Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:562 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1033 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:909 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Berita

Siswa Pusat Study IT Giat Tugas

Selasa, 14 Oktober 2014 00:00 administrator Pendidikan
Cetak PDF

Siswa Magang di Pusat Study IT Lantai 4 Kantor Bupati nampak sibuk mengerjakan tugas harian (Selasa, 14/10/14). Menurut Keterangan Salah seorang Instruktur Pusat Study IT Firman, S. Pd bahwa Siswa magang tersebut berasal dari SMK Negeri 1 Kusan Hilir yang berjumlah 12 Orang, mereka magang selama 3 bulan setengah.

Firman mengatakan, tugas harian diberikan kepada siswa magang bertujuan untuk mempercepat proses pengembangan teknologi informasi di Kabupaten Tanah Bumbu.

Perihal tersebut juga disampaikan oleh, Ahmad Fajri Maulidin Noor, S. Kom yang juga merupakan salah seorang Instruktur Pusat Study IT, bahwa saat ini tinggal 1 bulan lagi akan berakhir masa praktek kerja industri SMKN 1 Kusan Hilir, oleh karena itu mereka lebih giat mengerjakan tugas harian. Seperti: Mebuat Website, Design, Topologi Jaringan, Microtik dan Programer.

Fajri mengungkapkan, kemampuan siswa magang tersebut mengalami peningkatan dan lebih terampil.

Karena orientasi dari tugas harian yang diberikan oleh instruktur Pusat Study IT terkait dengan pengembangan skill dan kemampuan teknis dalam menangani jaringan internet di kantor bupati.

 

Sekretariat PPID Segera Cetak Buku Informasi Publik

Selasa, 14 Oktober 2014 00:00 administrator Seputar Tanbu
Cetak PDF

Sekretariat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Tanah Bumbu, saat ini dalam proses editing terakhir terkait penerbitan buku Informasi publik, (Selasa, 14/10/14). Perihal tersebut disampaikan oleh Tim Pelayanan.

Sekretariat PPID, Sudirman, SE, MM saat di temui diruang kerjanya. Menurut Dirman, buku tersebut sesuai sechedule akan dibagikan di akhir tahun yang memuat sejumlah tema sentral terkait layanan informasi publik yang sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat umum.

Sejumlah tema senteral tersebut seperti: Perekonomian, Lingkungan, PKK, Keagamaan, Maju Desaku, Pemerintahan, Seputar Tanbu, Pendidikan dan Kesehatan.

Pasalnya salah satu landasan yuridis penerbitan buku tersebut adalah Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008  tentang Keterbukaan Informasi Publik. Oleh karena itu, akhir tahun 2014 Sekretariat PPID  akan mendistribusikannya.

Dirman mengatakan, masyarakat Tanah Bumbu masih banyak yang belum mengetahui jumlah dana yang diguyurkan pemerintah daerah dalam merealisasikan program-program strategis sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu (Periode 2010-2015).

Terkadang, masyarakat hanya mengetahui bantuan dari pemda yang diguyurkan di desanya saja, adapun bantuan pemda di 10 Kecamatan tidak diketahui oleh masyarakat luas.

Ditambahkan, Normaliana, SE yang juga Salah Seorang Tim Pelayanan Sekretariat PPID, mengungkapkan bahwa dengan didistribusikannya buku tersebut diharapkan dapat memperluas wawasan masyarakat umum terkait sumber dana dan penggunaaan keuangan daerah demi kesejahteraan masyarakat bumi bersujud. (ard)

 

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa

Senin, 13 Oktober 2014 02:15 administrator Maju Desaku
Cetak PDF

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi aparatur, khususnya yang ada di desa-desa Kabupaten Tanah Bumbu, Pemkab Tanbu menggelar sebuah Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa yang diharapkan nantinya mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat dan warga pedesaan tentang teknis pengelolaan keuangan di desanya masing-masing.

