Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:635 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1064 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:933 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Berita

Bupati Bersama DPRD Tandatangani Nota KUAPBD Dan PPAS Tahun 2015

Rabu, 29 Oktober 2014 01:18 administrator Pemerintahan
Cetak PDF

Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  menandatangani nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUAPBD) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2015.

Menyusul ditandatanganinya KUAPBD tersebut Mardani berharap, dokumen KUA PPAS itu bisa menjadi pedoman bagi jajaran  pemerintah daerah untuk dijadikan sebagai acuan pembahasan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2015.    

“Dengan KUPBD ini artinya pemerintah daerah sudah mempunyai arah rancangan program pembangunan daerah yang akan dilaksanakan tahun depan,” kata Mardani H Maming usai penandatanganan nota kesepakan tersebut.   

Penetapan KUAPBD tahun 2015, jelas bupati, merupakan amanat dari Undang-Undang nomor :25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang setiap pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk menyusun KUAPBD pada masing-masing daerah.

Penyusun KUAPBD sendiri, tambah bupati, pada dasarnya merupakan salah satu tahapan dari proses penyusunan APBD Tanah Bumbu  Tahun 2015. KUAPBD ini disusun sebagai pedoman dalam menentukan arah kebijakan anggaran dalam kurun waktu satu tahun.

“Isi dari KUAPBD adalah memuat kerangka ekonomi makro daerah, asumsi-asumsi yang mendasari penyusunan APBD, kebijakan pendapatan daerah, kebijakan belanja daerah, dan kebijakan pembiayaan daerah,” katanya.  

Berdasarkan KUAPBD tersebut pendapatan sebesar Rp.1,295.333.685.833.00. Dengan rincian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp.104.024.882.012.00, dana perimbangan Rp.816.700.362.035.00, dan pendapatan daerah lainya yang sah Rp.374.608.441.786.00.

Sedangkan belanja sebesar Rp.1.579.993.104.200.69. Berasal dari belanja tidak langsung sebesar Rp.649.505.717.506.00 dan  belanja langsung  sebesar Rp.930.487.386.694.69.

Dari pendapatan dan belanja tersebut pemerintah daerah mengalami defisit sebesar Rp.284.659.418.367.69. Namun hal ini tertutupi dengan adanya penerimaan pembiayaan daerah lainya sebesar Rp. 284.659.418.367.69.

Pada hari yang sama, Rapat paripurna DPRD dalam rangka penandatanganan nota kesepakan KUAPBD dan PPAS tahun anggaran 2015 kemudian dilanjutkan dengan rapat paripurna DPRD dalam rangka penyampaian enam raperda tahun 2014.

Ke enam raperda tersebut antara lain Raperda tentang retribusi tempat rekreasi dan olah raga, Raperda tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah (Perda) Nomor : 1 tahun 2012 tentang retribusi jasa umum, dan Raperda tentang retribusi perpanjangan ijin memperkerjakan tenaga kerja asing.

Ditambah lagi dengan Raperda tentang perubahan kedua atas Perda nomor: 17 tahun 2007 tentang pembentukan, kedudukan, tugas pokok, dan sususan organisai lembaga teknis daerah, Raperda tentang perubahan ketiga atas Perda nomor: 14 tahun 2007 tentang pembentukan, kedudukan, tugas pokok, dan susunan organisasi sekretariat daerah dan sekretariat DPRD, serta Raperda tentang retribusi Rumah Potong Hewan (RPH).

Ke enam Raperda tersebut, diharapkan  dapat menjadi bahan acuan pembahasan lebih lanjut bagi DPRD. Sehingga setelah ditetapkan menjadi sebuah Perda, produk hukum tersebut menjadi dasar kuat pelaksanaan program pembangunan yang lebih baik di masyarakat.       

Seperti adanya Raperda tentang retribusi tempat rekreasi dan olah raga. Raperda tersebut diharapkan menjadi dasar hukum yang kuat untuk mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sistem pengelolan retribusi daerah.

