Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:2695 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:2020 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:1500 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Seputar Tanbu

Relawan TIK Tanbu, Ikut Festival TIK 2015 Bandung

Rabu, 10 Juni 2015 14:19 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan acara tahunan yang dihelat oleh Relawan TIK Indonesia sejak tahun 2012. Festival TIK kali ini merupakan yang ke 4 kalinya dan tahun ini Festival TIK Indonesia dilaksanakan di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Kampus ITB Bandung, Jabar. Acara digelar sejak hari Kamis sampai dengan Jum’at, 28-29 Mei 2015 lalu dan dihadiri dari oleh seluruh Relawan TIK Indonesia dari sabang sampai merauke, anak-anak sekolah dari SMP sampai SMK/SMA sederajat, serta tak lupa pula bapak Rudiantara selaku Menteri Kominfo Republik Indonesia juga menyempatkan hadir di acara Festival TIK tersebut dan membuka acara tersebut secara langsung. Relawan TIK Kabupaten Tanah Bumbu di kesempatan kali berangkat sebanyak 7 orang.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di acara Festival TIK tahun ini iyalah terdiri dari 3 rangkaian acara secara serempak, yaitu :
1. Seminar  : Membahas tentang perkembangan teknologi informasi terkini tentang TI
2. Workshop : Dibagi dalam 6 kelas workshop setiap sesinya dan diisi dengan materi – materi aplikatif perkembangan dunia TIK
3. Pameran  : Dimeriahkan oleh stand pameran para penggiat industri telekomunikasi dan informasi, serta berbagai industri kreatif dari seluruh indonesia, serta dipenuhi acara lomba blog, lomba live tweet dan lomba lomba lainnya.

Festival TIK di tahun 2015 ini mengusung tagline ”Sabanda Sariksa SaTIKa” dengan tema “Hayu Urang ngeTIK”, untuk info lebih lengkapnya anda bisa mengaksesnya di website resmi RElawan TIK Indonesia dengan link : http://festival-tik.web.id.

 

Tanbu Lepas Atlit Untuk Kejuaraan POPDA se Kalsel

Senin, 18 May 2015 04:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Drs. Said Akhmad, MM selaku Sekda Kabupaten Tanah Bumbu, melepas sebanyak 134 Anggota Kontingen Kabupaten Tanah Bumbu untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang dilaksanakan di Banjarmasin dan Banjarbaru dari tanggal 20 sampai 24 Mei 2015.


Di kesempatan ini Sekda mengatakan bahwa Kabupaten Tanah Bumbu di usia yang terbilang muda telah mampu meraih berbagai prestasi baik itu di tingkat provinsi maupun Nasional.
“Banyak prestasi yang sudah kita dapatkan di berbagai bidang. Satu dari prestasi  di tingkat Nasional yang baru-baru ini kita dapatkan yaitu prestasi di bidang olahraga Lomba Perahu Naga tingkat pelajar dan mahasiswa di Surabaya sebagai Juara 1 Nasional. Ini membuktikan pemuda dan pemudi kita mampu bersaing di tingkat Nasional.” Kata Sekda di hadapan Kontingen POPDA Kabupaten Tanah Bumbu di halaman Kantor Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (18/5/15).


Menurut Sekda, di bidang olahraga Pemda ke depannya merencanakan akan membangun gelanggang olahraga yang lokasinya berada di Gunung Tinggi, Batulicin.
Keberadaan gelanggang olahraga tersebut di anggap dapat berpengaruhi terhadap prestasi atlit, dimana dengan semakin lengkapnya sarana olahraga tentunya berdampak pula terhadap meningkatnya kemampuan atlit dan prestasi yang diraihnya.


“Gelanggang olahraga tersebut nantinya akan dilengkapi dengan sarana olahraga seperti lapangan sepakbola dan sarana olahraga lainnya.” Tutur Sekda.
Sementara itu, Noorhasanah selaku Kasi Olahraga pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu yang juga merupakan Anggota Kontingen POPDA Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan peserta yang dikirim diharapkan mampu memberikan prestasi yang terbaik bagi daerah nantinya.
“Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pada pelaksanaan POPDA tahun lalu Kabupaten Tanah Bumbu berada pada peringkat ke 4 se Propinsi Kalsel.”


Dan di tahun ini kami menghimbau kepada para atlit dari berbagai cabang agar kembali berjuang bersama agar di tahun ini kita dapat kembali meraih prestasi yang setidaknya dapat mempertahankan peringkat kita yang kita raih di tahun lalu terlebih lagi dapat meningkat dan masuk peringkat 3 besar di tahun ini. Kata Noorhasah menyemangati para atlit.