Seperti yang kita ketahui, kebijakan pengelolaan keuangan dan alokasi dana desa (ADD) merupakan hal baru, yang memerlukan kesiapan seluruh unsur yang terlibat, termasuk kepala desa dan perangkatnya.

Untuk itulah, Pemkab Tanbu menggelar sosialisasi agar aparat dan perangkat desa lainnya, dapat lebih memahami secara mendalam aturan dan petunjuk teknis, baik dalam pelaksanaan, maupun pengelolaan keuangan desa tersebut.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam sambutannya mengatakan “gagalnya pengelolaan keuangan desa, akan berdampak pada pembangunan di perdesaan, oleh karena itu dalam kesempatan ini saya meminta perhatian serius kepada para peserta sosialisasi, agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya”.

Selanjutnya pada kegiatan yang dilaksanakan di Mahligai Bersujud Kapet Batulicin, Rabu (08/10) kemarin, Pemkab juga menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan peningkatan efektivitas dan efesiensi penyelenggaraan pemerintahan desa, dalam pengelolaan keuangan desa dan pemberdayaan masyarakat di desa, antara lain :

Pertama, Kepada kepala desa beserta perangkatnya hendaknya mampu memahami dengan benar tentang sosialisasi kita hari ini, sehingga kemampuan dalam pengelolaan keuangan desa dan penyelenggaraan pemerintahan desa pada umumnya dapat meningkat dan lebih optimal.

Kedua, Mendorong agar terbuka kesempatan bagi segenap warga desa dalam proses pengambilan keputusan melalui proses penjaringan aspirasi, agar program-program pembangunan yang dikembangkan pemerintahan desa dan kelurahan sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

Dan Ketiga, melalui sosialisasi ini saya juga berharap akan mampu memotivasi seluruh aparat desa, agar penataan managemen pemerintahan di desa bisa lebih baik, efektif dan efesien, transparan serta akuntabel.

“Sehingga dengan demikian diharapkan proses penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelayanan kepada masyarakat dapat menjadi lebih optimal dan berhasil serta berdaya guna”, tutupnya.

 

Pemkab Tanbu Terus Lakukan Pencegahan HIV/ AIDS

Senin, 13 Oktober 2014 02:12 administrator Kesehatan
Cetak PDF

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu)  terus lakukan upaya penanggulangan HIV/AIDS yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu melalui penyuluhan tentang pencegahan, penularan  dan pengobatan HIV/AIDS & IMS (Infeksi Menular Seksual) pada kelompok wanita pekerja seks dan waria.

Kegiatan tersebut rencananya akan dilakukan 3 Bulan sekali, kemudian melakukan penyampaian informasi tentang pencegahan HIV AIDS pada remaja dan anak-anak sekolah SLTP dan SLTA sederajat se-Kabupaten Tanah Bumbu.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, H. Damrah, S.Km melalui Kepala Seksi P2M, Nurliana, S. SIT. Secara Kumulatif Kasus HIV AIDS yang di temukan di Kabupaten Tanah Bumbu dari tahun 2003 sampai September 2014 tercatat  sebanyak 235 kasus HIV/ AIDS.

“Tercatat pada bulan september dilakukan VCT (Voluntari Conseling & Testing HIV) mobile di lokalisasi kapis lama dan kapis baru setelah dilakukan pemeriksaan pada 159 sampel telah dtemukan 8 kasus positif, sedangkan kawasan lainnya yang juga melakukan kegiatan serupa seperti kawasan Kecamatan Satui dan Kecamatan Batulicin tidak ditemukan kasus HIV/ AIDS”, ungkapnya.

Selain itu yang menjadi penyebab rawannya penyakit HIV/ AIDS di Kabupaten Tanah Bumbu yakni,   melihat dari letak geografis Kabupaten Tanah Bumbu dan sangat   mudah di akses dari kota besar, telah memiliki prevelensi lebih dari 5 % seperti Surabaya, Makassar dan Samarinda dengan mobilitas penduduk yang tinggi.

