Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:802 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1135 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:983 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Berita

PKK Dorong Pengembangan Kreatifitas PAUD

Senin, 17 November 2014 01:20 administrator PKK, Dharma Wanita, GOW
Cetak PDF

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berkomitmen untuk mendorong dan mendukung upaya pemerintah daerah untuk terus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) daerah khususnya balita atau anak dibawah usia lima tahun melalui program pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Sebagai organisasi yang bergerak dibidang pemberdayaan masyarakat, TP PKK Tanbu sebut Ketuanya Hj Erwinda Mardani, pihaknya bersama pemerintah daerah terus mendorong pengembangan kreatifitas dan pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui metode belajar inovatif, yang salah satunya melalui metode pembelajaran dengan menggunakan bantuan Alat Permainan Edukasi (APE).

Karenanya sebut Erwinda, pihaknya senantiasa mensinergiskan program yang dipimpinnya dengan sejumlah program Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) Pemkab Tanbu yang terintegrasi. Di mana salah satunya terkait bantuan sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar bagi pendidikan anak usia dini.

"Seperti kita ketahui, alat permainan sebagai salah satu media pembelajaran tersebut merupakan jenis alat bantu yang dapat digunakan oleh para orang tua atau guru-guru PAUD dalam memberikan stimulasi atau rangsangan dan mendorong proses belajar anak dengan cara yang tepat serta lebih menyenangkan", sebut Ketua TP PKK Tanbu Hj Erwinda Mardani, kemarin.

Oleh sebab itu sambungnya, pihaknya sangat berterimakasih dan mengapresiasi upaya pemerintah daerah yang telah memberikan bantuan APE.

"Semoga kedepanya bantuan ini bermanfaat guna meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak kita," ujar Erwinda lagi yang juga mendapat gelar Bunda PAUD Tanbu, usai menerima bantuan APE secara simbolis dari Plt. Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Tanbu , Janu Wibowo, dilokasi Rumah Pintar Batulicin Kelurahan Gunung Tinggi.

Erwinda menjelaskan, tidak sedikit potensi dan kemampuan anak seperti berpikir, bicara, dan bergaul yang mungkin masih terpendam sehingga perlu dimunculkan agar mereka memiliki kecerdasan yang optimal.

Dengan adanya APE diharapkan dapat muncul perasaan senang dalam diri anak-anak yang masih balita sehingga proses belajarnya berjalan dengan lancar.

Guru-guru PAUD juga diminta benar-benar mampu menggunakan alat permainan tersebut sebagai sarana bermain sekaligus metode belajar yang mampu mengasah kecerdasan anak balita demi terwujudnya generasai bangsa yang lebih baik dimasa datang.

Bermain juga merupakan kegiatan yang cukup  menyenangkan bagi anak-anak sehingga cocok digunakan  bagi orang tua khususnya bunda PAUD dalam mendorong semangat belajar  mereka secara maskimal.

Pada kesempatan itu, Janu Wibowo mengatakan, penyaluran bantuan APE dapat memberikan nilai tambah dan mendorong kualitas belajar anak yang masih balita seiring bertambahnya jumlah kelompok bermain yang dikelola oleh lembaga PAUD di Tanbu.

Bantuan APE berikutnya juga rencana disalurkan ke sejumlah PAUD yang lain yang tersebar di 10 kecamatan di daerah tersebut.

Hingga saat ini jumlah PAUD keseluruhan di Kabupten Tanbu ada sekitar 259 PAUD. Bantuan APE yang tersedia baru sekitar 100 paket dan kekurangnya akan ditambah atau disalurkan lagi di tahun anggaran berikutnya.

"Saat ini di Tanah Bumbu ada sekitar 259 PAUD. Rencana semuanya kami berikan bantuan APE secara bertahap," pungkas Janu. (humas)

 

Tanah Bumbu Raih Penghargaan Nasional di Bidang IT

Jumat, 14 November 2014 00:00 administrator Seputar Tanbu
Cetak PDF

Kabupaten Tanah Bumbu baru saja mendapatkan penghargaan di tingkat Nasional pada bidang IT. Penghargaan tersebut diraih oleh Relawan TIK Kabupaten Tanah Bumbu dalam  2 kategori sekaligus, yaitu sebagai pendaftar website desa terbanyak dengan 148 desa, dan web desa terbaik tingakat Nasional atas nama Desa Batu Meranti di acara Festival Destika Award 2014 yang dilaksanakan di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat, jum’at 26 September lalu.

