Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:215 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:862 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:765 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Berita

Paten Gratis Untuk Masyarakat Kecamatan Kusan Hilir

Rabu, 27 Agustus 2014 01:18 administrator Maju Desaku
Cetak PDF

Mulai Maret 2014 Pemerintah Kecamatan Kusan Hilir telah memberikan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) kepada warganya.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) dan Keputusan Menteri Dalam Negeri, Nomor 138-270 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

Kabupaten Tanah Bumbu juga telah melaksanakan pelayanan tersebut di beberapa Kecamatan. Di awali dari Kecamatan Kusan Hulu, Kecamatan Satui, dan menyusul Kecamatan Kusan Hilir.

Eryanto Rais, M.M, selaku Camat Kusan Hilir menyatakan dalam program Paten ini, Kecamatan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengurus berkas, baik yang berupa perizinan, maupun non perizinan. Adapun jenis perizinan yang dilimpahkan kepada camat sesuai Perbup No. 3 Tahun 2012, meliputi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dengan luas maksimal 200 meter persegi, izin gangguan untuk usaha yang berdampak lingkungan kecil, izin membuka usaha salon skala kecil, izin membuka usaha rumah makan, izin reklame, Izin Usaha Perdagangan (IUP) skala kecil dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Sedangkan untuk non perizinan meliputi rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di atas 200 meter persegi, rekomendasi izin gangguan untuk usaha yang berdampak lingkungan sedang dan besar, rekomendasi surat pengantar pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), rekomendasi surat keterangan pendaftaran penduduk sementara, rekomendasi surat pengantar keterangan pindah, merekomendasikan proposal yang diajukan masyarakat, rekomendasi pengantar pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), rekomendasi survei penelitian, dan rekomendasi lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Ia juga mengatakan program ini dilaksanakan dalam rangka mendekatkan pelayanan dan mempermudah masyarakat dalam melakukan pengurusan berkas karena masyarakat tidak perlu repot untuk datang ke dinas yang bersangkutan.

Selain itu, bagi warga yang ingin membayar retribusi IMB dan lainnya cukup menyetorkan ke bendahara penerima yang sudah ditempatkan di kecamatan. Hal ini tentu akan memberikan efisiensi waktu dan biaya bagi masyarakat.

Eryanto juga menegaskan bahwa pelayanan dalam Paten ini diberikan secara gratis tanpa ada pungutan biaya. Tegasnya.

Menurut keterangan Eryanto, untuk Kecamatan Kusan Hilir antusiame masyarakat dalam memanfaatkan Paten ini sudah bagus, khususnya mereka yang ingin mengurus izin tempat usaha dan perpanjangan izin usaha.

Hal ini terlihat dari jumlah warga yang datang, yaitu sekitar 5 hingga 10 orang perharinya untuk melakukan pengurusan tersebut.

“Sebagai Camat Kusan Hilir yang baru, saya berharap agar masyarakat benar-benar merasa terbantu dengan adanya Paten yang dapat mempermudah baik dari segi aksesibilitas, mobilitas, dan efektivitasnya,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat Kusan Hilir agar tidak segan dan malu untuk datang ke kecamatan. Pihaknya juga terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan dan keramahan petugas kepada masyarakat.

 

Wajib Sertifikasi Produk Pangan, Bagi Pelaku Usaha Rumah Tangga

Rabu, 27 Agustus 2014 00:57 administrator Kesehatan
Cetak PDF

Dalam rangka Pengawasan dan Pengendalian Keamanan dan Kesehatan Makanan Hasil Produksi Rumah Tangga, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu melalui Bidang Jaminan dan Sarana Kesehatan mempunyai program Sertifikasi Produksi Industri Rumah Tangga Pangan.

Program ini nantinya akan memberikan izin untuk setiap masyarakat yang bergerak dibidang industri rumah tangga berupa sertifikasi yang mengakui bahwa produk yang mereka hasilkan aman untuk dikonsumsi masyarakat luas.

Kabid Jemsarkes H. Rahman, S.AP, MM, mengatakan banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa mereka masih memakai bahan-bahan yang bisa membahayakan bagi kesehatan konsumen, serta kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bagaimana suatu produk yang higienis sesuai dengan standar kesehatan.

“Untuk itu bagi masyarakat yang mempunyai produk industri rumah tangga wajib mengurus sertifikasi produk industri rumah tangga, agar mempunyai bukti akan kelayakan makanan yang diproduksi. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut maka pelaku industri rumah tangga juga wajib mengikuti penyuluhan pelatihan keamanan pangan”, ungkapnya.

Setelah dilakukan kegiatan penyuluhan, maka pihaknya akan melakukan survei pembinaan untuk mengetahui sejauh mana para industri rumahan ini menjalankan hasil dari penyuluhan tersebut, apakah sudah sesuai dengan yang telah di arahkan.

Adapun persyaratan untuk mengikuti pelatihan tersebut, para pelaku industri hanya perlu mengajukan keterangan usaha dari desa, rekomendasi dari puskesmas setempat, pas photo, KTP, lokasi, jenis produk, dan lain-lain untuk lebih lengkapnya bisa langsung datang ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2014

Senin, 25 Agustus 2014 00:00 administrator Pemerintahan
Cetak PDF

Belajar  dari  pengalaman   tahun-tahun sebelumnya,  pada  Rancangan  APBD Perubahan Tahun Anggaran 2014 yang dilaksanakan di gedung DPRD Tanah Bumbu, hendaknya dapat  lebih  dimaksimal  dibandingkan tahun lalu.

