Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:42 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:763 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:688 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Seputar Tanbu

Tanah Bumbu Dapat Jatah 171 Formasi CPNS Jalur Umum

Minggu, 20 Juli 2014 06:07 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mendapatkan jatah untuk menggelar rekrutmen CPNS tahun 2014 sebanyak 171 formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Namun, masih belum bisa dipastikan karena jumlah tersebut bisa saja bertambah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tanah Bumbu, Dr. Ambo Sakka,M.pd, kamis, mengatakan, jatah formasi yang disetujui tersebut merupakan jatah terbanyak dari pada kabupaten lain di Kalsel, karena Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan reward sebab Belanja pegawai pemerintah yang cukup rendah.

Ia mengatakan bahwa tahun ini dari jalur umum Tanah Bumbu masih memprioritaskan menerima formasi guru dan tenaga kesehatan. Namun, bagi lulusan yang tidak ada formasinya masih bisa ikut dengan memasuki formasi lintas keilmuan yang disediakan sebanyak 5%.

Ia menyampaikan Untuk formasi apa saja secara rinci masih menunggu konfirmasi dari pusat. Sementara pendaftaran sendiri masih belum dibuka dan jika semuanya sudah pasti kapan jadwalnya maka secepatnya pihak BKD Tanah Bumbu akan menyampaikan kepada masyarakat.

Ambo Sakka juga menyampaikan terkait tes nantinya akan menggunakan system CAT seperti yang sudah di amanat kanKemenpan. Pihaknya sudah bekerjasama dengan Bupati dan telah membangun jaringan dan sarana untuk menghadapi tes tersebut bertempat digedung Kapet Tanah Bumbu. Ia menambahkan sudah menyiapkan 50 unit computer beserta jaringan yang nantinya terhubung ke Pusat.

Ia berharap untuk para calon pendaftar CPNS agar mempersiapkan diri dengan belajar dan memahami sistem tes baru tahun ini karena kelulusan ditentukan diri sendiri. BKD memastikan tidak ada lagi pelu\ang untuk melakukan kecurangan dengan sistem baru ini.

 

Pasar Wadai Ramadhan Pagatan Ramai Pengunjung

Rabu, 09 Juli 2014 10:06 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Setiap bulan Suci Ramadhan hampir disemua pasar yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Pasar Wadai (Kue) Ramadhan, tak terkecuali pasar Pagatan yang menyediakan berbagai macam wadai atau sajian untuk berbuka puasa.

Pasar tersebut selalu terlihat ramai di setiap sorenya. Mulai dari pukul 14.00 hingga 18.00 Wita pasar tersebut selalu di penuhi oleh pengunjung yang berbondong-bondong dan silih berganti berdatangan ke pasar tersebut. Mereka berdatangan ke pasar tersebut untuk membeli kue-kue yang di jajakan disana sebagai persiapan menjelang berbuka puasa, namun ada juga beberapa dari mereka yang hanya sekedar meliat-liat suasana pasar tanpa membeli satu pun kue dari pasar tersebut.

Kegiatan Pasar Wadai Ramadhan ini berdampak positif bagi masyarakat setempat maupun para pendatang yang berdatanagan dari luar kota.

Dimana pasar wadai ini juga merupakan bagian dari wisata kuliner yang tentunya dapat mengenalkan berbagai macam kue dan jajanan,  khususnya di kota Pagatan dengan wadai-wadai  khas dari Pagatan.

Pemerintah berharap dengan adanya pelaksanaan ini disetiap tahunnya para masyarakat Tanah Bumbu khususnya di daerah Pagatan dapat selalu meramaikan pasar tersebut, baik itu sebagai penjual atau pun sebagai pembeli dan dapat mendorong para wisatawan dari luar kota maupun Negara untuk berkunjung ke pasar tersebut.

Para pedagang dapat menciptakan hal-hal baru yang dapat meningkatkan lagi antusiame dan rasa ingin tau masyarakat, dengan mengkreasikan kue-kue yang dibuat tapi tidak menghilangkan ke’khasan kue itu sendiri.

 

Bupati Tanah Bumbu : Pasar Wadai Hendaknya Dapat Memenuhi Kebutuhan Berbuka Puasa

Selasa, 01 Juli 2014 09:23 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Sebagaimana yang kita ketahui bersama kegiatan pasar wadai Ramadhan adalah merupakan suatu kebiasaan, dan bahkan sudah menjadi tradisi bagi kita umat Islam, tidak terkecuali di daerah kita Kabupaten Tanah Bumbu.

