Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:590 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1049 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:922 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Berita

Bidang Pertanian Kembangkan Klaster Padi Unggul

Rabu, 22 Oktober 2014 00:00 administrator Perekonomian
Cetak PDF

Sebagai bentuk dari realisasi dari kerjasama antara Pemkab Tanah Bumbu dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah II Kalimantan dalam rangka pengembangan klaster padi unggul, telah digelar panen peserta klaster musim tanam II tahun 2014 di Saring Sungai Binjai Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (09/10/14) lalu.

Acara ditandai dengan peragaan panen bersama serta pemberian bantuan secara simbolis berupa mesin perontok padi, penyeterum tikus, terpal untuk memberantas padi oleh Kepala Divisi Akses Keuangan UMKM dan Komunikasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah II Kalimantan, Triatmo Doriyanto kepada 3 Gabungan Kelompok Tani yang ada di desa tersebut.

"Pemberian bantuan didasari atas penelitian yang dilakukan oleh pihak BI, dimana Gabungan Kelompok Tani tersebut memenuhi syarat untuk dijadikan klaster dalam pengembangan padi unggul, diantaranya legalitas lahan pertanian yang lengkap, keaktifan kelompok tani disertai administrasi tani oleh kelompok tersebut," ungkap Kabag Ekonomi Kabupaten Tanah Bumbu, Suhartoyo.

Ditambahkannya, "selain itu potensi pertanian lebih produktif ditunjang dengan kondisi tanah pertanian yang layak selama masa penggarapannya."

Masih menurut Suhartoyo, selama berjalannya kerjasama tersebut, para petani yang terlibat dalam pengembangan klaster padi unggul, segala bantuan yang menjadi kebutuhan petani akan diberikan secara bertahap oleh Bank Indonesia, dimulai dari proses tanam sampai pada produksi tanam.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming melalui sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, H. Rahmad mengatakan, Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi dengan dilaksanakannnya kegiatan Panen Klaster MT II tersebut.

Kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Bank Indonesia itu merupakan program kerja Tahun 2014, terkait sinergi program pengembangan klaster padi unggul di Kabupaten Tanah Bumbu.

"Melalui program pengembangan Klaster padi unggul tersebut, memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai dari setiap siklus produksi, pengolahan dan distribusi komoditas padi atau beras, sehingga memberi manfaat bagi kesejahteraan Gapoktan tersebut," ujar H. Rahmad.

Menurut H. Rahmad, program itu juga merupakan program pembangunan bidang pertanian berkelanjutan dan berdaya saing, terutama dengan adanya berbagai bentuk dukungan dan bantuan yang telah diberikan, kiranya para Gapoktan mampu meningkatkan jumlah produksi, kualitas beras dan menciptakan serapan tenaga kerja dengan adanya program klaster.

"Melalui program Klaster ini, diharapkan Gapoktan mampu menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai satu lumbung padi di Kalimantan Selatan, sehingga para petani di daerah ini tidak hanya berhasil dalam mendukung kualitas pertanian daerah, akan tetapi juga mampu mewujudkan kesejahteraannya," pungkasnya.

 

Lewat Sistem eMonev Pemkab Pantau Program SKPD

Senin, 20 Oktober 2014 00:00 administrator Pemerintahan
Cetak PDF

Lewat sistem monitoring dan evaluasi berbasis internet (eMonev) Pemkab Tanbu, Mardani H. Maming terus memantau perkembangan realisasi penyerapan anggaran pembangunan daerah.

Melalui sistem ini se-jumlah penyerapan anggaran di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk realisasi program pembangunan daerah yang selama ini  dilaksanakan hingga setiap akhir triwulan dapat diketahui oleh Pemkab Tanbu.

Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Drs. Said Akhmad, MM selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, pada saat apel gabungan dihalaman kantor Gunung Tinggi, kemarin mengatakan kepada seluruh pejabat yang bertanggung jawab terhadap data eMonev triwulan agar secepatnya dimasukkan. Dan untuk SKPD yang belum memasukkan data eMonev dari triwulan sebelumnya, pejabat yang bertanggung jawab saya minta untuk dipindahkan.

“Sesuai arahan khusus dari Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming ia diminta untuk menegaskan kepada pimpinan SKPD agar lebih fokus dan serius lagi dalam melaksanakan program kegiatan yang ada di masing-masing SKPD. Hal ini mengingat hingga tri wulan ke empat atau terakhir tahun 2014 ini masih ada SKPD yang belum mampu merealisasikan kegiatannya sesuai perencanaan yang dibuat.” Ungkap Sekda.