Kedua penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Jendral Aplikasi Informasi Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Bambang Heru Tjahyono melalui Ketua Umum Pengelola Domain Internet Indonesia (PANDI), Andi Budimansyah yang diwakili oleh Kabid Dishubkominfo Provinsi Kalimantan Selatan, Bapak Saiful Fahri yang secara langsung menyerahkan kepada bapak Said Akhmad, MM selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu di acara “Serah Terima Penghargaan dan Sosialisasi Menuju Desa Informatika Berbasis Open Sources” yang digelar oleh Relawan TIK Kabupeten Tanah Bumbu, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah (Setda) Kantor Bupati Lantai 3 Gunung Tinggi, Selasa (11/11).

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat dari masing-masing desa Kabupaten Tanah Bumbu yang secara langsung menyaksikan serah terima penghargaan destika award dan sekaligus mengikuti sosialisasi menuju desa informatika berbasis open sources yang diberikan oleh tiga orang pemateri.

Dalam acara ini Pemkab Tanbu melalui sambutannya yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu, Said Akhmad, MM menyampaikan rasa terima kasih sekaligus mengucapkan selamat atas diterimanya penghargaan Desa Informatika Tahun 2014.

Terkhusus kepada Desa Batu Meranti Kecamatan Sungai Loban yang telah meraih penghargaan sebagai wesbsite desa terbaik tingkat Nasional, yang kemaren di gelar di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat.

“Oleh karena itu, harapan kami, selaku Pemerintah Daerah kepada 105 desa lainnya yang telah terdaftar, agar segera menyusul sebagaimana prestasi yang diraih Desa Batu Meranti sebagai website terbaik tingkat nasional.”  Katanya.

Selanjutnya dengan telah diterimanya penghargaan Destika ini pula, adalah momentum bagi Kabupaten Tanah Bumbu untuk dapat memaksimalkan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu pilar pembangunan dan menjadi solusi sistemik terhadap problem pembangunan seperti pengangguran dan kemiskinan.

“Oleh karena itu perlu adanya strategi pembangunan holistik yang didukung pola komunikasi dan desiminasi informasi publik dengan memanfaatkan T.I.K.” pungkasnya.

Pemkab juga berharap, T.I.K nantinya akan mampu membawa perubahan paradigma pembelajaran yang pada gilirannya berguna bagi peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu dalam rangka mewujudkan pembangunan generasi yang sehat, cerdas dan produktif. Tutur Pemkab. (relit)

 

Di Hari Pahlawan, Veteran Dapat Santunan

Kamis, 13 November 2014 00:00 administrator Pemerintahan
Cetak PDF

Hari Pahlawan Tahun 2014 di Kabupaten Tanah Bumbu diperingati melalui upacara gabungan dengan peserta upacara dari  TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil Pemkab Tanah Bumbu, Veteran, Organisasi Kemasyarakat, dan Pelajar yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu di Gunung Tinggi Batulicin, Senin (10/11) pagi.

Rangkaian peringatan Hari Pahlawan juga diisi dengan penyerahan santunan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kepada para pejuang atau veteran yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati H. Difriadi Darjat.Menurut Wabup H. Difriadi Darjat, santunan yang diserahkan kepada Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Tanbu tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian dari Pemerintah. Meskipun santunan yang diserahkan tersebut nilainya tidak sebanding dengan perjuangan yang dilakukan oleh para veteran sehingga negeri ini bisa merdeka dan terbebas dari penjajahan.

“Santunannya memang tidak terlalu besar, namun ini merupakan wujud perhatian pemerintah kepada para veteran,” ujarnya.

Disisi lain, Wabup mengatakan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2014 mengambil tema “PAHLAWANKU IDOLAKU”.  Tema tersebut dipilih agar dapat menggugah semangat kepahlawanan dan dapat dijadikan sebagai panutan dan figur idola pencarian jati diri bagi generasi muda penerus bangsa serta menjadi inspirasi bagi kita semua dalam mengisi pembangunan di Negeri ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tanbu, Darmiadi, MAP mengatakan sebanyak lima anggota LVRI Tanbu yang mendapatkan santunan dari Pemkab Tanbu pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2014. Masing-masing anggota menerima santunan sebesar Rp. 10 juta.

Adapun nama-nama anggota LVRI penerima santunan dari Pemkab Tanbu yaitu H. Hasan Achmad, Djumara Kamal, Ambo Angka, Kasan Durahat, dan Pahang Padjah. (humas)

 

Playgroup dan TK Berbasis Islam di Batulicin

Rabu, 05 November 2014 00:00 administrator Pendidikan
Cetak PDF

Playgroup dan TK Islam Al-Fath yang beralamat di Jalan Raya Batulicin Kelurahan Batulicin diresmikan pengoperasionalannya, Selasa (4/11/14).

Peresmian dilakukan oleh Bunda PAUD Kabupaten Tanah Bumbu, Hj. Erwinda Mardani ditandai dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon ke udara.

Menurut Pendiri Playgroup dan TK Islam Al-Fath, Ustad Zein Ismaluddin, keberadaan TK Islami ini bertujuan untuk membentuk generasi muslim yang berilmu dan berakhlak mulia demi masa depan Tanah Bumbu yang lebih baik.