Dimana dari rancangan APBD Perubahan tahun anggaran 2014 ini diharapkan, dapat mewakili dari seluruh kegiatan Pemerintah  Kabupaten Tanah Bumbu dan  nantinya dapat menjadi acuan dalam mewujudkan segala program yang telah dirancang untuk melaksanakan pembangunan dan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam penyampaiannya diacara yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Senin 25/8/14, Pemkab berharap agar percepatan program pembangunan daerah, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud ini terus diupayakan oleh para aparat pemerintah daerah, dan tentu dibutuhkan kerja keras sehingga semua keperluan masyarakat seperti pelayanan dan lain sebagainya dapat terpenuhi.

Oleh karena itu, dalam rangka mewujudkan program pembangunan dan pelayanan masyarakat yang optimal tersebut, maka melalui APBD Perubahan tahun anggaran 2014 ini, kita harus lebih efektif dan lebih efisien dalam mengelola Anggaran yang tentu dibarengi dengan upaya peningkatan kualitas dan kuantitas, serta kapasitas kerja, sehingga akan mengarah pada peningkatan mutu dan kualitas hasil kerja serta kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan.

Sementara itu masukan-masukan dan koreksi yang terkait dengan raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2014, Pemerintah sangat mengapresiasi atas segala saran, usul, dan pendapat, dari seluruh fraksi-fraksi atas Raperda APBD Perubahan tahun anggaran 2014 ini.

Karena hal itu menjadi penyempurnaan Raperda, baik secara normatif, maupun secara substansi. Sehingga memenuhi standar Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011, tentang penyusunan peraturan Perundang-undangan.

 

Pemkab Tanbu Gelar Sosialisasi Minat Baca

Jumat, 22 Agustus 2014 00:00 administrator Pendidikan
Cetak PDF

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Tanah Bumbu menggelar sosialisasi minat baca dikalangan anak usia dini yang dilaksanakan di aula SMA 1 Kecamatan Simpang Empat Tanah Bumbu Rabu (20/8).

Sebanyak 200 peserta yang terdiri dari beberapa tenaga pengajar seluruh tingkat sekolah dan petugas perpustakaan sekolah mengikuti sosialisasi tersebut  mengusung tema “menumbuhkan minta baca sejak  usia dini”.

Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya melalui Staf ahli Bupati Bidang Pembangunan H Rahmad mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas adalah meningkatkan minta baca. Budaya membaca sangat penting demi mengasah kemampuan anak berpikir kritis dan cerdas, dimana sumber pengatuan ada pada buku bacaan, baik pengetahuan, saint dan tekhnologi dapat diperoleh dari buku.

Dalam hal ini peranan orang tua sangat diperlukan, bagaimana caranya agar kegemaran itu dapat tumbuh, salahsatunya adalah pengorbanan orang tua untuk mengawasi sejauhmana perubahan sikap dan mental anak atas pase perobahan pola pikirnya.

“Dengan peranan tersebut orang tua dapat menjembatani segala hal yang dapat menumbuhkan minat dan kegemaran membaca pada anak sejak usia dini.”ungkapnya.

Drs.  Novran, A Ma salah satu narasumber dari Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan mengatakan, beberapa hal yang mendorong minat dan kegemaran membaca diantaranya orang tua selalu menyediakan buku bercerita atau bergambar  pada anak. Dimana buku bercerita, paling banyak diminati anak, sehingga kegemaran tersebut akan berdampak pada jenis bacaan lainya. Sehungga ini bagian dari langkah awal untuk menumbuhkan minat dan kegemaran anak membaca terhadap buku.

Selain itu paktor penunjang lainnya tentang minat anak terhadap sebuah buku yakni orang tua selalu mendampingi anaknya ketika membaca buku tersebut.dimana setaip anak  memiliki sikap rasa ingin tahu tentang sesuatu hal lebih tinggi.

“Dengan mendampingi anak ketika membaca maka orang tua dapat menjelaskan sejauhmana tentang sikap keinginan tahuan anak terhadap isi  bacaan tersebut”.katanya

 

Laboratorium Lingkungan Pemerintah Tanah Bumbu satu-satunya Terakreditasi di Kalimantan

Selasa, 19 Agustus 2014 03:46 administrator Lingkungan
Cetak PDF

Pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang linkungan hidup jaman sekarang akan mempermudah pemerintah untuk menjalankan tugas mereka, salah satunnya melalui laboratorium sebagai pelaksana dalam melakukan tugas yang meguji berbagai hal yang berkaitan dengan lingkungan khususnya di wilayah Tanah Bumbu.

Kasubbid Evaluasi Amdal dan Laboratorium pada Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Samsudin Riadi saat ditemui dikantornya, mengatakan bahwa laboratorium lingkungan pemerintah kabupaten Tanah Bumbu merupakan satu-satunya laboratorium lingkungan milik pemerintah yang ter akreditasi di wilayah Kalimantan.

Laboratorium lingkungan dibangun dengan dana daerah serta bantuan dari pusat pada tahun 2007 tersebut berbentuk Unit Untuk Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) pada tahun 2012.

Ia mengatakan pada tahun 2013 laboratorium lingkungan milik pemerintah ini pernah menjadi laboratorium milik pemerintah terbaik.

Masih menurut Samsudin, Laboratorium lingkungan hidup pemerintah tiap tahunnya selalu melakukan pengujian uji kualitas air sungai-sungai yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu di antaranya, Sungai Batulicin, dan Sungai Satui dan hasil uji kualitas air tersebut akan disampaikan ke Kecamatan semua sektor yang berkepentingan.

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|