Apabila datangnya bulan Ramadhan, maka dijual beraneka ragam wadai dan masakan, yang nantinya akan dihidangkan pada saat menjelang berbuka puasa.

Ini tentunya memberikan kemudahan bagi para keluarga yang tidak berkesempatan untuk membuat masakan dan wadai sendiri di rumah. Cukup dengan berkunjung dan membelinya sesuai dengan selera masing-masing ke pasar wadai, maka sudah bisa memenuhi keperluan yang diinginkan untuk berbuka puasa.

Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming dalam sabutannya pada acara pembukaan pasar wadai Ramadhan pada hari Minggu 29 Juni 2014, yang bertempat di halaman Pasar Pagatan berharap, "pasar wadai hendaknya dapat memenuhi kebutuhan berbuka puasa. Disamping itu, pasar wadai juga harus memperhatikan segala aspek seperti stabilitas harga, kebersihan, kesehatan, kualitas, serta variasi produk dagangan".

Beliau menjelaskan "Karena bila pedagang bisa menjaga segala aspek tersebut, maka pasar wadai Ramadhan akan mampu memancing para pembeli yang pada akhirnya mampu menjadikan pasar wadai sebagai lokasi Wisata Kuliner bagi kita semua".

Selanjutnya pada acara pembukaan pasar wadai Ramadhan tersebut, Bupati Tanah Bumbu mengingatkan sekaligus juga mengajak kepada semua masyarakat untuk turut serta mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Presiden pada 9 Juli mendatang, dengan cara berpartisipasi aktif dan memberikan hak suara sesuai hati nurani dan pilihan masing-masing.

Serta mari menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan turut menciptakan situasi aman dan kondusif di daerah kita masing-masing, secara khusus  juga dalam rangka menyambut dan menyemarakkan suasana bulan suci Ramadhan 1435 Hijriah.

 

100% Desa Akan dibuatkan Website

Sabtu, 28 Juni 2014 10:47 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Program 1.000 Website desa  GRATIS. yang merupakan program nasional atas kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dan didukung oleh PANDI (Pengelola Domain Internet Indonesia).

Program tersebut disambut hangat oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan,  yang mengkoordinir pendaftaran domain desa melalui Dishubkominfo disetiap kabupaten, kota se-kalimantan selatan .

Tidak tinggal diam, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu , ikut ambil bagian. perihal tersebut mulai pada tanggal 20 Mei 2014 yang lalu, Melalui Surat Nomor: 550/472/Dishubkominfo/V/2014 yang ditanda tangani oleh Kadis Dishub Kominfo, Eka Saprudin, AP, M.AP, ditujukan kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa tentang pendaftaran domain desa Se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Aksi Dishubkomifo Tanbu tersebut, di banggakan oleh Pihak Dishubkominfo Kalsel, yang mengakui bahwa Tanah Bumbu merupakan Kabupaten yang paling antusias mengikuti program ini, karena hanya kabupaten Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan yang mengusulkan semua desa di Kabupatennya untuk didaftarkan domain desa. Perihal Tersebut disampaikan oleh Pihak Dishubkominfo Provinsi Kalsel pada saat Training Of Trainer Migrasi Open House 2014 di Swissbell Hotel Internasional Tgl. 11-13 Juni 2014.

Adapun Proses pendaftaran domain desa, kini dialihkan dari Ruang IT Gunung Tinggi ke kantor sekretariat PPID, Alhasil, Sejak 2 hari terakhir ini 24-25 Juni 2014, Sekretariat PPID mendadak dikunjungi sejumlah pembakal dan sekretaris desa yang sangat antusias agar desanya bisa masuk internet.

Menurut Rizal Martoni, S. Kom, yang merupakan Koordinator Bidang Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Pengurus Cabang Relawan TIK Indonesia Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan “Para pembakal sangat antusias, pasalnya setiap desa di Tanah Bumbu akan di buatkan website desa , dengan adanya website desa, maka profil desa, struktur organisasi desa, peta desa, kultur dan budaya masyarakat serta program-program pembakal beserta perangkat desanya, di setiap desa Se-Tanah Bumbu dapat ditengok melalui jendela dunia maya, dimanapun kita berada”

“Perihal tersebut, sangat membantu proses simbiosis mutualisme antar desa dan masyarakatnya. Adapun proses implementasi program ini, dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama pendaftaran desa di Kabupaten, kemudian pihak Dishubkominfo Tanbu akan meneruskan di tingkat Provinsi kemudian diteruskan ke pusat” Kata Erwin Juanda, S.IP Sekretaris II PC RTIK Tanah Bumbu.

