Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:2313 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:1777 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:1392 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Berita

Tanbu Lepas Atlit Untuk Kejuaraan POPDA se Kalsel

Senin, 18 May 2015 04:00 administrator Seputar Tanbu
Cetak PDF

Drs. Said Akhmad, MM selaku Sekda Kabupaten Tanah Bumbu, melepas sebanyak 134 Anggota Kontingen Kabupaten Tanah Bumbu untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang dilaksanakan di Banjarmasin dan Banjarbaru dari tanggal 20 sampai 24 Mei 2015.


Di kesempatan ini Sekda mengatakan bahwa Kabupaten Tanah Bumbu di usia yang terbilang muda telah mampu meraih berbagai prestasi baik itu di tingkat provinsi maupun Nasional.
“Banyak prestasi yang sudah kita dapatkan di berbagai bidang. Satu dari prestasi  di tingkat Nasional yang baru-baru ini kita dapatkan yaitu prestasi di bidang olahraga Lomba Perahu Naga tingkat pelajar dan mahasiswa di Surabaya sebagai Juara 1 Nasional. Ini membuktikan pemuda dan pemudi kita mampu bersaing di tingkat Nasional.” Kata Sekda di hadapan Kontingen POPDA Kabupaten Tanah Bumbu di halaman Kantor Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (18/5/15).


Menurut Sekda, di bidang olahraga Pemda ke depannya merencanakan akan membangun gelanggang olahraga yang lokasinya berada di Gunung Tinggi, Batulicin.
Keberadaan gelanggang olahraga tersebut di anggap dapat berpengaruhi terhadap prestasi atlit, dimana dengan semakin lengkapnya sarana olahraga tentunya berdampak pula terhadap meningkatnya kemampuan atlit dan prestasi yang diraihnya.


“Gelanggang olahraga tersebut nantinya akan dilengkapi dengan sarana olahraga seperti lapangan sepakbola dan sarana olahraga lainnya.” Tutur Sekda.
Sementara itu, Noorhasanah selaku Kasi Olahraga pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu yang juga merupakan Anggota Kontingen POPDA Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan peserta yang dikirim diharapkan mampu memberikan prestasi yang terbaik bagi daerah nantinya.
“Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pada pelaksanaan POPDA tahun lalu Kabupaten Tanah Bumbu berada pada peringkat ke 4 se Propinsi Kalsel.”


Dan di tahun ini kami menghimbau kepada para atlit dari berbagai cabang agar kembali berjuang bersama agar di tahun ini kita dapat kembali meraih prestasi yang setidaknya dapat mempertahankan peringkat kita yang kita raih di tahun lalu terlebih lagi dapat meningkat dan masuk peringkat 3 besar di tahun ini. Kata Noorhasah menyemangati para atlit.


Sebagai informasi tambahan dari 13 cabang olahraga yang dilombakan, Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti sebanyak 10 cabang olahraga yaitu, :


1.    Taekwondo (13 Atlit)
2.    Panahan (7 atlit)
3.    Karate (15 atlit)
4.    Atletik (17 atlit)
5.    Judo (7 atlit)
6.    Volly Pasir (4 atlit)
7.    Gulat (3 atlit)
8.    Takraw (8 atlit)
9.    Dayung (11 atlit)
10.    dan Tinju (2 atlit).


Sedangkan 3 cabang olahraga yang tidak diikutsertakan yaitu Senam, Angkat Besi dan Renang.

 

Tanbu Gelar Konsolidasi dan Sosialisasi Tahapan Pilkada

Senin, 18 May 2015 03:00 administrator Pemerintahan
Cetak PDF

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan Konsolidasi dan Sosialisasi tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015 yang dilaksanakan di gedung Mahligai Bersujud Komplek Kapet Batulicin, Senin (18/5/15).


Acara tersebut di hadiri oleh berbagai kalangan pejabat yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu yang di antaranya, perwakilan Parpol, Instansi terkait, para Camat dan Kepala Desa, Bupati Tanah Bumbu berserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lainnya, Panwaslu, dan juga Ketua KPUD Tanah Bumbu.
Pada kesempatan tersebut Bapak Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Mamimg yang membuka acara ini, mengingatkan agar dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2015 nanti semua kalangan dapat berlaku jujur dan adil.