Kemudian maraknya industri dan pertambangan yang kadang disertai dengan munculnya prilaku beresiko, serta perubahan pola budaya yang permisif terhadap perilaku seks tidak aman dan maraknya penggunaan NAPZA merupakan bagian penyebab munculnya virus tersebut.

Berita sebelumnya, keperdulian pemerintah terhadap penanggulangan HIV/ AIDS di Kabupaten Tanah Bumbu ditandai dengan rencana penutupan lokalisasi kapis lama dan kapis baru yang pernah dibahas Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming di kediamanya  bersama mucikari yang ada di lokalisasi tersebut.

Menurutnya pada tahun 2015 lokalisasi kapis lama dan kapis baru maupun kawasan lainnya yang kerap melakukan aktifitas seksual harus di tutup. Pasalnya kegiatan tersebut  tidak saja berdampak pada aspek moral  dilingkungan sekitarnya,  justru akan memberikan dampak berupa virus HIV/ AIDS dari PSK yang  datang dari luar daerah untuk melakukan kegiatan prostitusi di Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Pasar Murah Untuk Masyarakat Kurang Mampu

Kamis, 09 Oktober 2014 03:19 administrator Perekonomian
Cetak PDF

Untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu di Kabupaten Tanah Bumbu menjelang hari-hari besar keagamaan yang biasanya barang kebutuhan pokok sering mengalami kenaikan harga dibandingkan hari-hari biasanya, Pemkab Tanbu melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berkerjasama dengan TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu akan melaksanakan kegiatan pasar murah di seluruh Kecamatan di Tanah Bumbu.

Dengan adanya pasar murah ini Pemkab berharap ibu-ibu rumah tangga yang tergolong keluarga kurang mampu tidak merasa terbebani lagi dengan kenaikan harga kebutuhan pokok di beberapa toko atau pedagang. Apalagi momentum kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

H. Andi Hasdar, SE, MM selaku Kepala Disperindagkop dan UKM Tanah Bumbu, melalui H. Akhmad Heriansyah, S.Pt, MM selaku Kepala Bidang Perdagangan, Selasa (7/10) di Batulicin, mengatakan pasar murah yang dilaksanakan tersebut merupakan lanjutan dari pasar murah hari besar keagamaan. Kegiatan pasar murah tersebut rencananya akan dilaksanakan di 10 Kecamatan pada bulan Oktober tahun ini.

Heriansyah mengatakan, Bulan Oktober tahun ini Disperindagkop dan UKM Tanah Bumbu melalui Bidang Perdagangan  akan melaksanakan 5 kali pasar murah. Adapun sejumlah tempat yang akan menjadi sasaran dilaksanakannya pasar murah hari-hari besar keagamaan tersebut yaitu :

NO

TANGGAL

DESA

KECAMATAN

1

09 OKTOBER 2014

DS. SUNGAI CUKA

DS. ANGSANA

DS. SARI UTAMA

KEC. SATUI

KEC. SATUI

KEC. SUNGAI LOBAN

2

14 OKTOBER 2014

DS. RINGKIT

DS. ANJIR BARU

DS. BETUNG

KEC. KURANJI

KEC. KUSAN HULU

KEC. KUSAN HILIR

3

16 OKTOBER 2014

DS. MENTEWE

DS. KARANG BINTANG

KEC. MENTEWE

KEC. KARANG BINTANG

4

21 OKTOBER 2014

DS. KERSIK PUTIH

KEC. BATULICIN

5

23 OKTOBER 2014

DS. BERSUJUD

KEC. SIMPANG EMPAT

Diharapkan melalui kegiatan pasar murah ini pula dapat meringankan beban warga kurang mampu. Karena selisih harga Rp. 1000 hingga Rp. 5000 sangat berarti bagi mereka, ujar Heriansyah.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|