Tentunya retribusi tersebut akan diberlakukan bagi siapa saja baik pribadi maupun badan hukum yang menyediakan sarana rekreasi dan olahraga bagi masyarakat.

Demikian pula dengan adanya Raperda tentang retribusi RPH. Raperda ini diharapkan kedepanya menjadi dasar yang kuat bagi pemerintah daerah untuk menaungi keberadaan RPH yang saat ini mulai banyak di manfaatkan masyarakat.

“Sama halnya dengan tujuan pengusulan Raperda yang lain. Harapan kami, pihak DPRD dapat menyetujui ke enam raperda tersebut untuk dijadikan Perda sebagai dasar pelaksanaan program pembangunan yang lebih baik di masa yang akan datang,” tegas bupati. (humas)

 

Jelang Tahun Baru Islam Pemkab Tanbu Gelar Istighosah

Senin, 27 Oktober 2014 00:00 administrator Keagamaan
Cetak PDF

Menjalang perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1436 H yang jatuh pada hari sabtu 25 Oktober 2014, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar suatu acara Istighosah yang dilaksanakan pada hari Jum’at (24/10) Pukul 19:00 di Pondok Pesantren Datuk Kelampayan Pagatan Kec. Kusan Hilir.

Di acara yang mengangkat tema “Istighosah dalam rangka Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriah” ini, Pemkab Tanbu dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa terimakasih yang sangat mendalam, atas diselenggarakannya acara Istighosah ini.

Oleh karena itu, di malam pergelaran Istighosah untuk menyambut Tahun Hijriah ini, kami selaku Pemerintah Daerah mengajak kepada kita semua untuk mengambil hikmah di momentum peringatan kali ini agar senantiasa meminta petunjuk dan memanjatkan doa serta memohon pertolongan kepada Allah SWT, agar kita semua dan Daerah yang kita cintai di Bumi Bersujud ini dapat terhindar dari bala dan bencana serta memohon ampunan kepada Allah SWT dalam setiap panjatan do’a agar selalu diberikan perlindungan dan keselamatan serta keberkahan agar dalam menjalani Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriah, kita semua mendapat limpahan rahmat dari-Nya, lanjut pemkab.

"Dalam kesempatan ini pula berkenaan dengan cobaan musim kemarau yang saat ini tengah melanda Kabupaten Tanah Bumbu diharapkan seluruh warga masyarakatnya dapat senantiasa pandai bersyukur atas apa yang saat ini tengah dialami daerah kita", Katanya.

Sebelum menutup sambutannya Pemkab berpesan agar seluruh warga masyarakat Tanbu saling bahu-membahu untuk terus menjaga semangat persatuan, dan semangat kegotong-royongan, agar dapat melangkah bersama-sama, melangkah ke depan menyambut hari esok yang lebih baik, menuju Tanah Bumbu yang lebih aman, lebih berkeadilan dan lebih sejahtera dengan ridho Allah SWT.

 

Perayaan Hari Tahun Baru Islam

Senin, 27 Oktober 2014 00:00 administrator Seputar Tanbu
Cetak PDF

Kabupaten Tanah Bumbu merayakan hari Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 H yang jatuh pada hari sabtu (25/10) kemarin. Perayaan tersebut ditunjukkan dengan digelarnya pawai Ta’aruf di beberapa kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu, diantaranya di Kec. Kusan Hilir dan Kec. Satui.

Menurut, pantauan Reporter Radio swara Bersujud, Immawan Ardiansyah, SE, yang bertugas di Kota Pagatan Kec. Kusan Hilir, terlihat sejumlah pelajar yang berbusana muslim dan muslimah, pada Pukul 08:00 Wita sudah tampak sibuk mempersiapkan sejumlah atribut pawai seperti Unta dan Al-Qur’an yang diarak keliling Kota Pagatan.