Sebagai informasi tambahan dari 13 cabang olahraga yang dilombakan, Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti sebanyak 10 cabang olahraga yaitu, :


1.    Taekwondo (13 Atlit)
2.    Panahan (7 atlit)
3.    Karate (15 atlit)
4.    Atletik (17 atlit)
5.    Judo (7 atlit)
6.    Volly Pasir (4 atlit)
7.    Gulat (3 atlit)
8.    Takraw (8 atlit)
9.    Dayung (11 atlit)
10.    dan Tinju (2 atlit).


Sedangkan 3 cabang olahraga yang tidak diikutsertakan yaitu Senam, Angkat Besi dan Renang.

 

Tanbu Gelar Lomba Dayung di Pagatan

Rabu, 22 April 2015 08:05 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Tanah Bumbu yang ke 12 sekaligus Pesta Laut “Pesta Adat Mappanretasi” tahun 2015 yang dilaksanakan di Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, 22-23 April 2015, sebanyak 27 Tim Dayung mengikuti Lomba Dayung Perahu Naga se Kalimantan dan Sulawesi.
Lomba Dayung tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Bapak H. Difriadi Darjat yang di dampingi oleh Camat Kusan Hilir, Nahrul Fajeri, Rabu (22/4/15).
Ketua Panitia Pelaksana Lomba Dayung Perahu Naga Kabupaten Tanah Bumbu, Syamsisar mengatakan bahwa lomba dayung perahu naga ini merupakan event tahunan yang selalu dilaksanakan di setiap tahunnya di Pantai Pagatan.
Syamsisar  yang juga menjabat sebagai Ketua Harian PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan, lomba pada tahun ini akan menarik dan penuh dengan persaingan, karena peserta lomba bukan hanya dari Provinsi Kalimantan Selatan saja, namun ada juga peserta yang berasal dari Kalimantan Timur seperti Balikpapan dan Tanah Grogot.
“Perlombaan ini semakin menarik dan seru saat di ketahui peserta ada yang berasal  dari luar Kalsel atau pun Kaltim dan ada juga dari jajaran TNI AL dan Polri.” Jelas Syamsisar.  
Syamsisar menambahkan perwakilan dari Sulawesi mengurungkan niatnya untuk mengikuti lomba dikarenakan biaya operasional.
“Adapun total  hadiah pada ajang Lomba Dayung Perahu Naga Tahun 2015 ini ialah sebesar Rp. 28 Juta sekaligus memperebutkan Piala Bergilir Bupati Kabupaten Tanah Bumbu untuk kategori Umum dan memperebutkan Piala Bergilir Danlanal Kotabaru untuk kategori Pelajar.”
Untuk Juara Pertama Kategori Umum mendapatkan Hadiah Sepeda Motor ditambah uang tunai sebesar Rp. 1 Juta dan Piala bergilir dari Bupati. Sedangkan  Juara Pertama Kategori Pelajar mendapatkan Hadiah uang sebesar Rp. 6 juta serta Piala bergilir dari Danlanal Kotabaru.
Syamsisar juga menegaskan bahwa Lomba Dayung Perahu Naga akan terus dilaksanakan dan masih akan berlanjut  sebagai wujud bagian dari menyukseskan program olahraga Dayung di Kabupaten Tanah Bumbu dan untuk ke depannya event yang sama akan dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2015 di Sungai Batulicin Kecamatan Batulicin.
“Lomba seperti ini sangat baik untuk dilaksanakan. Utamanya ditumbuhkembangkan di kalangan usia muda. Kita ingin pemuda Tanah Bumbu sehat dan berprestasi.” Katanya.
Dalam hal ini Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu mendukung penuh pelaksanaan lomba dayung perahu naga tersebut sebagai bentuk kecintaannya terhadap budaya daerah sekaligus untuk menyukseskan olahraga dayung di Kabupaten Tanah Bumbu.
Selain itu menurut Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, kegiatan ini hendaknya dapat menjadi jalan untuk menjalin tali silaturahmi antar daerah dan sesama atlet dayung. Pemerintah Daerah sebut Wabup, akan terus mendorong agar olahraga dayung dapat berkembang dan berprestasi ke depannya.
“Saya berharap suatu saat nanti kita bisa melaksanakan lomba yang sama namun sudah bertaraf internasional, dan pesertanya berasal dari negara lain seperti Thailand, Malaysia, Filipina dan negara-negara lain yang ada di Asia maupun Dunia.” Katanya.
Difriadi juga berpesan kepada semua peserta lomba maupun juri perlombaan ini, agar lebih mengutamakan semangat sportivitas.
Juri lomba dayung perahu naga merupakan juri berstandar Asia. Adapun peserta lomba sebanyak 27 tim dengan rincian 18 Tim Kategori Umum, dan 9 Tim Kategori Pelajar.