"Yang jadi sorotan utama pada Pilkada biasanya adalah incumbent, karena dicurigai bisa melakukan kecurangan, jadi pihak KPUD dan Panwaslu harus benar-benar berkerja melakukan pengawasan, di Pilkada tahun ini." Katanya.
Beliau juga menambahkan, terkait bakal calon yang akan maju sebagai Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Periode 2015-2020, diantaranya bapak Difriadi Darjat, Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Incumbent, dan Abdul Hakim, Mantan Bupati Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Pemkab Menghadiri Isra Mi’raj di Satui

Minggu, 03 May 2015 10:00 administrator Keagamaan
Cetak PDF

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menghadiri acara peringatan Isra dan Mi’raj yang dilaksanakan di Masjid Al Husaini Desa Al Kautsar Kecamatan Satui, minggu (03/05).

Di acara tersebut tidak hanya dihadiri oleh Pemda saja namun juga di hadiri oleh para pejabat dan masyrakat setempat. Mereka terlihat antusias menghadiri acara tersebut, karena mana mereka sadar akan pentingnya peran masyarakat dan mereka juga memiliki rasa tanggungjawab yang besar dalam mengembangkan Syiar Islami, terutama dalam membina mental spiritual keagamaan ditengah masyarakat, khususnya di Desa Al Kautsar Kecamatan Satui.

Dalam kesempatan kali ini Bupati Tanah Bumbu, Mardhani H. Maming menyampaikan pesannya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, khusus yang hadir di acara tersebut bahwa melalui momentum peringatan Isra Mi’raj kali ini, Pemkab ingin menyampaikan ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas dukungan serta kerjasamanya selama masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Bapak Defriadi Darjat.

“Pada pada bulan September nanti masa kepemimpinan kami akan berakhir. Untuk itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah kami memohon ampun dan maaf jika selama kepemimpinan kami terdapat kesalahan, baik yang kami sengaja maupun tidak kami sengaja, atau di dalam melaksanakan amanah melalui program dan kebijakan yang kami ambil ada yang belum memenuhi keinganan masyarakat atau justru melukai perasaan Bapak/Ibu sekalain. Sekali lagi kami mohon ampun  yang sedalam-dalamnya. Kami menyadari bahwa kami juga banyak memiliki kekurangan dan kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata. Namun demikian di sisa masa kepemimpinan kami ini, kami tetap berharap kepada kaum muslimin dan muslimat yang ada di daerah ini, agar selalu meningkatkan ukhuwah islamiah, semangat persatuan dan kesatuan ummat, serta secara aktif mendukung proses pelaksanaan program pembangunan, sesuai dengan propesi masing-masing.” Katanya.

Selain itu bapak Bupati juga mengingatkan kepada para masyarakat untuk selalu semangat dan selalu mengutamakan rasa gotong royong serta kebersamaan dalam menjauhi segala macam bentuk perpecahan, dan lebih mengutamakan musyawarah dan mufakat dalam mengatasi setiap permasalahan, khususnya dalam rangka mewujudkan keberhasilan pembangunan di Bumi Bersujud ini.

Selanjutnya beliau berharap dengan di peringatinya Isra wal Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW 1436 H tahun ini masyarakat dan Pemda sendiri khususnya dapat mengambil hikmah dan bisa mengaplikasikannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari agar di peringatan Isra dan Mi’raj tahun ini kita semua mendapatkan berkah, taufik, hidayah, dan ridho Allah SWT. Harap Pemkab

 

Satpol PP Sosialiasikan Perda Kebersihan dan Ketertiban Umum

Rabu, 17 Desember 2014 01:22 administrator Lingkungan
Cetak PDF

Satpol PP Kabupaten Tanah Bumbu Sosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 2007 tentang Kebersihan dan Ketertiban Umum di Kabupaten Tanah Bumbu guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta pencegahan tindak kriminal di Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Sarmidi, S.Sos selaku kasi operasional dan penindakan pada Sekretariat Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin disetiap kecamatan se-Kabupaten Tanah Bumbu, yang dimulai sejak bulan Juli 2014 lalu.