Dibangunnya Playgroup dan TK Islami ini dilatarbelakangi atas keprihatinan terhadap generasi muda saat ini, khususnya anak-anak.

Menurut Ustad Zein, anak-anak jaman sekarang cepat dewasa, khususnya pada pola pikir dan tindakan yang dilakukannya. Bahkan cenderung ke perilaku yang negatif. Hal tersebut dikarenakan pergaulan yang tidak terkontrol.

Untuk itu sejak usia dini perlu ditanamkan nilai-nilai agama yang kuat. Sehingga dapat menjadi anak yang berakhlak dan generasi yang religius dan cerdas.

Di sisi lain Ustad Zein mengatakan, Playgroup dan TK Islam Al-Fath memiliki murid sebanyak 40 orang. Pelajaran yang diberikan meliputi pelajaran agama, akhlak, mengaji, hapalan bacaan shalat dan doa-doa, serta melaksanakan shalat dhuha .

“Untuk pelaksanaan shalat dhuha dilaksanakan di Gazebo saja. Karena saat ini belum terbangun Mushala. Mudahan Mushala yang kita inginkan segera terbangun demi lancarnya pelaksanaan kegiatan mengajar di TK Islam Al-Fath,” ujar Ustad Zein.

Sementara itu, Bunda PAUD, Hj. Erwinda Mardani mengatakan keberadaan TK Islam Al-Fath diharapkan dapat mencetak generasi yang berakhlak mulia dan cerdas. Sehingga ke depannya Kabupaten Tanah Bumbu memiliki generasi-generasi yang dapat membangun daerah menjadi lebih baik lagi.

Masih menurut Hj. Erwinda, dirinya menyambut baik atas didirikannya TK Islam di wilayah Kecamatan Batulicin. Diharapkan dengan telah beroperasinya TK Islam Al-Fath tersebut dapat mengakomodir keinginan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya dengan latar pendidikan agama sejak usia dini.

Keberadaan TK Islami ini mendapat dukungan dari Pemkab Tanah Bumbu, karena seiring dengan visi dan misi dari Pemkab Tanah Bumbu dalam rangka mencetak generasi yang berahlak tinggi, cerdas, dan religius.

Untuk itu ujar Hj. Erwinda, pihaknya menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Ustad Zein Ismaluddin dalam mendirikan playgroup dan TK Islam Al-Fath. Semoga upaya yang telah dilakukan ini mendapatkan balasan dari Allah SWT dan menjadi amal yang tak pernah putus-putusnya. (humas)

 

Jelang Tahun Baru Islam Pemkab Tanbu Gelar Istighosah

Senin, 27 Oktober 2014 00:00 administrator Keagamaan
Cetak PDF

Menjalang perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1436 H yang jatuh pada hari sabtu 25 Oktober 2014, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar suatu acara Istighosah yang dilaksanakan pada hari Jum’at (24/10) Pukul 19:00 di Pondok Pesantren Datuk Kelampayan Pagatan Kec. Kusan Hilir.

Di acara yang mengangkat tema “Istighosah dalam rangka Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriah” ini, Pemkab Tanbu dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa terimakasih yang sangat mendalam, atas diselenggarakannya acara Istighosah ini.

Oleh karena itu, di malam pergelaran Istighosah untuk menyambut Tahun Hijriah ini, kami selaku Pemerintah Daerah mengajak kepada kita semua untuk mengambil hikmah di momentum peringatan kali ini agar senantiasa meminta petunjuk dan memanjatkan doa serta memohon pertolongan kepada Allah SWT, agar kita semua dan Daerah yang kita cintai di Bumi Bersujud ini dapat terhindar dari bala dan bencana serta memohon ampunan kepada Allah SWT dalam setiap panjatan do’a agar selalu diberikan perlindungan dan keselamatan serta keberkahan agar dalam menjalani Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriah, kita semua mendapat limpahan rahmat dari-Nya, lanjut pemkab.

"Dalam kesempatan ini pula berkenaan dengan cobaan musim kemarau yang saat ini tengah melanda Kabupaten Tanah Bumbu diharapkan seluruh warga masyarakatnya dapat senantiasa pandai bersyukur atas apa yang saat ini tengah dialami daerah kita", Katanya.

Sebelum menutup sambutannya Pemkab berpesan agar seluruh warga masyarakat Tanbu saling bahu-membahu untuk terus menjaga semangat persatuan, dan semangat kegotong-royongan, agar dapat melangkah bersama-sama, melangkah ke depan menyambut hari esok yang lebih baik, menuju Tanah Bumbu yang lebih aman, lebih berkeadilan dan lebih sejahtera dengan ridho Allah SWT.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|