 

Adventure Tanbu “Lincai Bahabis 2015”

Minggu, 08 Maret 2015 13:11 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu yang ke-12, Bupati Kabupaten Tanah Bumbu,  Mardani H. Maming menggelar 4x4 Adventure (Jeep Adventure dan Trail adventure) “Lincai Bahabis 4”, Sabtu-Minggu (18-19/04/15).
Acara adventure ini akan di gelar 1 hari, dan sedangkan untuk keesokan harinya akan di gelar acara Jeep dan Trail Game & Party di Pantai Angsana, Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu.
Adapun untuk Start dimulainya kegiatan ini yaitu di Lapangan Off Road Jhonlin dan akan Finish di Pantai Angsana.
Acara ini akan di meriahkan oleh beberapa Artis Ibu Kota di antaranya Steven Jam yang merupakan salah satu musisi aliran reggae serta di isi pula dengan penampilan Parade DJ (DJ Marlonk).
Untuk hadiah utama offrider Trail, Panitia menyediakan 1 unit Sepeda Motor Trail KTM Sport, 15 Unit kendaraan R2 Trail + Bebek, Puluhan Elektronik dan Door Prize. Sedangkan untuk offrider Jeep disediakan hadiah utama 1 unit Mobil Suzuki dan J 80 Sepeda Motor dan puluhan hadiah lainnya.

 

Tingkatkan Kapasitas SDM, Puluhan PNS Ikuti Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa

Rabu, 17 Desember 2014 06:14 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Untuk memahami mekanisme, ketentuan serta meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pengadaan barang dan jasa, puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti Bimbingan Teknis Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, yang bertempat di ruang rapat Sekda, Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jl Dharma Praja No. 1, Gunung Tinggi, Rabu (17/12).

Bimtek tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) sebagai upaya Pemkab untuk mewujudkan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa secara transparansi, akuntabilitas, dan profesionalisme.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya Bimtek tersebut yaitu untuk memperdalam Perpres no 54 Tahun 2010 beserta perubahannya dan Perpres no 70 tahun 2012 beserta aturan yang mengiringi. Berdasarkan tujuan tersebut Pemkab menghadirkan dua orang nara sumber yang berasal dari Tim Penyidik Polda Kalsel yaitu AKP Setyo dan BRIPKA Andi Kohar.

Dalam materinya BRIPKA Andi Kohar menjelaskan bahwa dalam pengadaan barang/jasa fakta menunjukan telah banyak terjadi baik dari sisi pengguna maupun sisi penyedia tersangkut kasus korupsi, mulai dari tersangka, terdakwa maupun terpidana.

Disampinmg itu Andi Kohar juga menjelaskan tindak pidana dalam pengadaan barang/jasa pemerintah memiliki titik rawan penyimpangan yang bisa terjadi pada tahap perencanaan pengadaan, seperti adanya indikasi penggelembungan anggaran atau mark-up, pelaksanaan pengadaan yang diarahkan, rekayasa penyatuan dan/atau memecah-mecah dengan maksud Kolusi, Korupsi maupun Nepotisme yang dapat merugikan negara.

Beliau juga menjelaskan tentang tugas pokok Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yaitu meliputi penyusunan perencanaan pengadaan barang/jasa, menetapkan paket-paket pekerjaan, menetapkan dan mengesahkan harga perkiraan sendiri (HPS). Adapun persyaratan untuk menjadi PPK harus memiliki integritas moral, disiplin tinggi, tanggung jawab dan kualifikasi teknis serta manajerial untuk melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya. Dan PPK bertanggunng jawab dari segi administrasi, fisik, keuangan, dan fungsional atas pengadaan barang/jasa yang dilaksanakannya.

 

Dishubkominfo Buat Sinetron Mini Bertema Maju Desaku

Senin, 15 Desember 2014 00:00 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Tanah Bumbu membuat  Sinetro mini yang berjudul "Maju Desaku" guna mengawal program Rp. 1 milyar 1 desa, yang akan dialirkan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu pada Januari 2015 mendatang.

