relawan TIK Tanbu meraih 2 penghargaan tingkat Nasional di Festival Destika 2014 yang berlangsung di desa Tanjungsari Sukahaji, Majalengka, jum’at-sabtu 26-27 September 2014 dengan kategori Website Desa terbanyak dan terbaik se-Indonesia.

Ada pun alasan mengapa Tanbu di berikan 2 penghargaan tersebut, yaitu:

1. Tanbu berani memasukkan semua desa yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu dengan jumlah desa 149.
2. Desa Batu Meranti yang meraih predikat sebagai desa terbaik, merupakan desa pertama yang menerapkan sistem Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (DESTIKA) se-Provinsi Kalimantan Selatan.

Penghargaan tersebut dikonfirmasikan melalui tayangan live Streaming dari Website destika.web.id hari jum’at (26/9), Soepriyanto, pegiat desa.id dan GDM (Gerakan Desa Membangun) mengatakan ada beberapa kriteria untuk penerima Destika

Awards, salah satunya karena keaktifan website yang dikelola warga lokal.“kriterianya banyak, salah satunya pakai desa.id, dikelola aktif oleh warga Desa setempat, beritanya update dll. Sertifikat Destika Awards ditandatangani oleh Dirjen Aptika Kemenkominfo RI dan PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia)”.

Soepriyanto juga menyampaikan harapan dengan adanya Destika Awards ini, “walaupun tidak semua kriteria terpenuhi tahun ini, semoga Destika Award bisa memotivasi dan memikat hati para pegiat Desa dengan para praktisi TIK untuk terus berkembang”.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|