Perayaan pawai Ta’aruf yang diikuti oleh para murid dari tingkat SD, hingga SMA sederajat dari berbagai sekolah dan majelis taklim ini dimeriahkan oleh berbagai kesenian religi seperti khataman Qur’an dan marching.

Adapun peserta pawai Ta’aruf ini diikuti oleh seluruh sekolah dari jenjang SD, SMP hingga SMA atau sederajad baik Negeri maupun Swasta yang ada di lingkungan Kecamatan Kusan Hilir.

Pesan-pesan Islam seperti Seruan untuk meningkatkan kualitas Keimanan dan Ketakwaan kepada Allah SWT terus di kumandangkan, dan turut serta mewarnai sepanduk yang di arak para peserta sembari ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1436 Hijriah.

 

APBD Tanbu Meningkat di 2015

Rabu, 22 Oktober 2014 00:00 administrator Perekonomian
Cetak PDF

Diperkirakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tanah Bumbu akan meningkat di tahun 2015 nanti dari APBD tahun sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh  H. Supiansyah atau H. Upi selaku Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, kepada salah satu Redaksi Media yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (20/10/14) lalu.

H. Upi yang merupakan salah satu Politisi dari PDI Perjuangan ini mengatakan, APBD Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2015 nanti diperkirakan mencapai sebesar Rp 1,6 Trilyun lebih dibandingkan APBD di tahun 2014 yang hanya berada di kisaran Rp 1,5 Trilyun. Katanya.

Saat ini pihak DPRD Tanah Bumbu sedang dalam tahapan pembahasan masalah Anggaran untuk tahun 2015 nanti.

Yang diketahui selama ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tanah Bumbu sebagai leading sector-nya masih dari bidang pertambangan, yang kemudian disusul oleh bidang perkebunan.

 

Tanbu Bina Evaluasi Program P2W-KSS dan GSI

Selasa, 21 Oktober 2014 00:00 administrator Maju Desaku
Cetak PDF

Kabupaten Tanah Bumbu menggelar evaluasi pembinaan program P2W-KSS dan GSI tingkat provinsi Kalimantan Selatan 2014 yang dilaksanakan di Desa Martani Kec. Sungai Loban, kamis (16/10) lalu. Pembinaan tersebut sebagai langkah program Peningkatan Peranan Wanita- Keluarga Sehat Sejahtera dan Gerakan Sayang Ibu dalam pembangunan, dalam upaya mengembangkan SDM, SDA dan lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat dengan wanita sebagai penggeraknya.

Dalam kesempatan ini Pemkab Tanbu dalam sambutannya mengatakan, ibu-ibu rumah tangga perlu diberi tambahan pengetahuan dan keterampilan, sehingga bisa mengelola kesehatan keluarga dengan baik serta mengelola sumber-sumber penghasilan keluarga untuk menunjang perekonomian keluarganya.

“Terlepas dari keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada pelaksanaan program P2W-KSS di Desa Tri Martani Kecamatan Sungai Loban, kami berharap kepada tim pembinaan dan evaluasi P2W-KSS dan GSI Provinsi Kalimantan Selatan, apabila mendapatkan temuan yang diperoleh di lapangan kiranya dapat segera disampaikan kepada kami, sebagai bahan masukan untuk di evaluasi dan diperbaiki, sehingga apa yang menjadi harapan kita kedepannya dalam mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera dan mandiri dapat segera terwujud”, ujarnya.

Selanjutnya dalam sambutannya Pemkab juga menjelaskan, “terpilihnya Desa Tri Martani Kecamatan Sungai Loban, sebagai lokasi pembinaan evaluasi Program P2W-KSS dan GSI ini karena Pemkab menilai selama ini warga masyarakatnya, khususnya kaum perempuan yang ada di daerah tersebut telah berpartisipasi aktif dalam melaksanakan kegiatan yang menunjang pada peningkatan ekonomi produktif untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga”, jelasnya.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|