Sejumlah remaja, beberapa warga, dan pihak dishubkominfo berkumpul di kantor Desa Kampung Baru, Kecamatan Kusan Hilir guna melakukan pengambilan film. Film yang memasang peran utama Muhammad Zulfuad, bercerita tentang pembangunan desa yang ada dikabupaten Tanah Bumbu.

Zulfuad yang dipilih sebagai pemeran utama merasa senang karena mendapatkan peran utama meski sebelumnya ia tak pernah bermain langsung didepan kamera.

Menurut Aad Jabar selaku Sutradara yang menangani pembuatan film maju desaku mengatakan, pembuatan film tesebut sesuai dengan imbauan Bapak Bupati Tanbu Mardani. H Maming untuk generasi muda.

"Imbauan bupati agar generasi muda selalu berkarya dan tidak ada kata malas untuk kemajuan Tanah Bumbu", ujar Aad.

Lokasi yang dipilih adalah Desa Kampung Baru karena sangat mendukung dan memadai untuk pembuatan film.

Pada kesempatan yang sama, Kabid kominfo, Riza akhyari, S. Kom mengatakan bahwa pembuatan film tersebut berkaitan dengan 1 milyar 1 desa, dikarenakan pengaruh dana itu sangat banyak untuk perkembangan dan kemajuan perekonomian desa sekaligus menurutnya menggali potensi anak-anak muda daerah dalam memainkan perannya di depan kamera.

 

PHDI dan Peradah Berkontribusi Bagi Pembangunan Daerah

Jumat, 05 Desember 2014 01:29 administrator Berita - Seputar Tanbu
Cetak

Parisada Hindu Dharma Indonesia Tanah Bumbu  (PHDI Tanbu) dan Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia Tanah Bumbu (Peradah Tanbu) turut berperan dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah dan pembangunan Sumberdaya Manusia di Kabupaten Tanah Bumbu.

Demikian dikatakan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan  oleh  Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Tanah Bumbu,  Drs. H.M. Id’jrai, M.Pd pada saat membuka Lokasabha ke III PHDI Tanbu dan Peradah Tanbu dalam rangka membentuk kepengurusan baru PHDI Tanbu periode 2014 – 2019 yang dilaksanakan di Hotel Putri Duyung Pagatan, Minggu (30/11) kemarin.

Untuk itu, kata H.M. Idjrai, diharap kegiatan Lokasabha ini dapat dijadikan sebagai momentum yang strategis dalam melakukan evaluasi dan koreksi sekaligus merumuskan berbagai program kerja nyata untuk kemajuan daerah.

Disisi lain, H.M. Idjrai juga mengharapkan dengan terbentuknya pengurus PHDI Tanbu periode 2014-2019 juga dapat menghasilkan program kerja yang konstruktif dalam rangka turut serta mensukseskan keberhasilan berbagai program pembangunan daerah.

Sementara itu, Ketua PHDI Tanbu periode 2009-2014, I Ketut Aman, SH mengatakan tujuan dari dilaksanakannya Lokasabha ke III yaitu dalam rangka membentuk kepengurusan PHDI Tanbu periode 2014-2019 sehubungan dengan telah berakhirnya masa bhakti kepengurusan PHBI Tanbu periode 2009 – 2014.

Selain itu, kata I Ketut Aman, Lokasabha juga bertujuan untuk merumuskan program kerja untuk lima tahun kedepan sekaligus pula merumuskan kegiatan ritual keagamaan masyarakat Hindu se-Kalsel.

Sedangkan, Ketua Peradah Tanbu, Wayan Sudiase mengatakan melalui Lohasabha ke III PHBI dan Peradah diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan profesionalisme organisasi serta dapat meningkatkan kepedulian umat Hindu dalam mewujudkan kedamaian antar umat di Tanbu.

Untuk diketahui, Organisasi PHDI Tanbu dibentuk di Desa Kerta Buwana Kecamatan Sungai Loban pada tanggal 23 Maret 2004 dengan Tujuan Organisasi untuk mewujudkan masyarakat Hindu dengan keyakinan, komitmen, dan kesetiaan yang tinggi terhadap Ajaran Agama Hindu menuju kesejahteraan lahir batin.

Sedangkan kegiatan organisasi meliputi Dharma Agama dan Dharma Negara (kewajiban pada agama dan Negara). (relhum)

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|