Setelah desa tersebut terdaftar, akan dibuat kan website oleh Relawan Teknologi dan Informasi Kabupaten Tanah Bumbu, yang merupakan organisasi hasil prakarsa Dishubkominfo Tanah Bumbu.
Rizal menjelaskan, walaupun kita, berada di Jakarta, Semarang, Banjarmasin, atau dimanapun berada, tetap saja dapat menengok aktivitas setiap desa yang ada di Tanah Bumbu, asalkan desa tersebut sudah memiliki website.

Menurut Kabid Kominfo Tanah Bumbu Riza Akyari, S. Kom. “Desa yang telah mendaftar berjumlah 105 Desa dari 144 Desa Se-Tanah Bumbu, artinya masih terdapat 39 Desa yang belum mendaftar. oleh karena itu, dihimbau kepada 39 Desa yang belum terdaftar, agar segera ke Kantor Sekretariat PPID, (depan kantor samsat batulicin) untuk mendaftarkan desanya” Pungkas Riza.
Adapun persyaratannya:.
1.    Mengisi Formulir Pendaftaran yang telah disediakan di Sekretariat PPID, formulir tersebut hanya boleh di Tanda Tangani Oleh Kepala Desa atau Sekretaris Desa.
2.    Membawa Stempel Desa.
3.    Membawa Fhoto Copy KTP Kepala Desa atau Sekretaris Desa.

(Ardi/Fajri)

 

Pemkab Tanah Bumbu Sosialisasikan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Senin, 23 Juni 2014 12:56 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Dalam rangka implementasi Peraturan Daerah Tanah Bumbu No 9 Tahun 2013 “Tentang Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Kurang Mampu”. maka untuk itu sebagai pelaksanan Sekda Tanbu (Tanah Bumbu) melalui pihak ke tiga nantinya memberikan bantuan hukum dan hak-hak yang menyangkut hukum bagi masyarakat yang takut dalam berperkara dan yang kurang mampu khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kasubbag bagian dukomentasi dan informasi  bagian hukum Sekda Tanah Bumbu Edi Purwanto, SH, (19/6/2014) menyampaikan bagi masyarakat yang sedang mengahadapi kasus hukum harap bisa terbuka dan menyampaikan masalahnya ke Bagian Hukum Sekda Tanbu.

“masyarakat harus transparan dan terbuka dalam menyampaikan setiap masalah mereka, dan mereka wajib menyampaikan segalanya tidak separu-separu agar kita dan tim akan lebih mudah menyusun rencana dalam perkara tersebut”.ujarnya.

Ia menambahkan mengenai bantuan hukum yang diberikan masyarakat yaitu bantuan hukum berupa hukum pidana dan hukum perdata, serta pihaknya akan mengakomodir setiap masalah yang menyangkut hukum masyarakat .”contohnya, bantuan yang bisa kita berikan seperti masalah perkara tanah, banyak masyarakat yang mengalami hal itu namun mereka tidak tahu kemana harus mengadu dan takut membayar pengacara, namun sekarang sudah ada wadahnya”.ujarnya.

Syarat  yang harus dilakukan oleh pemohon bantuan hukum cukup mudah seperti dalam BAB VII pasal 16 dalam Perda tersebut yaitu, pemohon bantuan hukum hanya perlu identitas diri, mengajukan permohonan serta uraian singkat masalah hukum, dokumen mengenai perkara, serta melampirkan surat miskin dari lurah atau desa, namun jika tidak mampu menulis surat permohonon maka bisa disampaikan secara lisan.

Rencananya sosialisasi akan dilakukan di 10 kecamatan di Tanah Bumbu Sampai saat ini Bag.Hukum Sekda terus  melakukan sosialisasi pemberian bantuan hukum tersebut, sudah 2 kecamatan, Mantewe dan Simpang Empat yang telah dilakukan sosialisasi. Setelah ini 23 sampai 26 juni pihaknya akan melakukan sosialisasi lagi.

Pihak Bag.Hukum Sekda berharap dengan gencarnya sosialisasi ini masyarakat paham bahwa mereka sudah mempunyai tempat untuk mereka mendapatkan bantuan hukum dalam menghadapi berbagai masalah hukum.