“Khusus untuk 6 kecamatan seperti Karang Bintang, Mentewe, Kuranji, Sungai Loban, Angsana dan Kusan Hulu sosialisasi dilakukan sebanyak 2 kali per tahunnya.”

“Sedangkan, untuk tiga kecamatan yang dianggap rawan seperti kecamatan Simpang Empat, Satui dan Kusan Hilir digelar sosialisasi sebanyak 12 kali setiap 1 tahun.” Katanya.

Ia menambahkan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya telah bekerja sama dengan pihak Kecamatan dan Dinas yang terkait seperti Dishubkominfo, Distabpashan, Bagian Humas, dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Tanah Bumbu.

Selanjutnya Sarmidi juga berharap para Pedagang Kaki Lima (PKL) dapat bekerjasama dengan para petugas dengan cara menaati Perda tersebut guna terwujudnya kebersihan, kelancaran, dan  keamanan di Bumi Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu ini.

 

Pemuda Australia Bakal Magang Profesional di Desa Mattone

Rabu, 17 Desember 2014 00:30 administrator Maju Desaku
Cetak PDF

Guna mendorong Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) khususnya di Desa Mattone Kampung Baru Kecamatan Kusan Hilir pada tanggal 21-12-14 s.d 10-01-2015 pemuda Australia didampingi Pemuda Indonesia akan menggelar sebuah proyek pemberdayaan masyarakat atau magang profesional.

Magang profesional merupakan program pertukaran pemuda Indonesia Australia (PPIA) atau di Australia disebut AIYEP (Australia Indonesian Youth Exchange Program).

Disamping itu, Magang profesional merupakan upaya peningkatan peran kepemudaan bagi pembangunan daerah dan mencetak pemuda-pemuda yang meliliki kapasitas serta daya saing agar bisa memberi kontribusi pada negeri ini.

Kegiatan tersebut, di motori oleh Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata ( Disporbudpar) Kabupaten Tanah Bumbu.

Kabid pemuda dan olahraga, Hery kurbiansyah, S.sos. mengatakan bahwa program tersebut secara periodik terselenggara atas kerja sama pemerintah Indonesia dengan Australia yang di tingkat Nasional, dibawah koordinir Kementrian Pemuda dan Olahraga yang bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga serta PCMI (Purna Caraka Muda Indo) disetiap Provinsi se-Indonesia.

Hery Kurbiansyah, berharap program pertukaran pemuda Indonesia dan Australia, dapat mendorong dan memberikan dampak positif terhadap pemberdayaan masyarakat Tanbu khususnya warga Desa Matone Kecamatan Kusan Hilir.

Berdasarkan data yang disampaikan Kabid Pemuda dan Olahraga Kab. Tanah Bumbu, bahwa peserta berjumlah 36 orang yang terdiri dari 18 orang pemuda Indonesia dan 18 orang pemuda dari Australia.

Kegiatan tersebut, dibagi kedalam dua fase, fase Australia dan fase Indonesia dan masing-masing fase akan dibagi lagi yaitu di Kota dan di Desa.

Ia mengatakan Fase pertama dilaksanakan di Australia terlebih dahulu, disana aktivitas utama peserta baik di Desa maupun di Kota yaitu tinggal bersama keluarga angkat atau host family, kerja magang profesional dan mempromosikan budaya Indonesia dalam bentuk pertunjukan budaya.

Adapun, Pada fase di Indonesia aktivitas akan sangat berbeda jauh, jika di Australia peserta akan menjalankan kegiatan di Kota terlebih dahulu beda halnya dengan di Indonesia.

Untuk diketahui, Para peserta akan menjalani kegiatan di Desa terlebih dahulu selain itu para peserta dari Indonesia yang sudah pulang dari Australia akan berpasangan dengan 1 orang Australia. (rsb)

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|