Ia juga menambahkan untuk secara berkala dan serius Bupati senantiasa memantau perkembangan serapan anggaran di semua SKPD dari tri wulan pertama hingga bulan ke dua (Oktober) di tri wulan ke empat tahun 2014 ini. Sehingga dengan begitu, sangat wajar kalau Bupati mengetahui persis perkembangan serapan anggaran di tahun 2014 ini. Jelasnya.

"Arahan dari pak Bupati itu harus kita maknai bersama sebagai sebuah semangat untuk bersama-sama membangun daerah. Semangat untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Tanah Bumbu". Tutur Sekda.

Melalui sistem eMonev, laporan hasil penyerapan anggaran pembangunan  daerah hakekatnya jadi lebih transparan dan lebih mudah dilakukan oleh masing-masing petugas di SKPD demi tercapainya target program pembangunan daerah hingga akhir tahun.

Sayangnya saat ini masih ada sejumlah SKPD yang belum tuntas melaporkan realisasi penyerapan anggaran program pembangunannya melalui sistem eMonev tersebut.

Sekda berharap, sesuai tahapan sistem eMonev target pembangunan daerah tahun 2014 pada triwulan pertama setidaknya sudah mencapai 25%, triwulan kedua 50%, dan triwulan ketiga sebesar 75%, sehingga pada saat memasuki akhir tahun tepatnya di akhir triwulan ke empat target pembangunan daerah bisa mencapai 100%.

“Masing-masing SKPD diharapkan lebih proaktif untuk menginput data realisasi penyerapan anggarannya melalui sistem eMonev tersebut demi mendorong tercapainya target pembangunan yang berlangsung dimasyarakat.” Harap Sekda.

Dengan begitu data-data hasil pembangunan yang sudah masuk ke sistem eMonev baik itu yang berupa realisasi kinerja fisik, kinerja keuangan, dan capaian target kinerja masing-masing SKPD setiap akhir triwulan menjadi lebih mudah terpantau untuk dievaluasi. Pungkasnya.

Dalam hal ini, Pemkab Tanbu  melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menambahkan, “demi memperlancar pengoperasian sistem eMonev, sebelumnya juga sudah melakukan kerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk  menggelar sosialisasi sistem penggunaan eMonev terhadap sejumlah pegawai SKPD yang bertugas sebagai operator eMonev.” Kata Pemkab.

“Pegawai tersebut secara khusus telah diminta menangani penginputan data-data laporan hasil realisasi penyerapan anggaran pembangunan daerah melalui  sistem eMonev di setiap SKPD-nya masing-masing.” Pungkasnya.

 

PKK Tanbu Gelar Hari Kesatuan Yang Ke-42

Jumat, 17 Oktober 2014 00:00 administrator PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF

Gerakan TP-PPK Kabupaten Tanah Bumbu menggelar “Hari Kesatuan TP-PKK Yang Ke-42” yang dilaksanakan pada hari Selasa, (14/10) kemarin yang bertempatkan di Gedung Mahligai Bersujud Kapet Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh ibu-ibu TP-PKK yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para ibu-ibu TP-PKK yang merayakan “Hari Kesatuan TP-PKK Yang Ke-42”, Tahun 2014.

“Kami juga ingin menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada segenap pengurus dan anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu, atas kiprah dan pengabdian yang telah dilakukan, khususnya dalam membantu Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mewujudkan tingkat kesejahteraan keluarga dan masyarakat Kabupaten Tangerang”, lanjut Bupati.

“Semoga dengan kiprah dan pengabdian ibu-ibu sekalian, dapat terus ditingkatkan di masa-masa mendatang dengan jenis kegiatan yang lebih beragam serta berdampak langsung pada kesejahteraan hidup keluarga dan masyarakat”.

Di acara yang bertemakan, “Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-42 Kita Perkuat Ketahanan Keluarga Sebagai Wujud Persatuan Dan Kesatuan Bangsa” ini Pemkab mengharapkan agar TP-PKK selaku organisasi yang bertanggung jawab pada bidang kesejahteraan keluarga di Kabupeten Tanah Bumbu agar terus berupaya untuk mewujudkan ketahanan keluarga, terutama dalam menghadapi pasca situasi tahun Politik dan Pemilu Tahun 2014 ini, yang dimana dengan telah terpilihnya Presiden Jokowi-JK yang akan dilantik pada tanggal 20 Oktober nanti, kita semua diharapkan mendukung dan mengedepankan semangat Persatuan serta Kesatuan Bangsa, meskipun ada perbedaan ideologi dalam berpolitik.

“Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ini, hendaknya juga mampu memberikan motivasi dan semangat bagi Kader PKK, agar senantiasa giat melaksanakan tugas dan fungsi untuk berbuat, bekerja, dan berkarya, utamanya, berusaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.” Harapnya.

Selanjutnya ia menambahkan, kepada seluruh kader PKK yang ada di Bumi Bersujud ini, agar selalu memadukan gerak dan langkahnya dengan pemerintah, dan saling bersinergi serta bahu-membahu dalam pemberdayaan masyarakat, untuk membangun dan mewujudkan keluarga sejahtera di Tanah Bersujud, Kabupaten Tanah Bumbu yang kita cintai ini.

 

Siswa Pusat Study IT Giat Tugas

Selasa, 14 Oktober 2014 00:00 administrator Pendidikan
Cetak PDF

Siswa Magang di Pusat Study IT Lantai 4 Kantor Bupati nampak sibuk mengerjakan tugas harian (Selasa, 14/10/14). Menurut Keterangan Salah seorang Instruktur Pusat Study IT Firman, S. Pd bahwa Siswa magang tersebut berasal dari SMK Negeri 1 Kusan Hilir yang berjumlah 12 Orang, mereka magang selama 3 bulan setengah.

Firman mengatakan, tugas harian diberikan kepada siswa magang bertujuan untuk mempercepat proses pengembangan teknologi informasi di Kabupaten Tanah Bumbu.

Perihal tersebut juga disampaikan oleh, Ahmad Fajri Maulidin Noor, S. Kom yang juga merupakan salah seorang Instruktur Pusat Study IT, bahwa saat ini tinggal 1 bulan lagi akan berakhir masa praktek kerja industri SMKN 1 Kusan Hilir, oleh karena itu mereka lebih giat mengerjakan tugas harian. Seperti: Mebuat Website, Design, Topologi Jaringan, Microtik dan Programer.

Fajri mengungkapkan, kemampuan siswa magang tersebut mengalami peningkatan dan lebih terampil.

Karena orientasi dari tugas harian yang diberikan oleh instruktur Pusat Study IT terkait dengan pengembangan skill dan kemampuan teknis dalam menangani jaringan internet di kantor bupati.

 

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa

Senin, 13 Oktober 2014 02:15 administrator Maju Desaku
Cetak PDF

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi aparatur, khususnya yang ada di desa-desa Kabupaten Tanah Bumbu, Pemkab Tanbu menggelar sebuah Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa yang diharapkan nantinya mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat dan warga pedesaan tentang teknis pengelolaan keuangan di desanya masing-masing.

Seperti yang kita ketahui, kebijakan pengelolaan keuangan dan alokasi dana desa (ADD) merupakan hal baru, yang memerlukan kesiapan seluruh unsur yang terlibat, termasuk kepala desa dan perangkatnya.

Untuk itulah, Pemkab Tanbu menggelar sosialisasi agar aparat dan perangkat desa lainnya, dapat lebih memahami secara mendalam aturan dan petunjuk teknis, baik dalam pelaksanaan, maupun pengelolaan keuangan desa tersebut.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam sambutannya mengatakan “gagalnya pengelolaan keuangan desa, akan berdampak pada pembangunan di perdesaan, oleh karena itu dalam kesempatan ini saya meminta perhatian serius kepada para peserta sosialisasi, agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya”.

Selanjutnya pada kegiatan yang dilaksanakan di Mahligai Bersujud Kapet Batulicin, Rabu (08/10) kemarin, Pemkab juga menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan peningkatan efektivitas dan efesiensi penyelenggaraan pemerintahan desa, dalam pengelolaan keuangan desa dan pemberdayaan masyarakat di desa, antara lain :

Pertama, Kepada kepala desa beserta perangkatnya hendaknya mampu memahami dengan benar tentang sosialisasi kita hari ini, sehingga kemampuan dalam pengelolaan keuangan desa dan penyelenggaraan pemerintahan desa pada umumnya dapat meningkat dan lebih optimal.

Kedua, Mendorong agar terbuka kesempatan bagi segenap warga desa dalam proses pengambilan keputusan melalui proses penjaringan aspirasi, agar program-program pembangunan yang dikembangkan pemerintahan desa dan kelurahan sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

Dan Ketiga, melalui sosialisasi ini saya juga berharap akan mampu memotivasi seluruh aparat desa, agar penataan managemen pemerintahan di desa bisa lebih baik, efektif dan efesien, transparan serta akuntabel.

“Sehingga dengan demikian diharapkan proses penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelayanan kepada masyarakat dapat menjadi lebih optimal dan berhasil serta berdaya guna”, tutupnya.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|