Edi mewakili Bag.Hukum Sekda Tanbu juga berharap masyarakat dapat menyampaikan segala masalah hukumnya, agar makin sedikit masyarakat yang tersangkut masalah hukum karena pemerintah daerah sudah menyediakan tempat bagi masyarakat untuk mendapat bantuan hukum dan sangat sayang sekali jika itu tidak dimanfaatkan.(taufik)

 

Relawan TIK Tanah Bumbu Ikuti Pelatihan Pembuatan Web Desa Berbasis Open Source

Selasa, 17 Juni 2014 02:12 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Pelatihan pembuatan web desa berbasis open source, yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kalimantan Selatan dengan didukung oleh Kemkominfo RI, Gerakan Desa Membangun dan Pandi yang bertemakan "Training of Trainer (TOT) Migrasi Open Source Tahun 2014".

Adapun tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk bersama-sama memanfaatkan program Indonesia Go Open Source (IGOS) dan Telekomunikasi informasi dan komunikasi (TIK) bisa berperan dalam membangun desa, menyiapkan informasi desa yang dibutuhkan masyarakat di pedesaan.

Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 11-12 Juni 2014 yang bertempat di Swiss-belhotel Borneo Banjarmasin. Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut yaitu sebnyak 25 orang yang terdiri dari Pengelola Web Desa dan pendamping Kominfo di 13 Kabupaten/Kota. Acara dibuka langsung oleh Sekertaris Dishubkominfo Kalsel, Drs. Wahyudin, MAP dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan ini kita akan menggali informasi yang lebih dalam, sehingga memiliki pemahaman yang lebih komprehensif tentang open source software.

Program pembuatan web desa yang direncanakan oleh Kominfo RI didukung oleh Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) dan Gerakan Desa Membangun sebagai wadah atau penyedia hosting dan domain untuk web desa. PANDI dan Gerakan Desa Membangun telah menyediakan fasilitas domain dan hosting secara gratis yang diperuntukkan khusus bagi web desa.

Open source menggunakan system operasi software yang legal, system operasi open source software juga cukup murah karena tidak perlu membeli software, hanya cukup download dengan gratis dan system operasi open source aman digunakan daripada software berbayar karena komplekan software berbayar mempunyai celah yang mudah untuk dimasuki hacker dan virus.

TIK diharapkan harus mampu menjadi kunci berjalannya sebuah layanan dan kemudian mengutamakan produk open source sebagai pilihan. Adapun beberapa manfaat dari Open Source yaitu :

1. Menghemat biaya
2. Dapat mengurangi resiko dari virus dan hacker
3. Memberikan kemajuan teknologi kepada Organisasi dan pengalaman personil
4. Membuka peluang akses terhadap news skill
5. Peningkatan Kualitas dan Kuantitas layanan

Ketua Relawan TIK Tanah Bumbu, Riza Akhyari, S.Kom mengatakan, Dengan adanya website seluruh desa maka semua aktivitas pemeritahan desa baik di bidang ekonomi, pemberdayaan masyarakat, bakti sosial dan sejumlah kegiatan konstruktif lainnya di setiap desa se-Kabupaten Tanah Bumbu, dapat dikontrol dan dimonitoring secara efektif dan efesien serta dapat diadopsi program-program yang konstruktif oleh pemerintah dasa lainnya, karena akan saling bersinergi.

 

Wisata Pantai Angsana Mulai di Lirik

Rabu, 04 Juni 2014 04:02 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Objek pariwisata Pantai Angsana di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan selatan, akhir-akhir ini sering disebut-sebut banyak orang sebagai tempat rekreasi, maupun liburan yang cukup menarik.

Di pantai yang terletak di wilayah Kecamatan Angsana ini, selain panoramanya yang cukup indah, juga terdapat gugusan terumbu karang bawah laut yang tergolong masih alami.

 

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu, HM Thaha ketika dikonfirmasi terkait kondisi tempat wisata tersebut mengatakan, disana selain panorama yang cukup indah, juga tersedia beberapa pendukung yang disediakan untuk para pengunjung, antara lain penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam. Kemudian juga terdapat sarana hiburan berupa banana boat, dan snorkling bagi pengunjung yang bermaksud menikmati keindahan bawah laut dan terumbu karang.

Namun sejak mulai dikenalnya Pantai Angsana ini, para pengunjung yang kesana masih bebas tanpa dikenakan semacam retribusi, baik untuk pemasukan desa maupun Pemerintah kabupaten.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|